Apple Siapkan Chipset 2nm untuk iPhone 17 Pro, Tanda bakal Rilis 2025?

Apple dikabarkan akan menggunakan chipset 2nm buatan TSMC di iPhone 17 Pro, meski proses produksi masih menghadapi tantangan. Chipset ini akan memberikan kinerja dan efisiensi daya yang jauh lebih baik, dengan rencana peluncuran pada 2025.

oleh Yuslianson diperbarui 18 Sep 2024, 10:30 WIB
Apple Bakal Luncurkan iPhone, MacBook Pro, dan Apple Watch dengan Desain Super Tipis! (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut berencana untuk menyematkan chipset 2nm buatan TSMC pada iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max, yang dirumorkan akan dirilis pada 2025.

Chipset ini akan menjadi pertama menggunakan arsitektur 2nm, sebuah lompatan besar dalam efisiensi dan performa dibandingkan teknologi sebelumnya.

Namun, meskipun ambisius, TSMC menghadapi sejumlah kendala dalam proses produksinya. Meski begitu, raksasa pembuat chip ini telah mulai uji produksi pada kuartal ketiga 2024, lebih cepat dari jadwal awal.

Dengan seluruh pesanan chipset 2nm sudah diborong oleh Apple, diharapkan pabrikan chipset asal Taiwan tersebut dapat memenuhi kebutuhan tepat waktu.

Dengan perkembangan ini, Apple tetap memimpin di depan Samsung dalam hal invosi chipset. Apalagi, iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max kemungkinan akan menjadi perangkat pertama mengadopsi chipset 2nm ini.

Meskipun TSMC telah mendemonstrasikan kemampuan chipset baru mereka, perusahaan masih membutuhkan dukungan dari pemasok lain untuk mengemas chip ini ke dalam smartphone.

Ini menunjukkan betapa kompleksnya produksi teknologi mutakhir seperti ini. Dengan semua persiapan tersebut, para penggemar Apple di seluruh dunia berharap iPhone 17 Pro dapat membawa pengalaman baru yang revolusioner di 2025.

 


RAM 12GB bakal Eksklusif untuk iPhone 17 Pro Max

CEO Apple Tim Cook meluncurkan iPhone 13 baru selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California (14/9/2021). Apple resmi meluncurkan iPhone terbarunya dalam acara bertajuk

Sebelumnya, rumor menyebutkan seluruh model iPhone 17 bakal menggunakan RAM 12GB ketimbang 8GB seperti di lini iPhone 16.

Terkini, analis ternama Ming-Chi Kuo mengungkap informasi baru dan mengklarifikasi beberapa bocoran iPhone 17 series yang bakal diungkap Apple tahun depan.

Mengutip laporan Ming-Chi Kuo via GSM Arena, Jumat (30/8/2024), hanya iPhone 17 Pro Max menggunakkan RAM 12GB. Sedangkan model iPhone 17, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Slim menggunakan 8GB.

Peningkatan RAM ini mengindikasikan fokus Apple pada kemampuan AI di perangkat, khususnya pada model Pro Max.

Selain itu, iPhone 17 Pro Max juga dikabarkan akan dilengkapi dengan sistem pendingin canggih menggabungkan vapor chamber dan lembaran grafit, memastikan performa optimal saat menjalankan tugas berat.

Strategi ini sejalan dengan posisi Pro Max sebagai model terlaris dan penyumbang pendapatan terbesar bagi Apple.

Dengan memberikan spesifikasi terbaik pada Pro Max, Apple tampaknya ingin memperkuat diferensiasi produk dan menarik konsumen menginginkan performa terbaik.


Tahun Depan bakal Ada iPhone 17 Air

Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Tokoh yang biasa mengungkap berbagai bocoran tentang teknologi, Mark Gurman dari Bloomberg, membagikan sejumlah tinjauannya tentang lini iPhone yang akan datang.

Dalam newsletter bertajuk "Power On", Gurman menggarisbawahi adanya pergeseran desain dan strategi brand Apple.

Bukannya iPhone 16, laporan Mark Gurman itu mengungkapkan soal iPhone 17 yang akan hadir dengan sejumlah perubahan.

Kabarnya, iPhone 17 sendiri dikabarkan akan hadir dengan desain ramping dan sangat tipis, disebut-sebut akan ada iPhone 17 Air. 


Kamera Selfie iPhone 17 Series bakal Naik Kelas

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus resmi diperkenalkan Apple dalam event yang disiarkan secara langsung. (Dok: Apple)

Lebih lanjut, iPhone 17 series akan mendapatkan peningkatan besar di sisi kamera selfie-nya. Saat ini, Apple memasang kamera depan 12MP di lini iPhone 15 series.

Peningkatan kamera selfie di lini iPhone 17 sendiri diungkap oleh analis Apple terkenal, yakni Jeff Pu. Dia membagikan laporan dari catatan bank investasi Haitong.

Mengutip laporan Jeff Pu via GSM Arena, Selasa (6/8/2024), semua model HP iPhone 17 akan memiliki kamera depan 24MP dengan lensa 6P.

Pada Januari ini, analis populer Ming-Chi Kuo juga mengklaim seri iPhone 17 ini akan hadir dengan kamera selfie iPhone berkemampuan 24MP.

Sayangnya, Jeff Pu tidak mengungkap secara detail tentang sensor kamera belakang di iPhone 17 series dan spesifikasi yang akan dipasang ke dalam HP Apple.

Berhubung masih satu tahun lagi dirilis, besar kemungkinan rumor ini akan berubah menjelang HP Apple tersebut dirilis.

Akan tetapi, hingga saat ini beberapa sumber terpercaya mengklaim seluruh varian iPhone 17 akan hadir dengan kamera selfie 24MP.

Sementara itu, Ice Universe, leaker lain juga membocorkan informasi terkait dengan iPhoone 17 series ini di internet. Dia menyebutkan, iPhone 17 dan iPhone 17 Pro sama-sama menggunakan layar 6,27 inci.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya