9 Cara Mengenali Calon Mertua Memberi Restu dan Menyukaimu, Krusial dalam Hubungan

Mendapatkan persetujuan dari calon mertua adalah langkah yang sangat penting dalam membangun hubungan romantis dengan seseorang.

oleh Miranti diperbarui 24 Sep 2024, 19:27 WIB
Ilustrasi Bertemu Calon Mertua Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan persetujuan dari calon mertua adalah langkah yang sangat penting dalam membangun hubungan romantis dengan seseorang. Bahkan, mendapatkan dukungan dan persetujuan dari calon mertua bisa dianggap sebagai kunci kesuksesan dalam menjalani hubungan yang serius seperti pernikahan.

Selain itu, faktor yang tidak kalah penting adalah seberapa besar calon mertua menyukai calon menantunya. Dari sambutan hangat hingga dukungan dalam berbagai aspek kehidupan, setiap tindakan kecil dapat mencerminkan sikap mereka yang merestui. 

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa indikator positif yang menunjukkan calon mertua memberi restu dan menyukaimu ketika mereka menunjukkan tanda-tanda khusus. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (24/9/2024):


1. Mengajakmu Berbicara

Gambar ini diberikan kredit melalui Pexels.com/Andrea Piacquadio.

Salah satu indikasi bahwa calon mertua memberi restu dan menyukaimu adalah ketika mereka mengundangmu untuk berinteraksi dengan mereka, bahkan hanya sekedar mengajakmu bicara. Mungkin mereka akan menanyakan berbagai hal tentang dirimu, seperti pekerjaan, hobi, atau pandangan hidupmu.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka tertarik dan ingin mengenal dirimu lebih baik. Jika mereka terlihat bersemangat dan antusias dalam percakapan, itu adalah pertanda positif.


2. Bersikap Ramah dan Hangat

Foto cucu dan nenek oleh Andrea Piacquadio.

Mendapatkan sikap ramah dari calon mertua sebagai calon menantu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Sikap ramah dan hangat dari calon mertua merupakan indikator positif bahwa mereka menyukai calon menantu dan mungkin akan memberikan restu pada hubungan mereka.

Meskipun calon mertua mungkin tidak langsung menyambut dengan senyuman, memeluk, atau menunjukkan perhatian yang tulus, namun ketika calon menantu mulai merasakannya secara perlahan, sikap ini mencerminkan bahwa calon mertua merasa nyaman denganmu. Dia percaya bahwa calon menantu dapat dipercaya dan berada di dekat mereka.


3. Memberikan Pujian

Foto ini dibuat oleh prostooleh di www.freepik.com, menunjukkan ilustrasi seorang ibu dan anak dewasa.

Apakah kamu pernah mendapatkan pujian dari calon mertuamu? Pujian dari calon mertua menunjukkan bahwa mereka menyukaimu. Mereka bisa memuji kepribadianmu, prestasimu, kebiasaanmu, perilakumu, keluargamu, atau cara kamu memperlakukan pasangan dan orang-orang terdekatmu.

Pujian tersebut menunjukkan bahwa calon mertua mengakui, menghargai, dan memvalidasi kualitas positif yang kamu miliki. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kepercayaan mereka setelah mendapatkan pujian dari mereka.


4. Mendukung Hubunganmu

Sebuah gambar ilustrasi ibu dan anak dewasa/photo dibuat oleh master1305 - www.freepik.com.

Apabila calon mertua memberikan dukungan terhadap hubunganmu dengan anak mereka, ini menunjukkan bahwa mereka menyukaimu dan kemungkinan besar akan memberi restu. Dukungan tersebut dapat ditunjukkan melalui saran yang bijaksana, kritikan yang membangun, arahan dalam melakukan sesuatu, atau bahkan bantuan dalam menghadapi masalah.

Jika sudah mendapatkan dukungan positif ini, berarti mereka menginginkan hubunganmu dengan anak mereka berkembang dan sukses.


5. Mengundangmu ke Acara Keluarga

Gambar ibu dan anak yang diilustrasikan. (dok. Pexels/Elly Fairytale)

Apabila calon mertua mengajakmu ke acara keluarga seperti makan malam, ulang tahun, atau perayaan lainnya, ini menunjukkan bahwa mereka menginginkanmu untuk menjadi bagian dari keluarga mereka. Mereka ingin agar kamu berkenalan dengan anggota keluarga yang lain karena di masa depan kamu akan sering bertemu dengan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menerimamu dengan baik dan memberimu kesempatan untuk lebih akrab dengan keluarga mereka.


6. Mereka Menghargai Pendapatmu

Gambar oleh teksomolika di Freepik menggambarkan hubungan antara ibu mertua dan menantu.

Berikan pendapatmu dengan sikap meyakinkan, tenang, sopan, dan bijaksana saat calon mertua meminta pendapat dalam diskusi serius. Hal ini akan membantu membentuk citra positif terhadapmu. Namun, hindari sikap defensif agar pendapatmu dapat diterima dengan baik.

Jika calon mertua menerima pendapatmu, kemungkinan mereka tidak akan banyak mempertanyakan atau mendebat pendapatmu. Ini menunjukkan bahwa mereka menghargai pandanganmu dan melihatmu sebagai individu yang cerdas.


7. Tidak Ikut Campur Urusanmu dengan Pasangan

Gambar-gambar yang memberikan saran untuk mempererat hubungan dengan calon mertua/pexels.

Calon mertua yang tidak ikut campur dalam urusan pribadi antara pasangan menunjukkan bahwa mereka mungkin menyukaimu. Mereka hanya mengawasi dan jika ada perubahan positif dalam diri anak mereka, mereka mungkin akan merestui hubungan kalian. Mereka menghormati batasan dan privasi yang telah ditetapkan, sehingga mereka tidak akan ikut campur dalam hubungan kalian.


8. Membicarakan Masa Depan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels menggambarkan hubungan antara mertua dan menantu.

Jika calon mertua mulai menanyakan rencana masa depanmu, ini menunjukkan bahwa mereka tertarik dan melihatmu sebagai calon keluarga yang potensial di masa depan. Mereka ingin mengetahui pandanganmu dan rencanamu ke depan.

Mungkin juga akan membahas rencana jangka panjang, seperti karier, keuangan, keluarga, atau tempat tinggal. Percakapan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki harapan dan kepercayaan terhadap hubunganmu dengan pasangan. 


9. Menunjukkan Keterbukaan untuk Berinteraksi

Menikahi seseorang berarti menikahi keluarganya juga. Maksudnya, seorang lelaki yang menikahi wanita, tak hanya menerima wanita it

Jika mereka aktif mengajakmu berbincang atau melakukan aktivitas bersama, ini menandakan bahwa mereka ingin membangun hubungan yang lebih baik. Keterbukaan ini mencerminkan sikap positif dan keinginan untuk mengenalmu lebih dekat.

Inilah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa calon mertua menyukai dan memberi restu terhadap hubunganmu dengan anaknya. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya