Inkigayo Tambahkan Platform Musik Global ke Kriteria Penilaian

Pengaruh Kpop berkembang membuat kriteria penilaian yang tadinya hanya berkutat pada layanan musik domestik, kini diperluas hingga kancah global. Seperti diketahui, proporsi mendengarkan musik Kpop melalui berbagai platform global telah meningkat secara signifikan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 18 Sep 2024, 15:00 WIB
Aespa dalam acara Inkigayo. (Twitter/ kpop_sbs)

Liputan6.com, Yogyakarta - Program acara musik Korea Selatan, Inkigayo, membuat sedikit perubahan untuk kriteria penilaian mereka. Acara yang disiarkan oleh SBS ini bakal menambahkan platform musik global sebagai bagian dari kriteria penilaian.

Mengutip dari SBS, tambahan kriteria penilaian baru ini bakal dimulai pada Oktober 2024. Adapun platform musik global yang dimaksud adalah Spotify, Apple Music, dan lainnya.

"Kami berencana untuk menambahkan data agregat dari banyak platform musik global. Melalui ini, kami ingin meningkatkan ke bagan yang lebih realistis dan komprehensif," kata SBS melalui pemberitahun resmi tentang perubahan metode perhitungan grafik populer.

Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa standar agregasi grafik Inkigayo akan diubah mulai kuartal keempat 2024. Perubahan ini merespons situasi industri musik Kpop saat ini yang secara bertahap menjadi lebih beragam dalam cara mengonsumsi musik.

Pengaruh Kpop berkembang membuat kriteria penilaian yang tadinya hanya berkutat pada layanan musik domestik, kini diperluas hingga kancah global. Seperti diketahui, proporsi mendengarkan musik Kpop melalui berbagai platform global telah meningkat secara signifikan.

Menyadari bahwa ada batasan pada metode agregasi yang ada untuk mencerminkan tren konsumsi Kpop yang berubah, Inkigayo pun berencana untuk menambahkan data agregat dari banyak platform musik global. Bahkan setelah itu, lebih banyak orang bersimpati dengan grafik Inkigayo. Pihak Inkigayo SBS akan terus bekerja keras untuk menjadi bagan yang dikenal lebih luas.

Perubahan ini dijadwalkan untuk diterapkan dari siaran 6 Oktober 2024. Singkatnya, perubahan itu berkutat pada refleksi tambahan dari data agregat platform musik global dalam skor musik online dan perubahan rasio refleksi dari skor grafik populer.

Adapun penghitungan yang akan berlaku adalah 50 persen dari sumber musik, 20 persen dari SNS, 10 persen dari album, 10 persen dari on air, lima persen dari voting awal, dan 50 persen dari voting real time. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah standar agregasi grafik masih sama seperti sebelumnya.

Selain itu, total dua lagu per artis akan dihitung, sumber musik OST dikecualikan dari agregasi peringkat, sumber musik dalam program siaran (audisi, program hiburan, dan lainnya) dikecualikan, sumber musik yang dinilai tidak memenuhi syarat untuk dipertimbangkan oleh SBS dikecualikan dari peringkat.

Sumber musik yang memenangkan tempat pertama total tiga kali dan akan dilantik ke dalam Hall of Fame di tangga lagu populer akan dikecualikan dari grafik setelah itu. Perubahan penilaian Inkigayo ini bakal mulai diterapkan pada Oktober 2024.

 

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya