Hasil Copa America 2024 Uruguay vs Brasil: Selecao Kalah Dramatis Lewat Adu Penalti, La Celeste Tantang Kolombia di Semifinal

Timnas Brasil secara mengejutkan gagal melangkah ke semifinal Copa America 2024. Selecao dipaksa mengakui keunggulan La Celeste usai takluk 4-2 lewat drama adu penalti di Allegian Stadium pada Minggu (7/7/2024).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 07 Jul 2024, 10:19 WIB
Pemain Brasil Raphinha dan pemain Uruguay Darwin Nunez terlibat argumen di tengah-tengah pertandingan perempat final Copa America 2024 antara Uruguay vs Brasil yang digelar di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada pada MInggu (7/7/2024) pagi WIB. Uruguay menang 4-2 lewat adu penalti atas Brasil setela sebelumnya cuma mampu bermain imbang 0-0 hingga akhir babak kedua. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Brasil secara mengejutkan gagal melangkah ke semifinal Copa America 2024. Selecao dipaksa mengakui keunggulan La Celeste usai takluk 4-2 lewat drama adu penalti di Allegiant Stadium pada Minggu (7/7/2024).

Hasil ini membuat Uruguay bakal menantang Kolombia di babak empat besar. Los Cafeteros sebelumnya lebih dulu mengunci tiket semifinal setelah menggulung Panama 5-0 dalam laga pagi tadi.

Jalannya Pertandingan Uruguay vs Brasil

Kedua tim saling coba meraba situasi untuk membongkar lini pertahanan masing-masing pada awal babak pertama. Namun, Uruguay dan Brasil masih belum menciptakan peluang terlalu berbahaya hingga laga berjalan lebih dari 10 menit.

Kesempatan bagus akhirnya diperoleh Tim Samba pada menit 14. Mereka dihadiahi tendangan bebas, dengan Raphinha ditunjuk sebagai eksekutor. Pemain Barcelona itu coba mengirim tembakan yang langsung diarahkan ke gawang. Namun, bola masih mengenai punggung pemain Uruguay sehingga melambung dan menghasilkan tendangan sudut.

Raphinha kembali coba peruntungan lewat situasi bola mati. Corner kick-nya lagi-lagi diarahkan ke gawang, tetapi kiper Sergio Rochet melakukan penyelamatan dengan menepis si kulit bundar menjauh dari jaring kawalannya.

Uruguay lantas gantian coba menghadirkan peluang lewat Darwin Nunez pada menit 18. Pemain muda Liverpool mengirim header yang berpotensi besar menghasilkan angka, andai bola tidak memantul mengenai kepala salah satu penggawa Tim Samba.

Kedua tim masih terus mengais kesempatan guna memecah kebuntuan. Nestapa menimpa Uruguay pada menit 33 lantaran pemainnya Ronald Araujo nampak mengalami cedera, dan terpaksa harus keluar lapangan untuk digantikan oleh Jose Maria Gimenez.

La Celeste baru bisa mendapat kesempatan lagi pada menit 35. Nunez kembali jadi sosok penting yang nyaris membawa timnya memimpin setelah dia menerima umpan silang yang coba diarahkan ke dalam gawang dengan kepalanya.

Pemain Liverpool itu sudah ada dalam jarak ideal satu lawan satu dengan kiper Brasil, sambil dibayangi dua pemain bertahan lawan. Keuntungan bagi Selecao lantaran gol gagal tercipta akibat bola kiriman Nunez masih melambung di atas mistar gawang.

Raphinha langsung membalas ancaman Unez tak lama berselang. Dia bergerak membawa bola ke dalam kotak dan melepas tendangan ke arah gawang, tetapi Rochet masih begitu sigap melakukan penyelamatan. Tak ada gol tercipta di pengujung babak pertama. Skor imbang 0-0 bertahan sampa turun minum.


Babak Kedua Uruguay vs Brasil

Pemain Brasil Raphinha berebut bola dengan pemain Uruguay Matias Vina dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 antara Uruguay vs Brasil di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Uruguay coba bermain lebih menyerang di babak kedua, Darwin Nunez terus muncul menghadirkan ancaman, termasuk pada menit 53 ketika tendangannya nyaris memecah kebuntuan, andai tidak digagalkan oleh Marquinhos.

Laga makin memanas memasuki menit 60 dengan belum ada gol tercipta. Federico Valverde mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti pada menit 63. Keuntungan bagi Brasil lantaran bola masih melayang di atas mistar Alisson Becker.

Tim Samba mendapat keuntungan besar pada menit 74. Mereka unggul jumlah pemain di sisa waktu yang ada sebab wasit memberi kartu merah kepada Nahitan Nandez usai melakukan review VAR.

Situasi ini memaksa La Celeste hanya bermain dengan berkekuatan 10 penggawa. Namun, kondisi menguntungkan tersbeut nyatanya tak langsung mampu dimanfaatkan oleh Brasil.

Perubahan dilakukan kedua tim pasca kartu merah Nandez. Uruguay menarik keluar Facundo Pellistri dan Darwin Nunez, untuk masing-masing digantikan oleh Guillermo Varela serta Giorgian de Arrascaeta. Brasil juga menarik keluar 5 pemain sekaligus sepajang periode menit 80. Namun, tak ada perubahan signifikan tercipta dari upaya tersebut.

Penyerang muda Tim Samba, Endrick, sejatinya sempat memperoleh peluang terbaik usai melepas tembakan on target dari tepi kotak penalti pada menit 84. Untung bagi Uruguay sebab upayanya masih gagal melewati adangan sensasional Sergio Rochet.

Wasit memberi tambahan waktu 5 menit untuk injury time babak kedua. Akan tetapi, papan skor tetap setia menunjukkan angka 0-0, sehingga pertandingan mau tak mau berlanjut ke adu penalti.


Adu Penalti Uruguay vs Brasil

Pemain Brasil Raphinha bereaksi dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 antara Uruguay vs Brasil di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. (Ian Maule/Getty Images/AFP)

Uruguay menjadi tim yang pertama kali mengeksekusi tendangan penalti. Federico Valverde selaku algojo pertama berhasil menunaikan tugasnya dengan baik, meski arah bola sejatinya sudah dibaca oleh Alisson Becker.

Eder Militao coba menyeimbangkan kedudukan tmnya dengan Uruguay. Akan tetapi, Roche jadi penghalang terwujudnya misi tersebut, dengan kiper Uruguay begitu sigap menepis bola yang menghampiri gawangnya.

Rodrigo Bentancur meneruskan kiprah rekannya dengan melepas eksekusi dingin yang membawa Uruguay unggul 2-0. Penendang kedua Brasil Andreas Pereira akhirnya memperkecil ketertinggalan Tim Samba usai dia mengoyak jaring Rochet.

Uruguay kembali tak melewatkan penalti ketiga yang kali ini dieksekusi oleh Giorgian de Arrascaeta. Sementara itu, Brasil di ambang kekalahan setelah algojo ketiga mereka Douglas Luiz gagal mengirim bola ke jaring Sergio Rochet.

Drama terjadi lantaran Uruguay gagal memasukkan bola untuk keempat kalinya secara berturut-turut lewat eksekutor selanjutnya Jose Maria Gimenez. Sebaliknya, Brasil lewat Gabriel Martinelli begitu bersinar menyarangkan bola di percobaan keempat.

Uruguay baru bisa mengunci tiket semifinal setelah Manuel Ugarte sukses melewati adangan Alisson Becker. Uruguay unggul 4-2 atas Brasil, yang memastikan mereka berjumpa Kolombia di semifinal.


Susunan Pemain Uruguay vs Brasil

Penyerang Uruguay Darwin Nunez berebut bola dengan bek Brasil Eder Militao dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB. (Frederic J.Brown / AFP)

Timnas Uruguay: Sergio Rochet; Nahitan Nandez, Ronald Araujo, Mathias Olivera, Matias Vina; Manuel Ugarte, Federico Valverde; Facundo Pellistri, Nicolas de la Cruz, Maximiliano Araujo; Darwin Nunez

Timnas Brasil: Alisson Becker; Guilherme Arana, Marquinhos, Eder Militao, Danilo; Joao Gomes, Bruno Guimaraes; Rodrygo, Lucas Paqueta, Raphinha; Endrick

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya