10 Cara Mengenali Sikap Perempuan yang Siap Diajak ke Tahap Serius dalam Asmara

Kesiapan seseorang dalam memulai hubungan cinta yang serius bisa berbeda-beda tergantung individunya.

oleh Miranti diperbarui 24 Sep 2024, 20:07 WIB
ilustrasi tips hubungan sehat dan awet/pexels

Liputan6.com, Jakarta Kesiapan seseorang dalam memulai hubungan cinta yang serius bisa berbeda-beda tergantung individunya. Usia tidak selalu menjamin kesiapan seseorang dalam membina hubungan yang serius seperti pernikahan atau rumah tangga, bahkan untuk perempuan.

Menjalin hubungan cinta yang serius membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak dan tidaklah mudah bagi sebagian orang yang masih ingin bersenang-senang. Kesiapan mental dan emosional dari kedua belah pihak diperlukan untuk menjalani hubungan yang penuh komitmen, bukan hanya dari pihak laki-laki atau perempuan saja.

10 tanda ini menunjukkan bahwa seorang perempuan sudah siap untuk berkomitmen dalam hubungan cinta serius. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (24/9/2024):


1. Komunikasi yang Jujur dan Terbuka

Ada ilustrasi kepribadian perempuan yang dapat dilihat di foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels.

Seorang perempuan yang siap berkomitmen ditandai oleh kemampuannya untuk berkomunikasi secara jujur, terbuka, dan dewasa. Fokusnya bukan lagi pada rasa cemburu terhadap rekan kerja, perbedaan selera musik, atau mempermasalahkan keterlambatan janjian lima menit, melainkan pada kesamaan visi, misi, dan tujuan dalam hubungan cinta.

Ia memiliki keberanian untuk berbicara tentang pikiran dan perasaannya, kebutuhan fisik dan emosional, serta batasan dan nilai penting dalam hidupnya. Tingkat kecocokan dengan pasangannya ditentukan oleh tingkat komunikasi yang terbuka.


2. Kemandirian dan Tanggung jawab

Foto oleh Ekaterina Bolovtsova dari Pexels menggambarkan kepribadian perempuan melalui ilustrasi.

Seorang perempuan yang siap berkomitmen akan menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab yang jelas dalam menjalankan kehidupan pribadinya. Ia tidak hanya berbicara tentang masa depan bersama, tetapi juga mengambil tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Ia memiliki stabilitas finansial, tidak bergantung pada orang lain, mampu memenuhi kebutuhannya dengan baik, memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan, siap menghadapi risiko dari pilihan yang diambil, serta bertanggung jawab terhadap semua aset dan kesalahan yang dilakukannya. Kedewasaannya dapat diandalkan.


3. Kesiapan Berbagi Kehidupan Pribadi

Gambar oleh Nan Ding dari Pexels yang menggambarkan kepribadian zodiak.

Kesiapan mental dan emosional seorang perempuan dalam menjalin hubungan cinta dapat diukur dari seberapa siap ia berbagi kehidupan pribadinya dengan orang lain yang akan menjadi pasangannya. Ketika ia sudah mampu membuka diri, siap dengan konsekuensi bahwa ia harus membagi waktu untuk pasangan, keluarga bahkan anak-anak nantinya, juga harus memangkas waktu jalan bareng teman atau bersantai rebahan dengan nyaman demi "kebutuhan bersama", maka ia sudah siap berkomitmen. Ia harus siap bahwa ruang pribadinya akan digantikan dengan "ruang bersama". 


4. Kemampuan Mengatasi Konflik dengan Dewasa

Gambar yang menunjukkan kepribadian perempuan diilustrasikan oleh Amina Filkins dari Pexels.

Setiap hubungan pasti menghadapi konflik. Seorang perempuan yang siap berkomitmen akan menunjukkan kemampuannya dalam mengatasi konflik dengan cara yang matang dan konstruktif. Ia tidak akan menghindar dari masalah, melainkan akan menghadapinya dan mencari solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

Ia tidak akan terlalu fokus pada temperamen atau emosi semata. Kemampuan ini menunjukkan bahwa ia siap menghadapi tantangan dalam hubungan cinta. Ketika ada masalah, fokusnya bukanlah untuk memenangkan ego sendiri, melainkan untuk menjaga hubungan demi kebaikan bersama.


5. Prioritas yang Seimbang

Foto oleh Hannah Nelson dari Pexels menggambarkan karakteristik seorang wanita.

Seorang perempuan yang siap berkomitmen adalah yang mampu menjaga keseimbangan dalam hidupnya. Selain fokus pada karier dan hobinya, ia juga memberikan perhatian yang cukup kepada pasangannya, keluarga, dan mungkin juga untuk anak-anaknya kelak.

Ia menyadari bahwa hubungan yang sehat membutuhkan waktu dan usaha dari kedua belah pihak. Ia tidak dapat menjalani kehidupan yang sama seperti saat masih lajang, karena prioritasnya akan berbeda.


6. Keinginan untuk Tumbuh Bersama

Foto oleh Mochammad Algi dari Pexels menggambarkan kepribadian seorang perempuan.

Bagi sebagian orang, berkomitmen dalam hubungan cinta bisa terasa menakutkan karena terkesan membatasi dan menghancurkan impian seorang perempuan. Namun, jika diatur dengan baik, berkomitmen dalam hubungan cinta justru dapat membangun kebersamaan yang dapat mengurangi rasa kesepian.

Keinginan untuk tumbuh bersama pasangan dapat menjadi landasan kebahagiaan. Tidak hanya memikirkan pertumbuhan pribadi, tetapi juga bagaimana ia dan pasangannya dapat berkembang bersama. Keinginan ini menunjukkan bahwa ia melihat hubungan sebagai perjalanan bersama, bukan hanya sekedar status.


7. Kepercayaan dan Rasa Aman

Gambarkan seorang wanita yang sedang bekerja/Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Kalimat yang berbeda namun tidak mengubah konteks: "Perempuan yang siap berkomitmen akan menunjukkan rasa percaya kepada pasangannya dan memastikan bahwa ia merasa aman dalam hubungan tersebut, dengan bersedia berbagi cerita tentang masa lalunya, harapannya, dan impiannya.

Selain itu, ia tidak mudah cemburu atau curiga tanpa alasan yang jelas. Kepercayaan ini menciptakan pondasi yang kuat dalam hubungan cinta dan menunjukkan keyakinannya terhadap hubungan yang dia jalani."


8. Komitmen pada Diri Sendiri

Gambar ini menunjukkan seorang perempuan yang sedang bekerja.

Seorang perempuan yang siap berkomitmen akan menunjukkan komitmen pada dirinya sendiri sebagai tanda bahwa ia telah memutuskan untuk menjalani hubungan pernikahan yang serius seumur hidup. Dalam komitmen tersebut, ia harus mampu menjaga hati, cinta, dan kesetiaan untuk pasangannya.

Selain itu, ia juga harus hidup sesuai dengan prinsip-prinsip dan komitmen yang telah dibuat bersama pasangan. Dengan memiliki komitmen pada diri sendiri, perempuan tersebut menunjukkan bahwa ia memiliki dasar yang kuat untuk berkomitmen kepada orang lain. 


9. Menunjukkan Tanda-Tanda Kesetiaan

Ilustrasi relationship. (dok. Sept Commercial/Unsplash.com)

Jika dia menunjukkan sikap setia dan tidak memperlihatkan ketertarikan pada orang lain, itu menandakan bahwa dia siap untuk berkomitmen dan ingin menjaga hubungan ini eksklusif. Artinya pasangannya adalah satu-satunya orang di hatinya.


10. Memperkenalkan Pasangan kepada Keluarga dan Teman

(c) Pexels

Jika perempuan secara aktif menghabiskan waktu bersamamu dan berusaha membuat hubungan tetap hidup, ini adalah indikasi bahwa dia menghargai hubungan dan berkomitmen untuk menjaga keintiman. Dia siap untuk diajak ke jenjang yang lebih serius.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya