Copa America 2024: Terungkap, Lionel Messi Sempat Diganggu Cedera Sebelum Antar Argentina Rebut Tiket Final

Argentina sukses mengunci tiket final Copa America 2024 setelah mengalahkan Kanada 2-0 pada Rabu (10/7/2024). Laporan media asing mengungkap kapten Albiceleste Lionel Messi rupanya sempat mengalami cedera sebelum jadi pencetak gol yang membawa kemenangan timnya di pertandingan tersebut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 10 Jul 2024, 12:00 WIB
Lionel Messi dari Argentina dan Ismael Kone dari Kanada berebut bola pada pertandingan semifinal CONMEBOL Copa America 2024 antara Kanada dan Argentina di Stadion MetLife pada 09 Juli 2024 di East Rutherford, New Jersey

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina sukses mengunci tiket final Copa America 2024. Kepastian ini didapat setelah mereka menang 2-0 atas Kanada dalam laga empat besar yang digelar di Stadion MetLife, East Rutherford, Amerika Serikat, pada Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

Adalah Julian Alvarez dan Lionel Messi yang jadi duo pahlawan penting La Albiceleste di pertandingan tersebut. Mereka menyumbang masing-masing 1 gol pada menit 22 dan 51 yang menjaga asa timnya mempertahankan gelar edisi ini.

Bagi Lionel Messi, gol ke gawang Kanada tak hanya menjadi penanda keberhasilan dia mengantar Argentina tembus ke final Copa America dua kali secara berturut-turut.

Hal itu juga sekaligus mengakhiri paceklik gol pemain Inter Miami dalam kompetisi edisi ini, di mana La Pulga sebelumnya telah 3 kali untuk Albiceleste di Copa America 2024, tetapi belum sekali pun berhasil menyumbangkan gol.

Tercatat, Messi baru-baru ini sempat gagal mencetak angka dari titik putih kala ditunjuk sebagai algojo pertama dalam drama adu penalti timnya melawan Ekuador di perempat final Copa America, Jumat (5/7/2024) lalu.

Laporan Fox Sports pun mengungkap eks bintang Barcelona rupanya memang sedang berada dalam kondisi kurang fit, terlepas dari keputusan pelatih Lionel Scaloni untuk tetap memainkannya di semifinal Copa America.

"Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengatakan bahwa kapten Lionel Messi, yang sedang mengalami cedera kaki, tetap bermain melawan Kanada di semifinal Copa America," tulis Fox Sports dalam laporannya.


Alasan Lionel Messi Tetap Dimainkan

Ekspresi kecewa pemain Argentina, Lionel Messi setelah gagal mencetak gol ke gawang Kanada pada laga Grup A Copa America 2024 di Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Georgia, Jumat (21/06/2024). (AFP/Hector Vivas)

Bukan tanpa alasan Lionel Scaloni tetap berani menurunkan pemain Inter Miami sebagai ujung tombak di lini serang skuadnya. Menurut sang juru taktik, pilihan itu tak lepas dari kepercayaan diri Messi sendiri yang menyatakan tetap siap dimainkan, terlepas dari kabar cedera yang membelitnya.

"Itu (memainkan Messi) adalah keputusan yang amat mudah bagi saya karena ini merupakan diskusi yang sangat jujur," ucap Scaloni saat menghadiri konferensi pers jelang laga melawan Kanada, seperti dilansir dari Fox Sports.

"Saya duduk bersama dia (dan bertanya) bagaimana kabarnya. (Kalau dia mengatakan) baik-baik saja, maka dia akan bermain. Saya sudah menjelaskan ini sejak hari pertama, bahwa apabila dia siap bertanding, maka dia akan selalu bermain. Tidak ada pertanyaan tentang itu," tambahnya dalam pernyataan beberapa waktu lalu.


Lawan Lionel Messi Cs Selanjutnya

Penyerang Argentina Lionel Messi diberi ucapan selamat setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Kanada dalam laga semifinal Copa America 2024 di Stadion MetLife, East Rutherford, Amerika Serikat, Rabu pagi WIB (10/7/2024). (AP Photo/Adam Hunger)

Adapun selepas kemenangan atas Kanada, Lionel Messi dan kawan-kawan selanjutnya bakal menantang pemenang laga semifinal Uruguay vs Kolombia.

Kans La Albiceleste mempertahankan gelar cukup terbuka, mengingat mereka unggul di atas kertas dibanding duo calon lawan di partai puncak.

Adapun duel pemungkas perebutan gelar Copa America 2024 bakal dihelat pada Senin (15/7/2024) pukul 07.00 WIB. Sementara itu, laga perebutan juara 3 diselenggarakan sehari sebelumnya, yakni Minggu (14/7/2024) pukul 07.00 WIB.

Infografis Jadwal Semifinal dan Final Copa America 2024 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya