Wings Air Buka Rute Penerbangan Mamuju-Balikpapan Mulai Agustus

Sebagai salah satu daerah penyangga IKN, Pemprov Sulbar membuka jalur transportasi udara dengan rute Mamuju-Balikpapan dan sebaliknya untuk permudah akses

oleh Abdul Rajab Umar diperbarui 08 Jul 2024, 19:10 WIB
Wings Air (Deon/Liputan6.com)

Liputan6.com, Mamuju - Presiden Joko Widodo optimis bisa berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Juli 2024 setelah pasokan air baku tersedia dan akan melasanakan upacara Hari Proklamasi disana. Sebagai salah satu daerah penyangga IKN, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus berbenah untuk menyambut perpidahan ibu kota itu.

Kali ini, pemerintah di provinsi berjuluk Tanah Mandar itu membuka jalur transportasi udara dengan rute Mamuju-Balikpapan dan sebaliknya. Pemprov Sulbar menjalin kerjasama dengan PT Wings Abadi Airlines yang dioperaikan sebagai Wings Air untuk rute penerbangan itu.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski Salitin mengatakan, pemerintah provinsi telah menerima surat tembusan dari Kementerian Perhubungan atas persetujuan pembukaan jalur itu. Sebelumnya, Wings Air bermohon penambahan penerbangan sesuai permohonan slot time new rute dari Kementerian Perhubungan ke pihak maskapai.

"Tentu atas arahan Pj Gubernur dan jajaran Pemprov Sulbar berterima kasih atas bantuan serta support dari Kementerian Perhubungan dan Komisi V DPR RI terkait disetujuinya penambahan rute," kata Maddereski, Senin (08/07/2024).

Meddareski menambahakan, penerbangan rute Mamuju-Balikpanan dengan maskapai Wings Air ini akan dimulai pada 1 Agustus 2024. Karena itu, pihaknya terus melakukan kordinasi demi kelancaran pelayanan penerbangan rute Mamuju-Balikpapan. 

"Rencana jadwal penerbangan Mamuju-Balikpapan itu hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Semula rute ini di rencanakan 5 Juli 2024 dangan pesawat Wings ATR 72. Namun untuk sementara masih dalam proses pengurusan slot time dan pengaturan armada, mengingat adanya penambahan rute baru dari Berau-Balikpapan-Mamuju," tambah Maddareski.

Lanjut Maddareski, selain pembukaan rute baru, penerbangan dengan rute Mamuju-Makassar terjadi penambahan hari. Yang semula penerbangan dengan rute itu hanya tiga kali seminggu, kini menjadi empat kali seminggu.

"Bahkan, bisa jadi setiap hari ada penerbangan kalau bertambah permintaan penumpang. Kita ucapkan terimakasih ke Pemerintah Pusat atas bantuannya termasuk pihak Bandara Tampa Padang Mamuju," tutup Maddareski.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya