Kisah Orang sok Pintar Koreksi Arah Kiblat Apes Ketemu Gus Baha, Buntutnya Termehek-mehek

Orang sok pintar ini akhirnya bertekuk lutut kepada Gus Baha

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Agu 2024, 09:30 WIB
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) (SS TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Ulama kondang nan nyentrik dan kharismatik asal Rembang Jawa Tengah yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengisahkan cerita unik seputar orang sok pintar yang mengaku dirinya paling benar.

Santri brilian Mbah Moen ini mengisahkan seseorang tatkala sholat Jumat seseorang menghadap kiblatnya tidak sama sebagaimana kebanyakan orang.

Arah kiblat dia agak sedikit miring ke arah utara.

“Sok-sokan ahli falaq, sholat di masjid semua lurus ke barat, ia agak miring ke utara,” Kata Gus Baha mengawali kisahnya sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Short @alqolbumutayyam89, Sabtu (03/08/2024).

“Kan banyak ya yang seperti itu,” imbuhnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Apes Ketemu Gus Baha

Gus Baha (TikTok)

Namun, nasib tak mujur menghampiri salah seorang jemaah sholat Jumat sebab ketika itu berdampingan dengan Gus Baha. 

"Kebetulan bersebelahan persis dengan saya, agak sial nasibnya dia," kelakar Gus Baha.

"Ha...ha...ha.." sahut tawa para jemaah.

Meski demikian, orang tersebut dengan percaya diri mengatakan kepada Gus Baha bahwa sholatnya semua orang ketika tidak sah sebab tidka menghadap kiblat sebagaimana dia.

"Gus semua orang tidak sah, kecuali saya," tandasnya.

"Sebab sholat saya agak miring ke utara, itulah yang benar, orang lain tidak benar..salah!" sambungnya.

Namun tak kalah cerdasnya, justru Gus Baha mengatakan bahwa sholat Jumatnya juga tidak sah. Jawaban Gus Baha ini pun sontak membuatnya terperanjat.

"Kamu juga bodoh, kamu juga tidak sah juga," demikian jawaban Gus Baha.

"Lha kok bisa, kiblat saya benar kok?" tanya orang itu dengan heran.

"Syarat sahnya sholat Jumat itu berjamaah, kalau semua orang tidak sah berarti kamu juga tidak sah," jawab Gus Baha.

"Ha..ha..ha.." kembali terdengar sahutan tawa para jamaah.


Syarat Sah Pelaksanaan Sholat Jumat (1-3)

Umat Islam melaksanakan sholat Jumat pada minggu ketiga bulan Ramadhan 1442 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (30/4/2021). Sholat Jumat berjamaah dengan pembatasan jemaah 30 persen dari kapasitas di ruang sholat utama masjid dan menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menukil NU Online, berikut ini adalah syarat-syarat sah pelaksanaan shalat Jumat:

1. Shalat Jumat dan kedua kutbahnya dilakukan di waktu zuhur. Hal ini berdasarkan hadits: 

   أَنَّ النَّبِيَّكَانَ يُصَلِّي الْجُمُعَةَ حِيْنَ تَمِيْلُ الشَّمْسُ   

Artinya: Sesungguhnya Nabi SAW melakukan shalat Jumat saat matahari condong ke barat (waktu zuhur). (HR Al-Bukhari dari sahabat Anas).   

Maka tidak sah melakukan shalat Jumat atau khutbahnya di luar waktu zuhur. Bila waktu Ashar telah tiba dan jamaah belum bertakbiratul ihram, maka mereka wajib bertakbiratul ihram dengan niat zuhur. Apabila di tengah-tengah melakukan shalat Jumat, waktu zuhur habis, maka wajib menyempurnakan Jumat menjadi zuhur tanpa perlu memperbaharui niat.   

2. Dilaksanakan di area pemukiman warga.   

Shalat Jumat wajib dilakukan di tempat pemukiman warga, sekiranya tidak diperbolehkan melakukan rukhsah shalat jama’ qashar di dalamnya bagi musafir. Tempat pelaksanaan Jumat tidak disyaratkan berupa bangunan, atau masjid. Boleh dilakukan di lapangan dengan catatan masih dalam batas pemukiman warga.   

Syekh Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali mengatakan: 

وَلَا يُشْتَرَطُ أَنْ يُعْقَدَ الْجُمُعَةُ فِي رُكْنٍ أَوْ مَسْجِدٍ بَلْ يَجُوْزُ فِي الصَّحْرَاءِ إِذَا كاَنَ مَعْدُوْداً مِنْ خِطَّةِ الْبَلَدِ فَإِنْ بَعُدَ عَنِ الْبَلَدِ بِحَيْثُ يَتَرَخَّصُ الْمُسَافِرُ إِذَا انْتَهَى إِلَيْهِ لَمْ تَنْعَقِدْ اَلْجُمُعَةُفِيْهَا   

Artinya: Jumat tidak disyaratkan dilakukan di surau atau masjid, bahkan boleh di tanah lapang apabila masih tergolong bagian daerah pemukiman warga. Bila jauh dari daerah pemukiman warga, sekira musafir dapat mengambil rukhshah di tempat tersebut, maka Jumat tidak sah dilaksanakan di tempat tersebut. (Al-Ghazali, Al-Wasith, juz.2, halaman:263, [Kairo: Dar al-Salam], cetakan ketiga tahun 2012).   

3. Rakaat pertama Jumat harus dilaksanakan secara berjamaah.   

Minimal pelaksanaan jamaah shalat Jumat adalah dalam rakaat pertama, sehingga apabila dalam rakaat kedua jamaah Jumat niat mufaraqah (berpisah dari imam) dan menyempurnakan Jumatnya sendiri-sendiri, maka shalat Jumat dinyatakan sah. 


Syarat Sah Pelaksanaan Sholat Jumat (4-6)

Tata cara sholat Jumat ini dilakukan sebanyak dua rakaat pada saat waktu Zuhur dan dilaksanakan secara berjamaah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Jamaah shalat Jumat adalah orang-orang yang wajib menjalankannya.   

Jamaah Jumat yang mengesahkan Jumat adalah penduduk yang bermukim di daerah tempat pelaksanaan Jumat. Sementara jumlah standar jamaah Jumat adalah 40 orang menghitung imam menurut pendapat kuat dalam mazhab Syafi’i. Menurut pendapat lain cukup dilakukan 12 orang, versi lain ada yang mencukupkan 4 orang.   

Al-Jamal al-Habsyi sebagaimana dikutip Syekh Abu Bakr bin Syatha mengatakan: 

  قَالَ الْجَمَلُ الْحَبْشِيُّ فَاِذَا عَلِمَ الْعَامِيُّ أَنْ يُقَلِّدَ بِقَلْبِهِ مَنْ يَقُوْلُ مِنْ أَصْحَابِ الشَّافِعِيِّ بِإِقَامَتِهَا بِأَرْبَعَةٍ أَوْ بِاثْنَيْ عَشَرَ فَلَا بَأْسَ بِذَلِكَ إِذْ لَا عُسْرَ فِيْهِ   

Artinya: Berkata Syekh al-Jamal al-Habsyi; Bila orang awam mengetahui di dalam hatinya bertaklid kepada ulama dari ashab Syafi’i yang mencukupkan pelaksanaan Jumat dengan 4 atau 12 orang, maka hal tersebut tidak masalah, karena tidak ada kesulitan dalam hal tersebut. (Syekh Abu Bakr bin Syatha, Jam’u al-Risalatain, halaman:18). 

Tidak termasuk jamaah yang mengesahkan Jumat yaitu orang yang tidak bermukim di daerah pelaksanaan Jumat, musafir dan perempuan, meskipun mereka sah melakukan Jumat.   

5. Tidak didahului atau berbarengan dengan Jumat lain dalam satu desa.   

Dalam satu daerah, shalat Jumat hanya boleh dilakukan satu kali. Oleh karenanya, bila terdapat dua jumatan dalam satu desa, maka yang sah adalah jumatan yang pertama kali melakukan takbiratul ihram, sedangkan jumatan kedua tidak sah. Dan apabila takbiratul ihramnya bersamaan, maka kedua jumatan tersebut tidak sah.   

Hal ini bila tidak ada kebutuhan yang menuntut untuk dilaksanakan dua kali. Bila terdapat hajat, seperti kedua tempat pelaksanaan terlampau jauh, sulitnya mengumpulkan jamaah Jumat dalam satu tempat karena kapasitas tempat tidak memadai, ketegangan antar kelompok dan lain sebagainya, maka kedua jumatan tersebut sah, baik yang pertama maupun yang terakhir.  

Syekh Abu Bakr bin Syatha’ mengatakan: 

   وَالْحَاصِلُ أَنَّ عُسْرَ اجْتِمَاعِهِمْ اَلْمُجَوِّزَ لِلتَّعَدُّدِ إِمَّا لِضَيْقِ الْمَكَانِ اَوْ لِقِتَالٍ بَيْنَهُمْ اَوْ لِبُعْدِ أَطْرَافِ الْمَحَلِّ بِالشَّرْطِ   

Artinya: Kesimpulannya, sulitnya mengumpulkan jamaah Jumat yang memperbolehkan berbilangannya pelaksanaan Jumat adakalanya karena faktor sempitnya tempat, pertikaian di antara penduduk daerah atau jauhnya tempat sesuai dengan syaratnya. (Syekh Abu Bakr bin Syatha, Jam’u al-Risalatain, halaman: 4).   

6. Didahului kedua khutbah.   

Sebelum shalat Jumat dilakukan, terlebih dahulu harus dilaksanakan dua khutbah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi:

   أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ قَائِمًا ثُمَّ يَجْلِسُ ثُمَّ يَقُومُ فَيَخْطُبُ قَائِمًا  

Artinya: Rasulullah SAW berkhutbah dengan berdiri kemudian duduk, kemudian berdiri lagi melanjutkan khutbahnya. (HR. Muslim).   

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya