Sirkuit Mandalika Gelar Balap Mobil Radical Perdana Oktober 2024

Sirkuit Mandalika semakin sering menggelar balapan mobil. Akan ada balap mobil Radical pertama di Oktober 2024.

oleh Thomas diperbarui 08 Jul 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi balapan mobil Radical

Liputan6.com, Jakarta- Sirkuit Mandalika kembali menambah ajang balapan. Tak cuma balap motor, balapan mobil juga mulai dihelat di sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat itu. Pada Oktober 2024 akan dilangsungkan kejuaraan balap mobil Radical pertama di Indonesia, Radical Indonesia Series.

Berbeda dengan mobil sport yang ada selama ini di Indonesia, mobil Radical merupakan mobil balap khusus track, dengan desain open-cockpit layaknya mobil Formula. Mobil Radical versi entry level memiliki rekor kecepatan 222 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3.5 detik.

Radical Indonesia Series (RIS) perdana tahun 2024 ini akan diselenggarakan dalam seri final Mandalika Racing Series (MRS) yaitu pada 19-20 Oktober 2024 di Sirkuit Mandalika.

Hadirnya Radical Indonesia Series dalam ajang Mandalika Racing Series tentunya akan memberikan warna baru dengan menghadirkan pengalaman balap Radical yang belum pernah ada sebelumnya.

RIS bisa terselenggara setelah tercapainya kesepakatan PT Nora Jelajah Dunia (Nora) pemilik Radical Motorsport Indonesia bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku Pengelola Pertamina Mandalika International Circuit.

“Terselenggaranya kejuaraan balap mobil Radical Indonesia Series di Pertamina Mandalika International Circuit membuktikan komitmen MGPA terhadap kemajuan dunia motorsport di Indonesia serta menegaskan sebagai sirkuit bertaraf internasional. Kejuaraan ini menjadi langkah awal menuju kejuaraan dunia mobil Radical, yaitu Radical Cup. Hal ini juga menunjukkan kesiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menyelenggarakan ajang internasional lainnya," ujar Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA.


Radical Indonesia Series 3 Kali Digelar di Mandalika Tahun 2025

Ilustrasi balapan mobil Radical

Tak hanya tahun ini saja, Radical Indonesia Series juga akan diselenggarakan minimal 3 seri di tahun 2025. Seri pertama di 2025 akan diselenggarakan dalam ajang balap bergengsi GT Fanatec Asia pada bulan Mei 2025, dimana MGPA dan GT Fanatec telah menandatangani persetujuan untuk mengadakan ajang balap GT-3 Fanatec Asia, dilanjutkan dengan kesepakatan untuk menjalankan Radical Indonesia Series.

Ini merupakan momentum besar bagi Radical Indonesia untuk lebih menggali potensi balap di Indonesia karena Radical Indonesia Series akan menjadi salah satu kejuaraan balap roda 4 terbesar di Indonesia.

 


Pengalaman Balap Berbeda

"Diadakannya Radical Indonesia Series adalah bagian dari komitmen kami untuk turut mendukung perkembangan balap mobil di Indonesia dan industri Sportourism di Mandalika," kata Mutiara Gita Maharani Direktur Utama dari PT Nora Jelajah Dunia.

"Dengan dukungan penuh dari MGPA sebagai partner kami, dan kolaborasi dengan Pride Motorsport selaku promotor Mandalika Racing Series di 2024-2025 dan GT Fanatec di 2025, yang sudah memiliki reputasi kuat dalam dunia balap, semakin memperkuat posisi Radical Indonesia Series sebagai acara yang patut dinanti-nantikan. Keyakinan kami bahwa Radical Indonesia Series akan memberikan pengalaman balap yang berbeda dan luar biasa bagi peserta dan penggemar Balap di Indonesia,” kata Mutiara Gita Maharani Direktur Utama dari PT Nora Jelajah Dunia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya