KAI Logistik Perkuat Bisnis Pengiriman Kendaraan Bermotor

KAI Logistik secara aktif memperluas sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas dan organisasi seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI).

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 16 Sep 2024, 21:54 WIB
Petugas menata sepeda motor sebelum dikirim menggunakan kereta di Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik (Kalog) menyediakan 9.280 kuota pengiriman sepeda motor gratis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta KAI Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus memperkuat posisinya dalam industri logistik Indonesia, terutama di segmen ritel.

Melalui layanan KALOG Express, KAI Logistik secara aktif memperluas sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas dan organisasi seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI).

IMI merupakan asosiasi yang menaungi olahraga dan mobilitas bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, di Indonesia dan terafiliasi dengan Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Kerja sama strategis ini telah berlangsung sejak tahun 2021.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyatakan, IMI memiliki peran yang sangat penting sebagai satu-satunya induk asosiasi otomotif nasional di Indonesia.

"Selain mendukung industri otomotif dalam berbagai bidang seperti olahraga, pariwisata, sosial, dan lingkungan, IMI juga berperan dalam peningkatan ekonomi dan menjadi mitra strategis bagi pemerintah. Sejak 2021, KAI Logistik telah bekerja sama dengan IMI dalam pengiriman sepeda motor dengan tarif khusus bagi seluruh anggotanya," katanya, Senin (16/9/2024).

Tarif Khusus

Fredi juga menjelaskan bahwa mobilitas tinggi IMI sebagai organisasi, termasuk dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan, membuat KAI Logistik berusaha memberikan dukungan lebih.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah memberikan tarif khusus pengiriman barang bagi seluruh anggota IMI. Penawaran ini melengkapi program sebelumnya yang menyediakan tarif khusus untuk pengiriman sepeda motor, termasuk motor sport dan moge (motor gede dengan kapasitas di atas 500CC).

Kini, seluruh anggota IMI dapat menikmati harga khusus untuk pengiriman paket tanpa batasan minimum berat. Anggota IMI dapat memanfaatkan layanan ini baik untuk keperluan operasional yang mendukung logistik acara IMI maupun untuk kebutuhan pribadi sehari-hari.

 


Layani 171 Titik

Pekerja menata sepeda motor yang akan dikirim melalui jasa pengiriman kereta api di Stasiun Jakarta Gudang, Rabu (16/7). PT KAI menyediakan 35 gerbong guna angkutan motor gratis lebaran tahun 2016. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Layanan pengiriman dengan tarif khusus ini tersedia bagi seluruh anggota IMI untuk pengiriman ke seluruh area jaringan KAI Logistik melalui 171 titik service point yang mencakup wilayah Jawa, Bali, Sumatra, dan Kalimantan.

Untuk mendapatkan harga khusus, anggota IMI hanya perlu mendatangi service point terdekat dan menunjukkan kartu keanggotaan mereka.

Melalui kolaborasi ini, anggota IMI bisa mengelola kebutuhan logistiknya melalui KALOG Express, yang menawarkan berbagai keunggulan, termasuk operasional pengiriman setiap hari, bahkan pada hari Minggu.

Dengan jaringan layanan yang luas, akses mudah di 171 service point, serta layanan digital melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, pelanggan dapat melakukan pengecekan tarif, menemukan lokasi outlet, melacak pengiriman secara real-time, dan memanfaatkan pembayaran nontunai di service point. Pengiriman cepat, seperti layanan Jakarta-Ketapang dalam 24 jam, juga menjadi salah satu kelebihan yang dihadirkan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya