11 Sikap yang Bisa Membuatmu Makin Disayang dan Diistimewakan Banyak Orang

Terdapat beberapa sikap yang harus dimiliki jika ingin mendapatkan kasih sayang dan penghargaan dari orang-orang di sekitarmu.

oleh Miranti diperbarui 25 Sep 2024, 16:54 WIB
Ilustrasi perempuan tersenyum cantik/copyright unsplash.com/Rezli

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan rasa sayang dan penghargaan dari orang-orang di sekitarmu, diperlukan sikap-sikap positif yang membuat mereka merasa nyaman dan dihargai. Sikap positif tidak hanya membuat kamu disayangi, tetapi juga membuat kamu diperlakukan secara positif oleh orang lain.

Dengan memahami dan menerapkan sikap yang baik, kamu juga dapat menciptakan suasana yang lebih harmonis dalam kehidupan sosialmu. Tak menutup kemungkinan juga jika kamu akan menjadi inspirasi banyak orang dalam bersikap baik.

Lantas apa saja sikap yang dapat membuat kita disayangi oleh orang lain? Berikut adalah 11 sikap yang dapat membuatmu lebih disayangi oleh semua orang sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (25/9/24):


1. Ramah dan Sopan

Foto oleh Noppadon Manadee di Unsplash menggambarkan kepribadian perempuan.

Dengan menunjukkan sikap ramah dan sopan, kamu dapat membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitarmu. Senyum, salam, dan sapaan hangat dapat memberikan perbedaan besar dalam interaksi sehari-hari.

Tunjukkan ketulusan dalam setiap pertemuan dan hindari sikap yang terlalu formal atau kaku. Sikap ini tidak hanya membuatmu disayang oleh orang sekitar tapi semua orang yang mengenalmu.


2. Jujur

Foto oleh Jason Tran di Unsplash menampilkan ilustrasi kepribadian seorang perempuan.

Bersikap jujur adalah kunci utama dalam menjaga hubungan yang sehat. Dengan mengutamakan kejujuran, kamu akan membangun kepercayaan yang sangat penting dalam hubungan antar pribadi.

Jangan takut untuk menyampaikan perasaan dan pendapatmu dengan cara yang baik dan konstruktif. Kejujuran akan memberikan banyak manfaat positif yang luar biasa dalam kehidupanmu. Meskipun terkadang kejujuran tidak selalu menyenangkan.


3. Tanggung Jawab

Foto oleh Junior REIS di Unsplash mengilustrasikan kepribadian perempuan.

Menunjukkan tanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusanmu akan menciptakan rasa aman dan kepercayaan dari orang lain. Tanggung jawab ini termasuk kemampuan untuk mengakui kesalahan dan berusaha memperbaikinya. Seseorang yang bertanggung jawab atas tindakannya akan membangun kepercayaan dan penghargaan dari orang lain.

 


4. Sabar

Foto oleh Long Truong di Unsplash menampilkan seorang perempuan yang sedang bahagia.

Kesabaran adalah kunci untuk menghadapi berbagai situasi dan orang dengan tenang. Dengan bersikap sabar, kamu menunjukkan bahwa kamu mampu mengendalikan emosi dan memberikan ruang bagi orang lain untuk berkembang. Kamu yang sabar, akan membuat orang lain juga bersikap sabar kepadamu. Ini memungkinkanmu mendapat perlakuan terbaik dari orang lain. 

 

 


5. Humor yang Baik

Terlihat seorang perempuan tersenyum dalam ilustrasi/Photo by Nursultan Bakyt on Unsplash.

Humor yang baik dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan mempererat interaksi antar individu. Namun, penting untuk memastikan bahwa humor yang digunakan tidak melukai perasaan orang lain. Humor yang baik adalah humor yang mampu membuat semua orang tertawa tanpa merasa tersinggung.

 


6. Dermawan

Ilustrasi perempuan cantik sederhana | copyright freepik.com/lifestylememory
ilustrasi perempuan rapi/Photo by David Manzyk/Pexels

Selain itu, sikap dermawan dalam bentuk materi, waktu, dan perhatian dapat membuat orang lain merasa dihargai dan diperhatikan. Tindakan kecil seperti membantu teman yang sedang kesulitan atau memberikan pujian yang tulus dapat meninggalkan kesan yang mendalam. Kemurahan hati yang kamu miliki dan berikan kepada orang lain akan membuat mereka bersikap sama kepadamu.


7. Tulus

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Christian Ferrer on Unsplash

ketulusan dalam tindakan dan perkataanmu akan membuat orang lain merasa bahwa kita adalah orang yang dapat dipercaya. Ketulusan mencakup kejujuran, kebaikan hati, dan kesungguhan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Dengan mengembangkan sikap-sikap positif ini, kamu tidak hanya akan dicintai oleh orang lain, tetapi juga akan membangun hubungan yang lebih kuat dan bermakna. Penting untuk diingat bahwa sikap yang baik adalah cerminan dari karakter yang baik, dan karakter yang baik adalah kunci untuk hidup yang bahagia dan harmonis. 


8. Empati

ilustrasi perempuan bahagia/Flower photo created by svetlanasokolova - www.freepik.com

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan menunjukkan empati, kamu dapat membantu orang lain merasa didengar dan dimengerti.

Cobalah untuk selalu mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan respons yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli. Sikap ini tak hanya membuatmu disayang oleh orang sekitar tapi semua orang yang mengenalmu. 


9. Terbuka Terhadap Pendapat Orang Lain

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Karl Joshua Bernal on Unsplash

Bersikap terbuka terhadap perbedaan pendapat dan pandangan orang lain menunjukkan bahwa kamu menghargai keragaman. Keterbukaan ini juga mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang fleksibel dan mudah diajak bekerja sama. Akan sangat mudah bagimu untuk mendapat kasih sayang dan kepedulian dari orang-orang di sekitarmu. 


10. Mau Mendukung Orang Lain

Ilustrasi tertawa, lucu. (Foto oleh Arina Krasnikova: https://www.pexels.com/id-id/foto/teman-teman-perempuan-senang-tersenyum-6299359/)

Menjadi pendukung yang baik bagi orang-orang di sekitarmu akan membuat mereka merasa lebih percaya diri dan dihargai. Tunjukkan dukunganmu dengan cara memberikan semangat, membantu saat dibutuhkan, dan selalu ada ketika mereka memerlukan. Dukunganmu yang berarti, akan dikenang dengan baik oleh semua orang. Ini juga menumbuhkan rasa sayang terbaik di hati mereka untukmu. 


11. Konsistensi

Ilustrasi Teman/https://www.freepik.com/freepik 

Menjadi pribadi yang konsisten dalam sikap dan perilaku membuat orang merasa aman dan nyaman bersamamu. Ketika orang tahu apa yang dapat mereka harapkan darimu, mereka lebih cenderung untuk mempercayai dan menyayangimu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya