Peraih Nobel Muhammad Yunus Ditunjuk Pimpin Bangladesh Sementara

Pemenang Nobel Perdamaian Muhammad Yunus akan menjadi penasihat utama pemerintahan sementara di Bangladesh. Demikian diumumkan kantor presiden negara itu.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 07 Agu 2024, 10:06 WIB
Peraih Nobel Muhammad Yunus
Pemenang Nobel Perdamaian Muhammad Yunus akan menjadi penasihat utama pemerintahan sementara di Bangladesh. Demikian diumumkan kantor presiden negara itu.
Bangladesh menunjuk Muhammad Yunus, seorang peraih Nobel ekonomi, untuk memerintah Bangladesh sementara usai Sheikh Hasina mundur dari posisinya sebagai perdana menteri. (Andreas SOLARO / AFP)
Sekretaris pers Presiden Mohammed Shahabuddin, Joynal Abedin mengumumkan Muhammad Yunus dipilih sebagai pemimpin sementara pengganti Hasina pada Rabu (7/8/2024) pagi. (REHMAN ASAD / AFP)
Kesepakatan itu diambil sehari setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina mundur dan kabur ke India, menyusul protes yang dipimpin mahasiswa selama berminggu-minggu berubah menjadi kerusuhan yang mematikan. (AP Photo/Mahmud Hossain Opu, File)
Yunus dipilih sebagai pemimpin pemerintah sementara atas dukungan dari para pemimpin kelompok mahasiswa yang menggelar aksi protes. (AP Photo/Michel Euler, File)
Para pemimpin mahasiswa telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka tidak akan menerima pemerintahan yang dipimpin militer dan mendesak Yunus untuk memimpin pemerintahan sementara. (MUNIR UZ ZAMAN / AFP)
Juru bicara Yunus mengatakan, dia menerima permintaan tersebut. Namun, Yunus akan pulang ke Bangladesh usai menjalani prosedur medis di Paris. (INA FASSBENDER / POOL / AFP)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya