3 Cara Kreatif Mengukus Makanan untuk Anak Kost dengan Alat Sederhana

Ada banyak trik cerdas yang bisa Anda coba agar tetap bisa mengukus makanan dengan alat-alat sederhana yang ada di kosan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 08 Okt 2024, 19:41 WIB
Ilustrasi Wanita Living Alone / by freepik

Liputan6.com, Jakarta Menjadi anak kos terkadang menuntut seseorang untuk berpikir kreatif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal memasak. Meski terbatas dalam peralatan dapur, bukan berarti kita tidak bisa menikmati hidangan sehat yang dikukus.

Tak perlu cemas! Ada banyak trik cerdas yang bisa Anda coba agar tetap bisa mengukus makanan dengan alat-alat sederhana yang ada di kosan. Bahkan, metode ini bisa Anda praktikkan kapan saja saat berada di kos.

Jadi, jika Anda ingin mengukus makanan dengan mudah menggunakan peralatan yang ada di kosan, mari simak beberapa trik menarik berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com pada Selasa (8/10/2024).


1. Rice cooker

Ilustrasi rice cooker (Foto By AI)

Jika kamu memiliki rice cooker atau penanak nasi di kost, kamu bisa menggunakan alat tersebut. Pertama, cuci bersih panci penanak nasi dan isi dengan air secukupnya. Kemudian, letakkan wadah sarangan plastik yang ada dalam satu paket dengan penanak nasi.

Tata makanan yang ingin dikukus di wadah tersebut dan tutup rice cooker. Hidupkan cook dan tunggu sampai rice cooker mengukus makanan. Kamu bisa menentukan sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan boleh membuka rice cooker jika sudah dirasa cukup.


2. Wajan

ilustrasi menggoreng/Photo by Simon Migaj on Unsplash

Jika Anda memiliki dapur kecil di kost dan memiliki wajan atau teflon, Anda dapat menggunakan wajan tersebut untuk mengukus makanan. Langkahnya adalah mengisi wajan dengan sedikit air, menata makanan yang akan dikukus di dalam mangkuk, dan meletakkannya di atas wajan yang berisi air.

Setelah itu, nyalakan kompor dan tutup wajan. Air dalam wajan akan mendidih dan mengukus makanan yang ada di dalam mangkuk. Biarkan makanan dikukus selama yang diinginkan hingga matang.


3. Panci

Ilustrasi Alat Masak Panci. (iStockphoto)

Jika ingin mengukus makanan tanpa alat khusus, dapat menggunakan panci sebagai pengganti. Letakkan makanan yang ingin dikukus di dalam mangkuk kecil. Tuangkan air secukupnya di panci, lalu letakkan mangkuk tersebut di dalam panci. Pastikan agar air tidak meluap masuk ke dalam mangkuk. Jika terlalu banyak air, bisa dikurangi.

Setelah itu, nyalakan api dan kukus makanan hingga matang. Tunggu hingga suhu panas menurun sebelum mengangkat mangkuk pengukusnya. Inilah beberapa trik praktis untuk mengukus makanan dengan alat seadanya di kos-kosan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya