Kemenparekraf Pastikan MotoGP Mandalika 2024 Berjalan Sesuai Rencana dan Targetkan Penonton Wisman 15 Persen

Sandiaga Uno dengan tegas menepis kabar terkait MotoGP Mandalika 2024 yang terancam batal digelar akibat terkendala hosting fee sebesar Rp231 miliar.

oleh Henry diperbarui 18 Sep 2024, 09:02 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Selasa, 17 September 2024.  (Liputan6.com/Hemry)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen akan mendukung dan mensukseskan event MotoGP Mandalika 2024 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami diarahkan untuk mendukung dari segi promosi melalui Wonderful Indonesia bersama MotoGP," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Selasa, 17 September 2024.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno kembali menegaskan bahwa MotoGP Mandalika 2024 akan tetap diselenggarakan sesuai jadwal, yakni 27-29 September 2024. Pria yang akrab dispaa Sandi ini dengan tegas menepis kabar terkait MotoGP Mandalika 2024 yang terancam batal digelar akibat terkendala hosting fee sebesar Rp231 miliar.

"Pak Troy (Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka) sudah menyampaikan bahwa semuanya sudah sesuai rencana. Jadi, tidak perlu lebih diperpanjang polemiknya," ujar Sandi. Ia juga menegaskan bahwa Kemenparekraf tak terlibat dalam pembayaran hosting fee tahun ini usai sempat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Peran Kemenparekraf dalam pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika pada 2022 lalu sempat menjadi temuan BPK."Kita (Kemenparekraf) membayar hosting fee pada 2022 dan terjadi temuan oleh BPK karena tidak sesuai dengan tugas dan fungsi kami," ungkap Sandi.

"Jadi di MotoGP 2023 diubah menjadi aktivasi daripada Wonderful Indonesia. Itu sudah kita lakukan dan sekarang kita teruskan. Jadi saya tegaskan lagi, Kemenparekraf sekarang bertugas untuk mendukung promosi," sambungnya.

 


Mempercepat Kemajuan Pariwisata KEK Mandalika

Para rider di kelas AP250 menjelang balapan kedua dalam ARRC 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (28/7/2024). (Bola.com/Aryo Atmaja)

Menparekraf mengatakan, perhelatan MotoGP 2024 diyakini akan mempercepat kemajuan pariwisata KEK Mandalika, Kemenparekraf dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan penyelenggaraan internasional menjadi yang terbaik dari yang pernah ada di dunia.

"MotoGP sendiri sudah menjadi tugas dari kita semua untuk memastikan kelancarannya, dan menjadi garda terdepan adalah ITDC yang nanti akan terus mengembangkan MotoGP sebagai kegiatan yang dimiliki Indonesia," kata Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, pihaknya menargetkan terdapat sekitar 102 ribu pengunjung dapat hadir pada event bergengsi balap motor tersebut.

"Kalau dari kami pergerakan wisatawan itu total ada 100 ribu seperti tahun lalu, tetapi ada kenaikan mungkin 102 ribu, dimana 15 persen sampai 12 persen adalah wisatawan mancanegara," tuturnya.

Beberapa hari lalu, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Perser) atau InJourney melalui InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan MotoGP Mnadalika 2024 menargetkan kenaikan penonton dari tahun lalu. Pada 2023, penonton MotoGP mencapai 103 ribu orang, pada tahun ini jumlah penonton ditargetkan mencapai 110 ribu orang. 


Beragam Side Event di MotoGP Mandalika

Direktur Komersial ITDC Troy Reza Warokka dalam Press Conference Road to Pertamina GP of Indonesia di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024. (Foto: Tim bisnis)

Untuk itu, panitia menyiapkan sejumlah acara pendukung untuk memeriahkan gelaran. Dimulai dengan Riders Parade yang melibatkan 12 pembalap MotoGP ternama, seperti Marc Marquez, Jorge Martin, Pedro Acosta, Alex Rins, dan Mario Aji. Para pebalap akan menyapa dan berbagi keseruan dalam parade yang melintasi Kota Mataram pada 25 September 2024, pukul 16.00 WITA.

Tak sampai di situ, festival musik bertajuk Spririt of Indonesia hadir sebagai side event. Sejumlah artis dan musisi papan atas Indonesia telah dijadwalkan tampil. Pada hari pertama, festival akan diisi Lombok Ethno Fusion dan Pelita Groove. Hari berikutnya ada SLANK, Geisha, dan Ada Band. Pada hari terakhir, giliran GIGI, Ghea Youbi, dan DJ Yasmin yang tampil.

Menurut Chairman MotoGPTM 2024 Troy Warokka, event itu tidak hanya akan menampilkan balapan kelas dunia, tetapi juga berfungsi sebagai promosi besar bagi Indonesia sebagai destinasi olahraga dan pariwisata global. Pada minggu lalu, ia mengaku persiapan ajang tersebut sudah mencapai 80 persen.

"Kami menantikan kehadiran penggemar dari seluruh dunia dan berharap Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 menjadi momen sukses yang menonjol dalam kalender MotoGP," kata Troy dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Jumat, 13 September 2024.


Kontribusi Ekonomi MotoGP Mandalika

Penonton MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok, harus bersesakan untuk masuk trek hari Minggu (20/03/2022). (Hendry Wibowo/Bola.com)

Meningkatnya jumlah penonton dan kehadiran beragam side event di MotoGP Mandalika diharapkan meningkatkan kontribusi ekonomi dari event tersebut. Tahun lalu, dampak positif terhadap kenaikan PDB Nasional mencapai Rp4,3 triliun.

"Kami berharap ajang tahun ini bisa berlangsung dengan meriah dan sukses, sehingga dapat berkontribusi secara luas pada sektor pariwisata dan juga perekonomian Indonesia," kata Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.

Di sisi lain, Pelita Air mendukung gelaran tersebut dengan membuka rute penerbangan Jakarta - Lombok mulai 19 September 2024 untuk mengakomodasi para calon penonton dari luar Pulau Lombok Dalam rilis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Rabu, 11 September 2024, rute tersebut menjadi rute ke-14 yang dilayani Pelita Air.

Jadwalnya satu kali setiap hari dengan jam keberangkatan dari Jakarta pada pukul 06.30 WIB dan tiba di Lombok pada pukul 09.25 WITA. Sementara, waktu keberangkatan dari Lombok tersedia pada pukul 10.10 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 11.05 WIB.

 

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya