Disnakertransgi DKI: Perusahaan Animasi di Jakpus Terbukti Lakukan Pidana terkait Ketenagakerjaan

Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta merespons dugaan kekerasan yang terjadi di PT Brandonville Studios Makmur. Hasil pemeriksaan, diduga pihak perusahaan antara lain tidak membayar upah lembur karyawan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 17 Sep 2024, 14:40 WIB
Polisi memburu bos salah satu perusahaan animasi di Jakarta buntut dugaan sewenang-wenang terhadap mantan karyawannya. (Dok: Polres Jakpus).

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan animasi PT Brandonville Studios Makmur terbukti melanggar Undang-undang Ketenagakerjaan. Temuan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi (Disnakertransgi) DKI Jakarta, Hari Nugroho usai berkoordinasi dengan kepolisian.

"Dalam hal ini perusahaan terbukti melakukan pelanggaran pidana terkait ketenagakerjaan," kata Hari dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2024).

Hari mengatakan, Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta merespons dugaan kekerasan yang terjadi di PT Brandonville Studios Makmur. Hasil pemeriksaan, diduga pihak perusahaan antara lain tidak membayar upah lembur karyawan.

Terkait hal ini, Tim PPNS Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta akan menindaklanjuti ke tingkat penyidikan. Dalam hal ini, Tim PPNS Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta turut menggandeng penyidik Polda Metro Jaya dalam melakukan proses penyidikan.

"Sebagaimana diatur dalam ketentuan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 33 Tahun 2016 yang telah diubah oleh Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2020 bahwa Tindakan Represif Pro Justitia dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui tahapan pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan apabila perusahaan melakukan pelanggaran di bidang ketenagakerjaan yang menjadi perhatian masyarakat luas," ujar dia.

Sementara Itu, berdasarkan pemeriksaan data di website kementerian Ketenagakerjaan perusahaan tersebut telah melaporkan kondisi ketenagakerjaan terakhir pada 12 Juli 2024 atas nama PT. Brandonville Studios Makmur.

 


Tindakan Sewenang-wenang

Selain itu, Hari menambahkan ditemukan juga nama perusahaan yang mirip namun lokasinya berada di daerah Jakarta Selatan.

"Terkait dengan temuan tersebut, akan dikonfirmasi kembali oleh Pengawas Ketenagakerjaan," ucap dia.

Seorang mantan karyawan membongkar tindakan sewenang-wenang bos dari salah satu perusahaan animasi di Jakarta. Polisi pun turun tangan melakukan penyelidikan.

Mantan karyawan inisial CS membuat utas di akun media sosial twitter alias X terkait hal yang dialami selama bekerja di perusahaan animasi kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Hal tak mengenakan itupun turut dialami karyawan lain yang bekerja di sana.

 


Diduga Alami Kekerasan Fisik

Diceritakan, karyawan perusahaan menerima kekerasan baik fisik maupun verbal dari pemilik perusahaan. CS juga bercerita dieksploitasi hingga harus pulang larut malam. Padahal, saat itu kondisinya sedang hamil.

Tak cuma itu, korban sempat dimarahi karena sempat tidak masuk kerja. Bahkan, malah terkena hukuman berupa naik-turun tangga sebanyak 45 kali di malam hari. Selain itu, korban juga dihukum menampar diri sendiri sampai 100 kali. Kasus ini sedang diusut Polres Metro Jakarta Pusat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya