10 Tanda Kamu Telah Benar-Benar Move On dari Mantan Terindah, Siap Menyambut Cinta yang Baru

Kamu telah berhasil move on dari mantan, menandakan bahwa kamu telah melalui proses yang cukup panjang.

oleh Miranti diperbarui 19 Sep 2024, 06:49 WIB
Ilustrasi/copyright unsplash.com/@holliver

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu memiliki cerita tentang mantan terindahmu? Seseorang yang pernah membuatmu bahagia, tetapi akhirnya harus berpisah. Meskipun sulit untuk melupakan kenangan indah itu, ada saatnya kalian harus melangkah maju dan mencari kebahagiaan baru.

Dalam artikel ini akan diulas secara mengenai tanda-tanda apakah seseorang berhasil move on dari mantan terindah ataukah dia yang masih berjuang karena terlalu sulit untuk melupakan kenangan. Dengan memahami tanda-tanda ini, kamu bisa lebih percaya diri dalam langkah-langkah selanjutnya, serta memberi diri sendiri izin untuk merasakan cinta dan kebahagiaan yang baru.

Tanpa berbasa-basi, berikut tanda-tanda bahwa kamu telah berhasil melupakan mantan terindahmu. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (18/9/2024):


1. Kamu Tidak Lagi Merasa Sedih saat Mengingatnya

ilustrasi move on cancer/pixabay

Salah satu tanda paling jelas bahwa kamu sudah move on adalah ketika kamu tidak lagi merasa sedih atau terluka saat mengingat mantan terindahmu. Kamu mungkin masih ingat kenangan bersama, tapi kenangan itu tidak lagi membangkitkan perasaan sedih yang mendalam. Kamu bisa mengenang masa lalu dengan senyum dan menerima bahwa semuanya adalah bagian dari perjalanan hidupmu.   


2. Kamu Berhenti Stalking Media Sosialnya

Gambar ini menampilkan seorang perempuan cantik.

Sekarang kamu sudah tidak lagi tertarik untuk memeriksa akun media sosial mantanmu, melihat apa yang dia lakukan atau dengan siapa dia bersama. Kamu lebih fokus pada kehidupanmu sendiri dan tidak lagi mencari tahu tentang kehidupannya. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sudah benar-benar move on dan tidak terikat pada masa lalumu.


3. Tidak Membandingkan Pasangan Baru dengan Mantan

Gambar ini menunjukkan seorang perempuan cantik tersenyum.

Ketika kamu mulai membuka hati untuk seseorang baru, kamu tidak lagi membandingkannya dengan mantan terindahmu. Kamu mampu menerima pasangan baru dengan segala kelebihan dan kekurangannya, tanpa terpengaruh oleh masa lalu. Kamu melihat pasangan baru sebagai pribadi yang unik dan istimewa, bukan sebagai pengganti mantan.


4. Kamu Merasa Bahagia dengan Diri Sendiri

Gambarkanlah seorang wanita yang sedang bahagia.

Menemukan kebahagiaan dalam dirimu sendiri adalah bagian dari proses "move on". Ketika kamu merasa bahagia dan puas dengan dirimu sendiri, menikmati waktu sendirian, serta merasakan kedamaian dalam hatimu, kamu telah berhasil "move on". Kehadiran orang lain tidak lagi menjadi penentu kebahagiaanmu.


5. Kamu Tidak Lagi Membicarakan Mantan Terlalu Sering

Gambar ini menunjukkan seorang perempuan yang sedang bahagia.

Kamu tidak lagi sering membahas mantanmu kepada teman-temanmu seperti yang dulu, menunjukkan bahwa kamu sudah benar-benar melepaskan masa lalu dan lebih tertarik dengan topik pembicaraan yang lain yang lebih menarik dan relevan dalam hidupmu saat ini.


6. Membuka Diri untuk Kesempatan Baru

Ilustrasi ini menampilkan seorang perempuan cantik yang ceria.

Ketika kamu mulai membuka diri untuk kesempatan dan pengalaman baru, itu menunjukkan bahwa kamu sudah move on. Kamu tidak takut mengambil risiko, menjalin pertemanan baru, dan mencoba hal-hal yang sebelumnya kamu hindari. Kamu merasa siap untuk melangkah maju dan mengejar impianmu tanpa rasa takut atau keraguan, Sahabat Fimela.


7. Kamu Tidak Lagi Terpaku pada “Apa yang Seharusnya”

ilustrasi perempuan cantik/Photo by Sơn Ngọc/Pexels

Setelah keluar dari masa lalu, kita sering memikirkan apa yang seharusnya terjadi atau apa yang bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Namun, ketika kamu sudah melanjutkan hidup, kamu tidak lagi terpaku pada "seharusnya" ini. Kamu menerima bahwa semuanya terjadi karena ada alasan tertentu dan kamu fokus pada apa yang bisa kamu lakukan sekarang untuk mencapai kebahagiaanmu.


8. Kamu Merasa Damai dengan Masa Lalu

ilustrasi perempuan cantik/Photo by Sơn Ngọc/Pexels

Tanda lain bahwa kamu sudah move on adalah ketika kamu merasa damai dengan masa lalu. Kamu tidak lagi menyimpan dendam atau penyesalan. Kamu memaafkan diri sendiri dan mantanmu atas segala yang terjadi. Kamu menyadari bahwa setiap pengalaman, baik atau buruk, telah membentuk dirimu menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana.


9. Merasa Bahagia dengan Hidup Saat Ini

ilustrasi perempuan cantik dan manis/Photo by billow926 on Unsplash

Jika kamu bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidupmu saat ini, tanpa mengandalkan cinta dari orang lain, itu adalah tanda jelas bahwa kamu telah move on. Kemandirian emosional ini adalah fondasi yang kuat untuk hubungan yang sehat di masa depan. 


10. Fokus pada Tujuan Hidup

ilustrasi perempuan dewasa/Photo by Matthew Cain/Pexels

Jika kamu lebih fokus pada tujuan dan impian pribadi daripada masa lalu, ini adalah tanda bahwa kamu telah beralih ke fase baru dalam hidup. Dedikasi terhadap pertumbuhan diri menunjukkan kesiapan untuk menerima cinta baru. 

Jadi, apakah kamu melihat tanda-tanda ini dalam dirimu? Jika iya, selamat! Itu berarti kamu sudah berhasil move on dari mantan terindahmu. Ingatlah bahwa move on adalah proses yang membutuhkan waktu, dan setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk sampai ke sana. Hal yang terpenting adalah kamu terus melangkah maju dan menemukan kebahagiaan baru dalam hidupmu. Semangat terus, ya! 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya