Renovasi Panggung Seni, Cara Pelindo Dukung Budaya Tari di Bali

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman, peresmian panggung sendratari menunjukkan pihaknya memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan Indonesia.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 07 Jul 2024, 07:18 WIB
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mendukung kemajuan dunia pendidikan dan pelestarian budaya melalui peresmian renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli, Kabupaten Bangli, Bali (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mendukung kemajuan dunia pendidikan dan pelestarian budaya melalui peresmian renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman, peresmian panggung sendratari menunjukkan pihaknya memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan Indonesia.

“Keberadaan panggung seni ini secara langsung juga akan mendukung desa binaan Pelindo yakni Desa Penglipuran," kata Ihsanuddin melalui siaran pers diterima.

Ihsanuddin menjelaskan, perhatian terhadap institusi pendidikan adalah bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Selain itu, program renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli tersebut juga bertujuan untuk mendukung keberlanjutan Desa Wisata Penglipuran, desa binaan Pelindo sejak 2017 yang juga terletak di Kabupaten Bangli.

“Desa wisata tersebut juga sering mempertontonkan atraksi kesenian dan sendratari lokal Bali, dengan siswa-siswi SMKN 4 Bangli terlibat dalam pertunjukan tersebut,” tutur dia.

Ihsanuddin menyatakan, Pelindo terus berkomitmen mendukung pendidikan dan pelestarian budaya di Indonesia. Dia berharap, bantuan dapat bermanfaat bagi para siswa SMKN 4 Bangli untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni tari serta mendukung community based tourism.

“Renovasi sanggar tari SMKN 4 Bangli tersebut merupakan bagian dari komitmen Pelindo untuk melestarikan budaya Bali dan memberikan ruang bagi para siswa untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni tari,” dia menandasi.


Dihadiri Petinggi Pelindo

Sebagai informasi, peresmian renovasi sanggar tari digelar Kamis (4/7) dan diakhiri dengan penampilan tari tradisional Bali oleh para siswa SMKN 4 Bangli.

Acara dihadiri oleh Komisaris Pelindo Andus Winarno, Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman beserta jajaran Pelindo, Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli I Wayan Suparta, dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kabupaten Bangli.

Diketahui, sanggar tari yang telah direnovasi dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti ruang latihan yang lebih luas, peralatan tari yang baru serta sistem pencahayaan dan tata suara yang canggih.

"Kami sangat senang dapat meresmikan sanggar tari yang telah direnovasi ini. Sanggar tari ini merupakan aset penting bagi sekolah kami dan kami berharap dapat menjadi tempat bagi para siswa untuk belajar dan mengembangkan bakat mereka dalam seni tari," kata Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli, I Wayan Suparta.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya