Maksimalkan Kualitas SDM, Pemenuhan Hak Perempuan Jadi Kebutuhan

Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi mengusung tema Energizing You, Elevating Each Other.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 14 Agu 2024, 11:51 WIB
Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pemenuhan hak perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dinilai perlu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Ketua Tim Penggerak-PKK Riau, Adrias Harianto menilai, dalam pembangunan berkelanjutan memiliki beberapa indikator yang harus dicapai, salah satunya kesetaraan gender.

“Keadilan dan inklusivitas, serta hak-hak perempuan lainnya diperlukan demi memaksimalkan SDM," kata Adrias saat Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi.

Adrias menjelaskan, Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi mengusung tema Energizing You, Elevating Each Other. Tujuannya, demi memberdayakan perempuan Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dan mendorong kolaborasi antar perempuan.

"Saya sangat berharap kegiatan ini dapat menggedor potensi masyarakat, khususnya para perempuan Provinsi Riau," harap Adrias.

Sementara itu, owner Ratatia Rattan Handmade, Tia Juwita menambahkan keterlibatan perempuan dalam ekonomi sangat penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Acara ini patut diapresiasi, apalagi acara ini bisa membuka mata perempuan Riau agar tertarik terjun ke dunia entrepreneur dan ekonomi kreatif,” kata Tia.

Selain Pekanbaru, nantinya agenda tersebut akan digelar di Medan, Bandung, dan Makassar. Sebelumnya pelaksanaan acara serupa sudah dilakukan Jakarta pada Mei 2024. Acara yang menjadi wadah kolaborasi itu mendapatkan sambutan positif dari lebih dari 8.000 pengunjung.

Diketahui, Pekanbaru dipilih sebagai kota penyelenggaraan Renjana Cita Srikandi karena beberapa alasan. Salah satunya, potensi besar dan semangat tinggi dari perempuan berprestasi. Mereka dinilai telah berkontribusi signifikan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, seni, dan budaya baik di tingkat provinsi, nasional, regional hingga internasional.

Kegiatan ini melibatkan partisipasi para talenta dan tokoh perempuan lokal. Antara lain, pebisnis Tia Juwita, social media influencer Cut Aliza Syakila, juga sederet tokoh perempuan Provinsi Riau bertalenta lainnya.

 


3 Unsur

Sebagai informasi, Renjana Cita Srikandi Usung tiga unsur penting: Karsa, Kriya, dan Karya.

Karsa berfokus pada perluasan wawasan dan motivasi positif. Agenda itu menghadirkan tokoh perempuan inspiratif yang berbagi ilmu dan pengalaman melalui sesi “Gelar Wicara”.

Kriya, menyediakan program lokakarya untuk pembekalan dan peningkatan talenta bersama komunitas lokal seperti Ges Floral, Kawan Sekarya, Sya Sky Studio, Ngepaint Yuk, dan masih banyak lagi.

Karya, yang menampilkan pertunjukan seni seperti musik, tari, dan mode, serta pekan raya UMKM.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya