Jauhari Johan Hingga Chaidir Akbar Ikut Lomba Lari, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

Beberapa pelari top ikut serta berlari demi mengajak masyarakat menjaga kesehatan.

oleh Thomas diperbarui 15 Sep 2024, 21:37 WIB
Jauhari Johan Hingga Chaidir Akbar Ikut Lomba Lari, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta- Beberapa pelari dan pegiat lari nasional turut meramaikan event lari Herbalife Run 2024 di ICE BSD pada Minggu 15 September 2024. Ada Jauhari Johan, Chaidir Akbar, Andi Gumilang, Inge Prasetyo, dan Juphie Sembiring turut berlari.

Lomba lari ini mempromosikan nutrisi yang baik dan gaya hidup aktif yang sehat di tanah air. Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Vensya Sitohang, yang mewakili Menteri Kesehatan Republik Indonesia, turut hadir pada event ini dan melakukan pelepasan pelari (flag off) pelari di kategori 5k.

Herbalife Run 2024 diikuti lebih dari 4.000 peserta dari sejumlah komunitas lari dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, hingga Bekasi. Lima kategori yang dilombakan yakni individu pria dan wanita 21km, 10km, 5km, Fun Walk, dan Kids Fun Run. 

Lokasi ICE BSD Tangerang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Herbalife Run 2024 karena memiliki akses yang lebih mudah dan berlokasi tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, serta memiliki fasilitas pendukung lainnya, yang pastinya diharapkan para peserta mendapatkan pengalaman lari yang menyenangkan.

"Kami sangat senang dengan respons positif terhadap acara tahun ini. Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, total peserta yang berpartisipasi telah mencapai lebih dari 50.000 peserta. Sebagai perusahaan kesehatan dan gaya hidup terkemuka, kami secara konsisten menjalankan inisiatif yang meningkatkan kesadaran akan pentingnya nutrisi sehat dan kebiasaan berolahraga, guna menginspirasi perubahan gaya hidup yang positif," ucap Director & General Manager Herbalife Indonesia, Oktrianto Wahyu Jatmiko.


Masyakat Indonesia Doyan Lari

Jauhari Johan Hingga Chaidir Akbar Ikut Lomba Lari, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

Lari memang sudah menjadi primadona dikalangan masyakarat untuk menjaga kesehatan di era seperti sekarang ini. Hampir setiap akhir pekan, banyak masyakarat mengisi hari libur dengan berlari atau mengikuti lomba lari.

Antusiasme ini diharapkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Pasalnya lari merupakan olahraga yang baik dan murah serta bisa dilakukan di mana saja.


Tips dari Chaidir Akbar

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, pekan ini, Chaidir Akbar berbagi perspektif dan tips untuk pemula yang berniat ikut lomba lari. Pertama, menetapkan alasan ikut lomba. Ia menyarankan, alasan ingin sehat. Kedua, tetapkan target dan tujuan.

“Kedua, tentukan target dan tujuan sendiri untuk ikut event itu. Kalau ikut lari sebagai perlombaan, misalnya belum pernah lari 5km dan mau mencoba, maka ada baiknya setelah mendaftar (lakukan tips ketiga) mempersiapkan diri dengan latihan,” ia menyambung.

“Setidaknya siapkan waktu 8 sampai 12 minggu untuk latihan. Tidak perlu sophisticated, Anda bisa mulai latihan 3 kali seminggu. Durasinya untuk 5km cukup 30 menit per latihan. Akhir pekan naik jadi 60 menit dengan lari full atau lari lalu jeda jalan,” imbuh Chaidir Akbar.

Setelahnya, ia menyorot tips pertama: motivasi ingin sehat. Belakangan, ada fenomena Joki Strava, yakni titip ke orang lain yang terbiasa lari supaya kelihatan hebat di medsos. Karena lagi hype, lari dijadikan sarana flexing atau mengaktualisasi diri dengan cara kurang etis.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya