Bukti Komitmen PERURI Majukan UMKM ke Kancah Global

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III diikuti oleh UMKM dari berbagai sektor, yaitu Fashion, Craft, Wellness, Food, dan Commodity.

oleh Tim Regional diperbarui 18 Sep 2024, 03:52 WIB
Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III diikuti oleh UMKM dari berbagai sektor, yaitu Fashion, Craft, Wellness, Food, dan Commodity.

Liputan6.com, Bandung - Berkomitmen dalam mendukung kemajuan UMKM menjadi perusahaan yang kompetitif di kancah global, PERURI menghadirkan program Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III, sebuah program pendampingan dan inkubasi bagi UMKM yang berfokus mendorong keberhasilan UMKM menembus pasar global. PERURI membuka program ini pada Jumat (13/9) di Ballroom Hotel Yello Paskal, Bandung. Acara ini dihadiri oleh 25 pelaku UMKM terpilih yang siap mengikuti rangkaian pelatihan dan pendampingan intensif selama 3 bulan.

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III merupakan program berkelanjutan PERURI yang fokus pada pengembangan UMKM, dari yang sebelumnya telah dilaksanakan sejak 2022. Pada tahun pertama, fokus program ini untuk mengenalkan teknologi digital misalnya pemanfaatan media sosial, e-commerce atau marketplace, dan website, sehingga meningkatkan kemahiran UMKM dalam menggunakan teknologi digital (go online).

Pada tahun kedua, program ini fokus pada penerapan teknologi digital salah satunya penggunaan Peruri SHIELD (tanda tangan digital, stempel digital, e-meterai dan e-invoice) untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas UMKM agar bisa bersaing di era digitalisasi (go digital).

Sedangkan pada tahun ini, Peruri Digital Entrepreneur Academy fokus pada peningkatan keterampilan dan manajemen untuk ekspansi ke pasar internasional, seperti cara menggunakan platform e-commerce global untuk memperluas jangkauan pasar mereka (go global).

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III diikuti oleh UMKM dari berbagai sektor, yaitu Fashion, Craft, Wellness, Food, dan Commodity. Tahun ini PERURI semakin berkomitmen dalam memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai strategi ekspor, akses pasar global, serta peluang untuk terhubung dengan berbagai koneksi bisnis internasional. Peserta UMKM juga akan mendapatkan kesempatan berharga untuk berpartisipasi dalam Pameran Internasional, yang memberikan peluang bagi UMKM untuk memamerkan produk mereka di hadapan pembeli global.

Dalam sambutannya, Ratih Sukma, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL menjelaskan pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

“UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama di pasar global. Kami percaya bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, UMKM mampu beradaptasi dengan tuntutan pasar global dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Ratih.

Peruri Digital Entrepeneur Academy Level III bertujuan untuk memperkuat kapabilitas UMKM di Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar global. Program ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya