Sedang Asyik Dipijat, Warga Manado Terkejut Rumahnya Dilalap Api

Sayangnya, saat itu, empat unit rumah sudah hangus terbakar, dan api masih menyala di sisa-sisa material yang terbakar. Proses pemadaman selesai sekitar pukul 09.20 Wita.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 17 Sep 2024, 23:00 WIB
Kebakaran terjadi di Kelurahan Banjer, Lingkungan 7, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Sulut, pada Senin (16/9/2024) pagi.

Liputan6.com, Manado - Kebakaran terjadi di Kelurahan Banjer, Lingkungan 7, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Sulut, pada Senin (16/9/2024) pagi, sekitar pukul 07.10 Wita. Sebanyak 4 rumah warga hangus dilalap api.

Kebakaran ini menghanguskan empat unit rumah semi permanen, namun tidak ada korban dalam jiwa dalam kejadian ini. Kerugian material masih dalam proses perhitungan dan belum dapat dipastikan,” ungkap Kapolsek Tikala Iptu Herry Apryanto.

Peristiwa kebakaran ini bermula dari rumah kosong milik Keluarga Bobby Tangahu, yang saat itu tidak menetap. Warga setempat, Rahmat Kaluku, mengatakan bahwa ia melihat api mulai membakar rumah tersebut sekitar pukul 07.10 Wita.

Meskipun berusaha memadamkan api dengan bantuan warga, upaya tersebut terhambat oleh keterbatasan peralatan yang dimiliki. Lima unit pemadam kebakaran dari Pemkot Manado tiba di lokasi sekitar pukul 07.45 Wita.

Sayangnya, saat itu, empat unit rumah sudah hangus terbakar, dan api masih menyala di sisa-sisa material yang terbakar. Proses pemadaman selesai sekitar pukul 09.20 Wita.

“Kami akan terus mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi untuk mengungkap lebih lanjut mengenai kejadian ini,” ujar AKP Herry Apryanto.

Peristiwa kebakaran juga terjadi di Kelurahan Maasing, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulut, Senin (16/9/2024), sekitar pukul 00.05 Wita.

Kebakaran ini mengakibatkan kerugian yang diperkirakan mencapai Rp100 juta, dan menimpa dua keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Menurut keterangan saksi, Iriani Lashari (50), saat kejadian ia sedang dipijat di lantai satu ketika tiba-tiba listrik padam. Ia mendengar teriakan  terjadi kebakaran, dan segera keluar untuk melihat kondisi rumahnya. Dia terkejut mendapati lantai dua rumahnya sudah dilalap api.

Saksi lain, Sukri Usman (47 tahun), yang sedang berjualan di Jalan Boulevard 2 , juga melihat api berkobar dari lantai dua rumah Iriani.

“Bersama warga sekitar, kami berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” ujarnya.

Penyebab sementara kebakaran diduga akibat arus pendek listrik di lantai dua, dan tidak ada aktivitas yang terjadi di sana sebelum kejadian.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya