5 Olahraga Ringan yang Dapat Meningkatkan Kebugaran, Salah Satunya Jalan Kaki

Agar tubuh tetap bugar Anda dapat melakukan beberapa olahraga atau latihan kekuatan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, mental, hingga meningkatkan daya ingat.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 17 Sep 2024, 17:02 WIB
Beraktivitas fisik juga memberikan kenyamanan pada tubuh, tapi jangan lupa waktu terbaik untuk berolahraga ketika cuaca sedang panas-panasnya (Foto: Unsplash.com/Gabin Vallet)

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda merasa mudah lelah, sering sakit, dan pegal-pegal saat beraktivitas itu artinya tubuh Anda mengalami penurunan kebugaran. Anda akan sulit untuk melakukan aktivitas yang produktif.

Tubuh yang tidak bugar juga menyebabkan Anda tidak memiliki selera untuk menyantap makanan dan membuat tubuh kekurangan berat badan. Bahkan tak jarang ditemukan gejala penyakit seperti penyakit kardiovaskular jantung, kanker, dan lainnya serta penyakit mental seperti stres dan depresi.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu melakukan olahraga untuk meningkatkan kebugaran. Anda dapat melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan kebugaran otot dan tubuh Anda seperti yang dilansir dari Harvard Health Publishing berikut ini.

1. Berenang

Olahraga di dalam air yang banyak digemari oleh sebagian orang mampu membuat tubuh sehat dan bugar. Ketika Anda berenang daya apung pada air akan menopang tubuh Anda sehingga dapat bergerak maju. Berenang mampu mengurangi ketegangan dan nyeri pada sendi.

Olahraga ini cocok bagi Anda yang memiliki sakit radang sendi, karena pergerakan yang ringan dan tidak memberatkan tubuh. Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, dengan melakukan senam aerobik air di dalam kolam membantu Anda untuk mengencangkan tubuh dan membakar lemak.


2. Jalan Kaki

Ilustrasi jalan kaki di pagi hari. (Photo by Kate Joie on Unsplash)

Sebagaian orang mungkin tidak tahu bahwa jalan kaki adalah bagian dari olahraga. Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti menjaga  berat badan, menurunkan kadar kolesterol, baik untuk tekanan darah, memperkuat tulang, mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, jalan kaki juga baik untuk kesehatan kognitif manusia seperti meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko lupa ingatan menjelang usia lanjut.

Olahraga ini dapat dimulai dengan melakukan jalan kaki selama 10 hingga 15 menit sehari. Seiring berjalannya waktu Anda dapat menambahkan waktu jalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap hari dalam satu minggu. Hal ini dilakukan agar Anda terbiasa untuk melakukan olahraga ini. Jalan kaki juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental dengan memperbaiki suasana hati.


3. Latihan Kekuatan Otot

Ilustrasi olahraga Rajio Taiso. (Foto: Unsplash/Yulissa Tagle)

Latihan kekuatan otot dapat dilakukan oleh siapapun baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun, olahraga ini identik dengan laki-laki yang ingin membentuk otot pada bagian lengan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa otot tubuh manusia perlu dilatih. Hal ini berfungsi agar terhindar dari hilangnya kekuatan otot saat beraktivitas.

Selain itu, otot manusia juga memiliki manfaat untuk membakar kalori yang dapat menjaga berat badan tetap ideal dan menjaga fungsi otak. Untuk memulai latihan kekuatan otot Anda dapat memulai dengan mengangkat beban ringan sebanyak 10 kali. Kemudian, setelah beberapa minggu Anda dapat menambahkan beban berat dan melakukan gerakan sebanyak 12 kali.


4. Latihan Otot Panggul (Kagel)

Ilustrasi Olahraga Senam, Kayang (Photo by rishikesh yogpeeth on Unsplash)

Latihan kekuatan otot panggul atau kagel ini  identik dengan olahraga yang dilakukan oleh perempuan, tetapi tidak menutup kemungkinan laki-laki dapat melakukan olahraga ini. Kagel memiliki manfaat bagi otot dasar panggul yang menjaga kandungan kemih. Jika Anda memiliki otot panggul yang kuat maka kecil bagi tubuh Anda terserang risiko penyakit inkontinensia atau sering buang air kecil.

Sebelum melakukan olahraga ini Anda disarankan untuk mengencangkan otot-otot terlebih dahulu untuk mengindari buang air kecil atau kentut. Kemudian, Anda perlu menahan kontraksi kurang lebih dua hingga tiga detik dan lepaskan. Setelah itu, lakukan relaksasi otot panggul setelah aktivitas kontraksi. Anda dapat mengulang latihan ini sebanyak empat sampai 5 set dengan jumlah satu set sebanyak 10 kali per hari.


5. Senam Tai Chi

Ilustrasi Pencak Silat, Bela Diri (Photo by Thao Le Hoang on Unsplash)

Senam yang merupakan seni bela diri dari Tiongkok ini memiliki keunikan yaitu menggabungkan gerakan dan relaksasi. Tujuan senam ini adalah untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Senam tai chi juga sering disangkutpautkan dengan meditasi dalam gerak.

Gerakan pada senam ini menghasilkan serangkaian gerak yang anggun dengan membentuk transisi ke gerakan berikutnya. Olahraga ini cocok untuk dilakukan oleh semua kalangan usia terkhusus untuk orang tua. Olahraga ini memberikan kebugaran dan keseimbangan tubuh saat menjalani usia lanjut.

Infografis jenis-jenis olahraga kekinian. (Dok: Tim Grafis Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya