Rayakan 16 Tahun Berkarier, IU Beri Donasi 225 Juta Won

Saat ini, idol Kpop IU berada di bawah naungan EDAM Entertainment, sebuah agensi yang didirikan oleh manajer IU Bae Jong Han, yang telah mendampinginya sejak awal berkarier.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Sep 2024, 11:00 WIB
Aktris dan penyanyi Korea Selatan, Lee Ji-eun (IU), tersenyum dalam sebuah konferensi pers untuk film "Broker" di Seoul pada 31 Mei 2022. (Anthony Wallace/AFP)

Liputan6.com, Yogyakarta - Penyanyi solo Korea Selatan, IU, merayakan ulang tahun debutnya yang ke-16 pada 18 September 2024. Untuk merayakannya, IU telah menyiapkan hadiah dan acara spesial untuk penggemarnya yang dijuluki UAENA. Selain itu, ia juga mendonasikan sejumlah 225 juta won ke beberapa organisasi.

"Selama 16 tahun mengajariku betapa baiknya cinta itu. Dengan orang-orang seperti UAENA, melakukan hal-hal yang berarti dengan satu nama untuk bisa bersama. Menurutku itu adalah kebahagian terbesarku saat ini. Terima kasih. Aku mencintai kalian," tulis IU melalui media sosial X @_IUofficial.

Bersamaan dengan itu, IU mendonasikan sejumlah 225 juta won untuk merayakan debutnya tahun ini. Mengutip dari Sports Donga, agensi EDAM Entertainment mengatakan IU menyumbangkan total 225 juta won dengan nama IUAena yang merupakan kombinasi nama panggungnya dan nama penggemar resminya UAENA.

Donasi tersebut diberikan kepada Korean Children’s Incurable Disease Association, Milk Delivery for the Elderly, Hansarang Village, dan Hansarang Orphanage. Donasi ini merupakan bentuk membalas cinta dan dukungan yang telah ia terima dari para penggemarnya. IU pun terus menyumbang dengan nama IUAena setiap tahun pada ulang tahun debutnya.

Donasi tersebut selanjutnya akan digunakan di berbagai tempat yang membutuhkan bantuan, seperti untuk menyediakan biaya perawatan, pendidikan, konseling psikologis, dan persediaan medis untuk anak-anak dengan penyakit langka dan tidak dapat disembuhkan. Donasi tersebut juga akan digunakan untuk mengunjungi orang tua yang tinggal sendiri sebagai upaya mencegah kematian kesepian melalui donasi susu dan pengiriman ke rumah.

Melalui donasinya, IU juga mendukung biaya penggantian lift lama di fasilitas untuk penyandang cacat berat, mendukung biaya menciptakan lingkungan yang nyaman di rumah bayi, dan mendukung biaya perawatan rehabilitasi.

Sebagai informasi, IU lahir pada 16 Mei 1993. Pemilik nama asli Lee Ji-eun ini memulai karier bernyanyinya pada 18 September 2008.

Saat mulai menyanyi, usianya masih 15 tahun. Kala itu, ia debut di bawah naungan Kakao M (dulu LOEN Entertainment). Saat ini, idol Kpop IU berada di bawah naungan EDAM Entertainment, sebuah agensi yang didirikan oleh manajer IU Bae Jong Han, yang telah mendampinginya sejak awal berkarier.

Setelah 16 tahun sejak debut awalnya, IU masih terus aktif dengan merilis banyak karya. Ia pun terus memberikan cinta dan dukungan kepada penggemar dan orang-orang di sekitar, salah satunya melalui donasi sejumlah 225 juta won untuk perayaan ulang tahun debutnya yang ke-16 tahun.

 

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya