Kelezatan Singkong Gula Merah, Resep Alternatif yang Wajib Dicoba

Singkong gula merah, atau yang sering disebut dengan bajingan telo, adalah salah satu kudapan tradisional yang selalu menggugah selera.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 20 Sep 2024, 07:49 WIB
Bajingan adalah salah satu makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong dan gula merah (instagram.com/dianlisna26)

Liputan6.com, Jakarta Singkong gula merah, atau yang sering disebut dengan bajingan telo, adalah salah satu kudapan tradisional yang selalu menggugah selera. Hidangan ini menawarkan perpaduan sempurna antara manisnya gula merah dan lembutnya tekstur singkong, menciptakan cita rasa yang khas dan memanjakan lidah. Bagi pecinta kuliner tradisional, singkong gula merah adalah pilihan yang tepat untuk dinikmati baik sebagai camilan di sore hari maupun sebagai hidangan penutup setelah makan besar.

Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya pun terbilang sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan, sehingga sangat cocok untuk dicoba di rumah. Meskipun singkong sering kali dianggap sebagai makanan sederhana, dengan sentuhan gula merah, kudapan ini berubah menjadi sajian yang istimewa. Proses pembuatannya yang mudah dan cepat membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk disajikan kapan saja.

Bagi Anda yang ingin menyajikan sesuatu yang berbeda dan menggugah selera bagi keluarga atau tamu, resep singkong gula merah ini adalah alternatif yang wajib dicoba. Mari simak lebih lanjut bagaimana cara membuat hidangan yang menggoda ini dan nikmati kelezatannya yang tiada duanya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024).


Resep Singkong Gula Merah

Ilustrasi Singkong Kupas / by freepik

Untuk membuatnya kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram singkong
  • 200 gram gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 liter air
  • 1/4 sendok teh garam.

Langkah Membuat

Singkong rebus yang dimasukkan ke dalam gula aren cair sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Meski sederhana, makanan khas Kutai ini cukup manis karena terbuat dari singkong dan gula aren.

Berikut Langkah Membuatnya :

1. Potong-potong singkong yang sudah dikupas. Bersihkan dengan mencuci.

2. Rebus air hingga mendidih dan tambahkan pandan ikat simpul.

3. Masukkan singkong ke dalam air rebusan dan biarkan selama 15 menit atau sampai singkong empuk.

4. Aduk rata dengan gula merah, gula pasir, dan garam.

5. Setelah gula meresap dan kuah mengental, angkat dari kompor.

6. Sajikan bajingan telo yang manis, empuk, dan lembut dengan cara menyajikannya hangat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya