Bukan Cuma Mengurangi Stres, Ini 5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatanmu

Bangun pagi memiliki manfaat bagi tubuh, baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental seperti meningkatkan kognitif, mengindari insomnia, hingga memberikan waktu untuk sarapan dan berolahraga.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 23 Sep 2024, 08:04 WIB
Ilustrasi bangun pagi, pagi hari. (Photo by Rendy Novantino on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tipe orang yang selalu bangun pagi? Atau bahkan Anda adalah seseorang yang sedang membiasakan diri untuk bangun pagi?

Tahukah Anda bangun pagi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Meskipun tidak seperti makanan atau minuman yang dapat kita ketahui khasiatnya, bangun pagi secara signifikan mampu membantu tubuh untuk siap menjalani hari yang baru.

Orang-orang yang dikategorikan masuk ke golongan bangun pagi adalah mereka yang bangun pada pukul 04.30 atau 05.00, kemudian mulai melanjutkan aktivitasnya dan beranjak untuk tidak melanjutkan tidurnya. Hal ini yang membuat diri Anda jauh lebih produktif dibandingkan dengan mereka yang bangun kesiangan. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi manfaat dari bangun pagi seperti yang dilansir dari eachnight, Senin (26/08/2024) berikut ini

1. Meningkatkan Kognitif

Bangun pagi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kognitif yang berkaitan dengan cara kerja otak manusia. Orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung lebih waspada dan berkonsentrasi. Dibandingkan dengan orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih sulit berkonsentrasi dan berpikir serta mengalami penurunan daya ingat.

Bangun pagi memberikan banyak manfaat bagi aktivitas dan pekerjaan Anda. Anda akan lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan serta memiliki keterampilan memecahkan masalah dengan baik. Sehingga,  Anda akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pekerjaan yang Anda lakukan.


2. Menghindari Insomnia

Ilustrasi Insomnia/https://unsplash.com/Alexandra Gorn

Orang yang bangun pagi pasti memiliki pola tidur yang teratur. Mereka yang memiliki pola tidur teratur tidak akan mudah mengantuk saat siang hari. Sebaliknya, mereka yang suka bergadang di malam hari cenderung mudah mengantuk dan mengalami pola tidur yang tidak baik (insomnia) serta mudah lelah.

Manfaat bagun pagi berkaitan dengan menjaga pola tidur juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika Anda memiliki pola tidur yang teratur, secara tidak langsung Anda telah membantu tubuh meningkatkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidur teratur juga mempengaruhi kesehatan kognitif dan kesehatan mental seseorang seperti suasana hati menjadi lebih baik.


3. Memiliki Waktu Sarapan

Ilustrasi sarapan, makan pagi. (Photo by Jonas Jacobsson on Unsplash)

Bangun tidur kesiangan saat hendak memulai aktivitas adalah masalah bagi sebagian orang. Orang-orang akan cenderung terburu-buru untuk melakukan segala aktivitas terutama saat berangkat bekerja. Hal yang paling sering dilewatkan oleh sebagian orang adalah melakukan sarapan. Mereka yang tidak sempat melakukan sarapan akan memberikan asupan di perut yang kurang sehat.

Berbeda ketika Anda bangun pagi, akan lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sebelum berangkat beraktivitas atau bekerja. Anda akan punya banyak waktu untuk memasak dan memakan makanan yang sehat sebagai sumber energi untuk seharian beraktivitas dibandingkan bangun kesiangan dengan memakan cemilan yang kurang sehat. Selain itu, sarapan sehat pada pagi hari meminimalisir kenaikan berat badan atau obesitas.


4. Memiliki Waktu Olahraga

Ilustrasi olahraga, pagi hari, joging. (Photo by Arek Adeoye on Unsplash)

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi hari, maka Anda akan memiliki waktu lebih banyak berolahraga. Olahraga pagi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Kemungkinan, tubuh Anda mengalami kelelahan akan lebih sedikit.

Olahraga pada pagi hari memberikan kesehatan bagi fisik dan mental Anda. Bagi kesehatan fisik olahraga pagi akan mengurangi resiko penyakit jantung, mengatur gula darah, mengendalikan berat badan dan sebaginya. Sedangkan, untuk kesehatan mental Anda akan memperoleh suasana hati yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan kognitif seperti daya ingat.


5. Mengurangi Stres

Ilustrasi tenang, kalem, inspirasi. (Photo by Dingzeyu Li on Unsplash)

Bangun pagi memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Anda memiliki banyak waktu untuk sarapan, berolahraga, bahkan berangkat ke kantor, sekolah, atau kampus lebih pagi. Hal-hal semacam ini biasanya yang menyebabkan perubahan suasana hati bila yang dialami tidak seperti yang diharapkan.

Jika Anda berangkat lebih pagi, besar kemungkinan Anda akan terhindar dari kemacetan yang dapat membuat suasana hati tidak baik. Kecil kemungkinan juga bagi Anda akan datang terlambat sampai ke tempat tujuan bekerja atau sekolah. Sehingga, dengan bangun pagi Anda akan lebih siap untuk memulai aktivitas dan menghindari stres karena faktor keterlambatan dan lainnya.

Kala insomnia menyerang, bukan hanya kualitas hidup anda yang terganggu. Aktivitas sehar-hari pun dapat berantakan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya