Siasat BUMN Holding Asuransi Ramai-ramai Ajak Sadar Jaga Kelestarian Lingkungan

Sebagai salah satu destinasi wisata alam pendakian yang populer di Indonesia, Gunung Rinjani terus mengalami kenaikan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan internasional.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 16 Sep 2024, 19:51 WIB
BUMN holding asuransi termasuk PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menegaskan komitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta mendorong gaya hidup sehat melalui wisata alam terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Banyak perusahaan terus menegaskan komitmen mereka pada keberlanjutan lingkungan. Seperti BUMN holding asuransi termasuk PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menegaskan komitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta mendorong gaya hidup sehat melalui wisata alam terbuka.

Corporate Secretary IFG Life, Gatot Haryadi, mengatakan bahwa kali ini IFG Life bersama dengan Geopark Rinjani Lombok dan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) melaksanakan kampanye “Rinjani Zero Waste Mountain Camp 2024” untuk membangun kesadaran menjaga kelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon dan kampanye pendakian bebas sampah.

“Gaya hidup sehat ini menjadi kurang bermakna apabila dalam praktiknya meninggalkan banyak sampah. Di kegiatan kali ini, kami melakukan kampanye pendakian bebas sampah, penanaman pohon dan juga berhasil mengumpulkan dan membawa turun sebanyak 89 kg sampah dari Gunung Rinjani,” ujar Gatot dalam keterangan resminya, Senin (16/9/2024).

Sebagai salah satu destinasi wisata alam pendakian yang populer di Indonesia, Gunung Rinjani terus mengalami kenaikan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan internasional.

Sepanjang 2023, kawasan TNGR menerima sebanyak 140.000 kunjungan pendakian. Namun, peningkatan kunjungan ini juga diikuti dengan meningkatnya jumlah sampah di Gunung Rinjani. Hal ini sangat disayangkan karena selain merusak keindahan alam juga mengancam kelestarian lingkungan.

Sebagai informasi, gerakan Rinjani Zero Waste Mountain Camp 2024 fokus pada praktik pendakian bebas sampah di Kawasan TNGR.

Kegiatan ini didukung oleh IFG, BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi, beserta beberapa anggota holding lainnya yaitu PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja (Jasa Raharja), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), dan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth).

Dia menuturkan jika para peserta yang mengikuti kegiatan juga ini mendapatkan edukasi dan pelatihan tentang pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab juga bagaimana mengimplementasikan konsep zero waste selama pendakian.

"Kami berharap dapat berkontribusi menciptakan generasi pendaki yang lebih bertanggung jawab dan mendukung pariwisata berkelanjutan di kawasan TNGR. Tak lupa, seluruh pendaki pada Rinjani Zero Waste Mountain Camp ini telah dilindungi oleh IFG LifeSAVER agar mereka dapat mendaki Gunung Rinjani tanpa rasa was-was,” papar Gatot.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya