Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia MMA 2024

Kejuaraan Dunia MMA 2024 dipastikan akan berlangsung di Indonesia pada Desember mendatang.

oleh Thomas diperbarui 18 Sep 2024, 07:00 WIB
Kejuraan Dunia MMA akan digelar di Indonesia pada Desember 2024

Liputan6.com, Jakarta- Global Association of Mix Martial Arts (GAMMA) resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia MMA 2024 (GAMMA World MMA Championship 2024), yang rencananya akan digelar pada 6-14 Desember 2024.

Kejuaraan Dunia MMA merupakan acara tahunan yang digelar GAMMA. Namun sejarah baru akan tercipta tahun ini di Indonesia. Untuk pertama kalinya atlet U-18 dan senior akan bertanding bersama dalam kompetisi gabungan.

Kejuaraan ini diselenggarakan oleh PB Pertacami (Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia) yang merupakan anggota GAMMA dari Indonesia; dan didukung oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Acara yang akan dipenuhi dengan kompetisi intens ini akan berlangsung selama tujuh hari dan bertempat di Dewa MMA Arena, Banten.

Kejuaraan Dunia MMA 2024 ini rencananya akan diikuti sekitar 500 atlet yang mewakili 80 negara anggota GAMMA. Ini bakal menjadikannya acara GAMMA terbesar hingga saat ini, setelah Kejuaraan Dunia 2023 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Jadwal kejuaraan dunia ini mencakup tiga hari pertandingan bagi atlet U-18, dan empat (4) hari pertandingan bagi atlet senior dengan kategori MMA dan Striking MMA, yang akan menampilkan bakat-bakat baru dan juga atlet-atlet berpengalaman.


Rangkaian Acara Kejuaraan Dunia MMA

Kejuraan Dunia MMA akan digelar di Indonesia pada Desember 2024

Selain kompetisi, penyelenggara juga menyiapkan upacara dan acara khusus untuk menyambut atlet MMA terbaik dunia yang akan diselenggarakan pada Selasa, 10 Desember 2024.

Presiden GAMMA Alexander Engelhardt mengungkapkan, “Kami sangat antusias untuk mengadakan Kejuaraan Dunia GAMMA untuk pertama kalinya di Indonesia. Indonesia telah menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang sangat baik bagi acara seni bela diri. Dengan kombinasi unik atlet U18 dan Senior yang bertanding bersama, kejuaraan tahun ini akan luar biasa.”


Jadwal Kegiatan GAMMA yang Padat di 2024

Tahun 2024 ini merupakan tahun yang sibuk bagi GAMMA yang telah mengadakan kompetisi di berbagai wilayah, termasuk di antaranya African Games di Ghana, Kejuaraan Pan Amerika di Argentina dan Kejuaraan Eropa di Slovakia. Kejuaraan MMA Dunia GAMMA 2024 di Indonesia ini akan menjadi penutup tahun yang membawa kegembiraan bagi semua.

“Dengan kebanggaan dan kehormatan yang besar, saya menyambut semua peserta Kejuaraan MMA Dunia GAMMA 2024 di Indonesia. Acara ini lebih dari sekadar kompetisi—ini adalah perayaan dari nilai-nilai yang mendefinisikan olahraga MMA. Saya secara pribadi ingin menyambut setiap orang yang hadir ke acara yang pastinya akan menjadi acara yang luar biasa ini," tutur Presiden PB Pertacami, Tommy Paulus Hermawan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya