Jarang Cuci AC Bisa Bikin Sakit, Simak Solusinya

AC yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

oleh Tim Regional diperbarui 17 Sep 2024, 18:01 WIB
Ilustrasi membersihkan AC di rumah. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Cuci AC dengan uap bisa jadi solusi terbaik yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Udara jadi lebih sehat dan bebas dari sumber penyakit. 

Mencuci AC seharusnya dilakukan secara rutin dalam tiga bulan sekali, namun masih banyak orang yang tidak peduli soal kebersihan AC. Padahal AC yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Air Conditioning (AC) yang kita pakai setiap hari itu ibarat spons raksasa yang menyerap semua debu, kotoran, bahkan kuman di ruangan. Nah, kalau kotoran-kotoran ini menumpuk terus, lama-lama AC jadi tempat berkembang biak bakteri, jamur, dan tungau. Udara yang keluar dari AC yang kotor ini tentu saja enggak sehat buat kita. 

Apa Aja Sih Penyakit yang Bisa Muncul?

Alergi: Debu dan kotoran yang menempel di AC bisa memicu alergi, seperti bersin-bersin, hidung meler, dan mata gatal.

Asma: Bagi penderita asma, menghirup udara kotor dari AC bisa memperparah kondisi dan memicu serangan asma.

Infeksi Saluran Pernapasan: Bakteri dan virus yang berkembang biak di AC bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan, seperti flu atau bronkitis.

Penyakit Kulit: Kotoran dan bakteri di AC juga bisa menyebabkan iritasi kulit, jerawat, bahkan infeksi kulit serius, terutama bagi yang punya kulit sensitif.

Penyakit Legionnaires: Penyakit ini mirip pneumonia tetapi di tingkat yang lebih parah. Gejalanya ditandai dengan demam tinggi dan juga batuk, serta diikuti oleh sakit kepala, rasa lelah, dan nyeri tubuh.

 


Cuci AC dengan Uap dan Filter Antivirus

Untuk menghindari risiko penyakit di atas, kita perlu rajin-rajin membersihkan AC. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mencuci AC menggunakan Uap.  Kenapa? Karena uap memiliki suhu yang tinggi dan tekanan yang kuat sehingga mampu membunuh kuman dan bakteri secara menyeluruh, serta dapat membersihkan kotoran dan kuman yang menempel bahkan di sudut-sudut yang sulit dijangkau.

Kita juga bisa menambahkan filter Antivirus pada AC, filter ini mengandung teknologi nano yang efektif membunuh 99% virus, bakteri, dan debu halus.  Sehingga AC bisa menjadi Air Purifier yang bisa menyaring udara agar lebih bersih dan sehat. 

Cuci Uap AC mungkin terdengar kurang familiar di Indonesia, karena belum ada yang menyediakan layanan tersebut. Hal inilah yang menjadi peluang bagi Jimmy Sianipar selaku Founder Simply Cool AC, untuk menghadirkan layanan cuci Uap AC di Indonesia dengan menggunakan teknologi dari Singapura. 

Simply Cool AC menjadi pionir cuci uap AC sejak 2018, bahkan sampai saat ini Simply Cool AC merupakan satu-satunya jasa cuci AC yang menggunakan Uap di Indonesia. Layanan Simply Cool AC tersedia di daerah Jadetabek dan Surabaya, dengan 16 armada mobil yang selalu beroperasi setiap harinya. Selama 6 tahun, sudah banyak langganan dari kalangan artis, influencer bahkan pemilik perusahaan yang mempercayakan layanan AC dengan Simply Cool.

Jimmy mengungkapkan bahwa metode cuci uap bisa menjadi solusi yang cocok untuk pemukiman di kota-kota besar. “Cuci Uap bisa mendesinfeksi ac yang ada di rumah, apartemen, dan kantor-kantor.  Layanan ini cocok untuk perumahan atau perkantoran yang ada di perkotaan besar, akibat polusi udara seperti di jakarta dan sekitarnya.” (8/11/24)

Dia juga mengatakan, hal terpenting dalam bidang jasa pelayanan adalah keahlian dan profesionalisme dalam pelayanannya. “Kita ada pelatihan khususnya untuk teknisi, dan review mingguan supaya kinerja tim kita semakin baik dan kompak,” kata Jimmy.


Mengapa Memilih Cuci AC Uap dari Simply Cool AC?

Simply Cool AC menyediakan layanan cuci AC lengkap dengan berbagai jenis AC, mulai dari AC Split Wall, Central, Cassette, dan Split Duck dengan teknisi yang berkualitas dan profesional. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

Layanan terlengkap: Cuci Uap, Cuci Disinfektan, Cuci Foam, Overhaul, Cuci Kinclong, Filter Antivirus, Top up Freon, Bongkar pasang AC, Fogging, dan Service AC. 

Teknologi canggih: Menggunakan mesin cuci AC uap berteknologi tinggi yang mampu membersihkan AC secara menyeluruh dan higienis.

Teknisi berpengalaman: Dikerjakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman dan terlatih sehingga hasil akhir dijamin memuaskan.

Garansi layanan: Menyediakan garansi layanan untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan.

Cuci AC dengan uap adalah solusi terbaik untuk membunuh kuman dan bakteri. Jangan sampai AC yang seharusnya memberikan kesejukan malah jadi sumber penyakit. Rutinlah membersihkan AC, terutama saat musim penghujan atau setelah penggunaan yang intens. Jangan tunda lagi untuk merawat AC kamu, karena AC yang bersih bisa membuat kita terhindar dari berbagai penyakit.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya