Rahasia Sukses, Ini 5 Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI untuk Ibu Menyusui

Untuk berhasil menyusui, menjaga agar produksi ASI tetap lancar merupakan suatu yang sangat penting.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 18 Sep 2024, 17:38 WIB
Gambar bayi yang membutuhkan ASI sebagai nutrisi terbaik tubuhnya diambil dari pixabay.com/blankita_ua.

Liputan6.com, Jakarta Menyusui adalah proses alami yang memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu. ASI mengandung nutrisi esensial yang penting untuk perkembangan bayi serta memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit. Namun, meskipun menyusui adalah proses alami, beberapa ibu mungkin menghadapi kesulitan dalam mempertahankan produksi ASI yang cukup.

Ada ibu-ibu yang dapat menyusui dengan lancar setiap hari dengan produksi ASI yang melimpah dan kandungan nutrisi terbaik. Namun, tidak sedikit ibu yang menghadapi tantangan selama menyusui, termasuk produksi ASI yang tidak lancar. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, atau masalah kesehatan tertentu. 

Untuk menjaga agar produksi ASI tetap lancar, ada beberapa tindakan yang perlu diperhatikan dan dapat dilakukan oleh ibu. Dengan pemahaman dan tindakan yang tepat, ibu dapat memastikan bahwa produksi ASI mereka tetap optimal, sehingga bayi mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu memastikan produksi ASI tetap lancar selama menyusui, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2024).


1. Lakukan Pemberian ASI secara Teratur

Kredit untuk ilustrasi bayi baru lahir diberikan kepada pexels.com/Kristina.

Cobalah untuk menyusui bayi sesuai permintaannya agar produksi ASI dapat dirangsang dengan baik. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak ASI yang akan diproduksi oleh tubuh. Pastikan posisi dan perlekatan bayi pada payudara benar agar ia dapat menyusu dengan efektif. Jika perlu, minta bantuan konsultan laktasi atau bidan untuk memastikan teknik menyusui yang kamu gunakan sudah benar atau belum.


2. Makanan Bergizi harus Dikonsumsi

Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi Seperti Biotin Untuk Kesehatan Rambut | copyright freepik

Pastikan Mom minum cukup air setiap hari, sekitar 8-10 gelas, atau lebih jika kamu merasa haus. Dehidrasi dapat mengurangi produksi ASI. Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi jus buah dan susu juga bisa menjadi alternatif sebagai penghidrasi tubuh.


3. Pastikan Istirahat yang Cukup

Freepik menyediakan ilustrasi Tips Ibu Menyusui.

Agar tidak terpengaruh produksi ASI, pastikan untuk menghindari kelelahan. Meskipun sulit dengan bayi baru lahir, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Cobalah tidur saat bayi tidur dan jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman.

 


4. Memompa ASI secara Teratur

Dokumentasi gambar seorang ibu yang sedang menyusui. (dok. Pexels.com/Nikolay Osmachko)

Jika bayi tidak bisa menyusu langsung atau jika Mom perlu meningkatkan produksi ASI, memompa ASI secara teratur akan menjadi solusi yang efektif. Memompa ASI setiap 2-3 jam selama 15-20 menit di setiap payudara dapat merangsang produksi ASI dan memperlancar ASI. Selain itu, percaya diri dan kesabaran juga penting dalam menyusui.

Percayalah bahwa tubuh Mom mampu memproduksi ASI yang cukup untuk bayi dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika menghadapi masalah dalam menyusui. Semoga cara-cara ini bermanfaat dan membantu Mom menjadi ibu hebat untuk buah hati di rumah.


5. Jauhi Stres

ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Juliana Stein from Pexels

Stres dapat berdampak negatif pada tubuh, terutama pada ibu yang sedang menyusui. Kondisi ini dapat menghambat produksi ASI. Untuk mengurangi stres, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Selain itu, berbicara dengan teman atau bergabung dengan kelompok dukungan ibu menyusui juga dapat memberikan kenyamanan emosional.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya