Kapolda Sumbar Klaim Afif Maulana Meninggal Bukan karena Aniaya Polisi: Berdasarkan Keterangan Dokter Forensik

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono, menegaskan bahwa kematian Afif Maulana disebabkan oleh tindakan melompat dari Jembatan Kuranji, bukan karena penyiksaan polisi. Suharyono mengutip keterangan dokter forensik yang menunjukkan luka pada tubuh Afif tidak disebabkan oleh penganiayaan.

oleh Tim News diperbarui 07 Jul 2024, 13:00 WIB
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono. (Foto: padangpariaman.sumbar.polri.go.id)

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, menyatakan luka yang mengakibatkan Afif Maulana meninggal dunia.

Dia menuturkan, ini karena tindakan korban yang melompat dari atas Jembatan Kuranji, Padang.

"Penyebab kematian, meloncat dari ketinggian 18 meter perkenaan pada dasar sungai keras/batuan," kata Suharyono saat dihubungi, dikutip Minggu (7/7/2024).

Akibat tindakan itu, kata Suharyono, terdapat beberapa luka pada tubuh Afif Maulana seperti mulai dari patah tulang sampai luka lecet pada bagian tubuh luarnya. Selain itu, ada pula lebam mayat setelah waktu kematian sembilan jam.

"Mengakibatkan tulang iga belakang kiri patah satu sampai dengan enam menusuk paru-paru kiri 11 cm. Lebam mayat, setelah 9 jam mayat ditemukan. Nampak luar kiri lecet-lecet jatuh dari motor," jelas Suharyono.

Oleh sebab itu, Jenderal Bintang Dua Polri itu membantah sesuai keterangan dokter forensik luka pada tubuh Afif bukan karena tindakan penganiayaan oleh anggotanya, sebagaimana dituduhkan.

"Bukan aniaya. (Berdasarkan) keterangan 10 dokter forensik," tuturnya.

Meski demikian, Suharyono tak mau menanggapi lebih jauh soal kritik yang dilayangkan LBH Padang selaku kuasa hukum dari keluarga Afif yang tidak menerima hasil dari penyelidikan polisi.

"Itu hak LBH. Sudah saya terangkan dari awal. AM meloncat setelah beberapa saat mengajak Adhitya (temannya) untuk meloncat. Dugaan kuat AM meloncat. sejak awal sudah kami nyatakan kesaksian, BB (barang bukti), keterangan ahli, dan lain-lain," jelasnya.

 

 

 


Kapolda Sumbar Ungkap Kronologi Tewasnya Afif Maulana

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono mengungkap kronologi terkait kasus kematian remaja Afif Maulana yang sampai saat ini diyakini oleh penyidik Polda Sumatera Barat tewas karena melompat dari Jembatan Kuranji.

Pernyataan ini membantah aduan kubu keluarga Afif Maulana yang melaporkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono ke Propam Mabes Polri dalam kasus tewasnya Afif yang dianggap masih janggal karena diduga ada penganiayaan.

"Kalau Polda Sumbar sampai saat ini, bahkan sejak awal, sebenarnya tetap konsisten menyatakan pernyataan kami bukan rekayasa, tetapi berdasarkan fakta-fakta dan saksi-saksi yang ada di TKP," kata Suharyono saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Menurutnya, sejak awal untuk tempat kejadian perkara (TKP) di Jembatan Kuranji, diyakini kalau Afif Maulana sengaja melompat ke sungai sesuai dengan keterangan Aditya, temannya. Karena sejak awal petugas polisi yang mencegah tawuran tidak pernah melihat Afif.

"Dia diduga memang melompat dari atas jembatan itu karena memang detik-detik terakhir kan mengajak Aditya yang memboncengkannya. Itu kan memang mau melompat ke sungai, menyelamatkan diri," tuturnya.

Lantas, Suharyono membeberkan terkait kesesuaian fakta dalam hasil penyelidikan dengan temuan hasil pemeriksaan dari handphone Afif yang mengarahkan kalau bocah tersebut adalah pelaku tawuran.

"Afif memang pelaku tawuran, handphone-nya sudah saya cloning, sudah saya buka. Kemarin seminggu kita kesulitan membuka handphone-nya Afif. Karena apa? Karena password enggk tahu kita. Begitu dicoba-coba, ternyata tanggal lahir Afif itulah yang akhirnya baru terbuka," kata Suharyono.

"Dan itu baru bikin kami kaget, wah ternyata Afif itu sudah ada percakapan dengan Aditya. Itu memang yang mengajak tawuran malah Afif Maulana itu," tambahnya.


Sudah Siap Perang Lawan Gangster Lain

Dari bukti digital itulah, lanjut Suharyono, ditemukan percakapan Afif pada Sabtu (8/6/2024) sekira pukul 22.00 WIB dengan Aditya menanyakan apakah ada tawuran pada malam itu, dengan mengirim gambar Afif yang memegang pedang.

"Jam 10 itu menanyakan dulu ke Aditya, 'ada tawuran gak malam ini?'. Kemudian percakapan kelihatan di HP dan sudah saya screenshot juga. Akhirnya dijawablah, 'kamu ke rumah dulu saja'," kata Suharyono seraya menirukan percakapan.

Dilanjutkan Suharyono, setelah Afif sampai, Aditya pun menyempatkan membuat mi instan. Setelah itu, Minggu (9/6/2024) sekira pukul 01.30 WIB dini hari keduanya berangkat bergabung ke kelompoknya.

"Itu sudah jelas mau berangkat tawuran. Tapi, ada pihak tertentu menyampaikan seolah-olah mereka akan berangkat pesta, akan jalan-jalan. Itu aslinya disimpangkan. Wong itu di pengakuan Aditya itu kan ketua kelompok gangster. Itu kan salah pergaulan si Afif Maulana itu," ungkap dia.

"Salah memilih teman. Akhirnya apa? Berangkat menuju sasaran 25 motor dengan 50 kurang lebih pesertanya mau menghantam gangster lawan," sambungnya.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya