Lafal Niat Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal Hari Kedua Rabu 18 September 2024

Bagi muslim yang ingin mengamalkan puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal hari kedua, berikut Liputan6.com bagikan panduannya lengkap dengan lafal niatnya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 18 Sep 2024, 00:30 WIB
Ilustrasi muslimah, Islami. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Rabu, 18 September 2024 adalah hari kedua pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal 1446 H yang bertepatan pada tanggal 14 bulan ke-3 dalam penanggalan kalender Hijriah tersebut. 

Sebagaimana diketahui, puasa Ayyamul Bidh adalah amalan yang dikerjakan pada pertengahan bulan Hijriah. Disebut Ayyamul Bidh karena amalan ini dilaksanakan pada hari yang malam-malamnya cerah. 

Hukum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah. Meskipun ditinggalkan tidak akan menjadi dosa, tapi sebaiknya diamalkan untuk mendulang pahala sebagai bekal di akhirat.

Tata cara pelaksanaannya tidak berbeda signifikan dengan puasa pada umumnya. Yakni diawali dengan niat, menahan perkara-perkara yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga waktu Maghrib, lalu berbuka.

Bagi muslim yang ingin mengamalkan puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal hari kedua, berikut Liputan6.com bagikan panduannya lengkap dengan lafal niatnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Niat Puasa Ayyamul Bidh

Ilustrasi Membaca Niat Puasa Credit: shutterstock.com

Berikut lafal niatnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.


Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Ilustrasi Melaksanan Puasa Ayyamul Bidh Credit: freepik.com

Bagi yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Demikian niat puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal 1446 H hari kedua pada Rabu, 17 September 2024 lengkap keutamaannya. Wallahu a’lam.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya