9 Alasan Pentingnya Melakukan Eksfoliasi Wajah, Termasuk Samarkan Tanda Penuaan

Eksfoliasi wajah adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

oleh Miranti diperbarui 16 Sep 2024, 13:14 WIB
ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels

Liputan6.com, Jakarta Kamu pernah merasa produk skincare yang dipakai tidak memberikan hasil? Tidak ada perubahan yang terlihat pada kulit dan hanya menguras dompet? Tunggu dulu, mungkin kamu melewatkan langkah penting yaitu eksfoliasi.

Eksfoliasi wajah adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Biasanya eksfoliasi wajahada dua jenis, yaitu menggunakan bahan kimia atau chemical exfoliant dan alat fisik atau physical exfoliant. Proses ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan peremajaan kulit.

Yuk, simak mengapa eksfoliasi wajah sangat penting untuk dilakukan? Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (16/9/24):


1. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati | copyright freepik

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat dihilangkan dengan eksfoliasi yang tepat. Jika tidak dihapus, sel-sel kulit mati ini akan membuat kulit tampak kusam dan tidak bersinar. Dengan eksfoliasi rutin, kulit akan terlihat lebih cerah, sehat, dan segar.


2. Meningkatkan Regenerasi Sel Kulit

Eksfoliasi dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit | copyright freepik

Sel kulit mati yang telah hilang melalui eksfoliasi dapat merangsang terjadinya regenerasi pada kulit. Sel kulit baru akan tumbuh dengan lebih cepat dan kulit menjadi lebih muda dan kencang.  


3. Mencegah Pori-Pori Tersumbat

Penyumbatan pori-pori dapat menyebabkan komedo dan jerawat, namun bisa dicegah melalui eksfoliasi | copyright freepik

Jika sel kulit mati menumpuk, minyak dan kotoran akan menyumbat pori-pori yang ada. Tahap selanjutnya akan muncul jerawat serta komedo. Eksfoliasi yang benar akan membantu membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam. Masalah kulit seperti jerawat akan hempas begitu saja. 


4. Meningkatkan Penyerapan Skincare

Eksfoliasi membantu kulit menyerap produk perawatan dengan lebih baik.

Seperti yang disajikan di awal, skincaremu tidak bekerja mungkin karena kamu kurang eksfoliasi. Setelah eksfoliasi, kulit akan menjadi lebih bersih dan siap dalam menerima produk perawatan kulit. Efektivitas kulit dalam menyerap produk seperti serum, masker wajah, hingga pelembab akan lebih meningkat. 


5. Menghaluskan Tekstur Kulit

Eksfoliasi berguna untuk meratakan tekstur kulit | copyright freepik

Kulit wajah yang kasar atau chicken skin adalah mimpi buruk. Hal ini muncul karena adanya penumpukan sel kulit mati dan masalah kulit lainnya. Eksfoliasi dapat membantu menghaluskan tekstur kulit agar lebih lembut, halus, dan tampak plumpy. 


6. Meratakan Warna Kulit

Eksfoliasi bermanfaat untuk meratakan tekstur kulit | copyright freepik

Eksfoliasi membantu mengatasi hiperpigmentasi, bintik hitam, dan bekas jerawat. Proses ini mampu membantu meratakan warna kulit agar lebih merata.  


7. Membantu Mengurangi Tanda Penuaan

Eksfoliasi dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan | copyright freepik

Garis halus dan keriput adalah tanda penuaan yang dapat sedikit dipudarkan melalui eksfoliasi. Kenapa bisa terjadi? Lewat eksfoliasi akan tumbuh regenerasi sel dan produksi kolagen yang mampu membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut. Hasilnya setelah eksfoliasi, kulit akan cenderung lebih elastis dan kencang. 


8. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Eksfoliasi dapat meningkatkan aliran darah | copyright freepik

Eksfoliasi fisik menggunakan pad lembut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang memberikan nutrisi dan oksigen masuk ke kulit. Kulitpun akan tampak lebih sehat dan bercahaya alami. 

Eksfoliasi yang ruti dan tepat akan menghasilkan kulit sehat maksimal. Namun, perlu diingat bahwa cukup lakukan 1-2 kali saja seminggu. Jika terlalu sering, akan ada indikasi lain pada kulit yang bisa mengarah ke iritasi. Kenali jenis dan kebutuhan kulitmu untuk hasil terbaik ya. 


9. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Ilustrasi Wajah bebas Jerawat Credit: pexels.com/Anne

Eksfoliasi membantu merangsang produksi kolagen dengan mengangkat lapisan sel kulit mati. Peningkatan produksi kolagen ini dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus, membuat kulit terlihat lebih kencang dan muda.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya