Cetak Gol Debut di Liga Champions, Endrick Pecahkan Rekor 29 Tahun Legenda Real Madrid

Lantaran umur Endrick, Real Madrid diharuskan menyertakan keluarganya dalam negosiasi, dengan kontrak tiga tahun yang disepakati, sebagai bagian dari biaya transfer yang dirahasiakan.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 18 Sep 2024, 18:00 WIB
Endrick berhasil menyumbangkan satu gol ketika Real Madrid menang 3-1 atas VfB Stuttgart pada laga perdana league phase Liga Champions musim ini di Santiago Bernabeu, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta Bintang muda Real Madrid Endrick mulai mencuat namanya ke sepak bola Eropa setelah mencetak gol menakjubkan pada laga debutnya di Liga Champions. Bahkan, dia berhasil memecahkan rekor klub.

Pemain berusia 18 tahun itu resmi bergabung dengan Real Madrid pada bulan Juli setelah setuju untuk menandatangani kontrak dengan mereka pada bulan Desember 2022 lalu. Dia mencetak gol pada debutnya di La Liga pada bulan Agustus setelah masuk dari bangku cadangan selama lima menit melawan Real Valladolid.

Pertandingan melawan Stuttgart, Rabu (18/9/2024) merupakan debutnya di Liga Champions. Setelah Kylian Mbappe - yang juga mencetak gol Eropa pertamanya untuk Los Blancos - dan Antonio Rudiger membuat skor menjadi 2-1, Endrick menambahkan gol ketiga pada menit kelima injury time babak kedua dengan gaya yang luar biasa.

Dia mengambil bola di wilayahnya sendiri sebelum kemudian menyerang pertahanan Stuttgart. Endrick kemudian terus berlari, dan meskipun ada Mbappe di sebelah kirinya dan Vinicius Junior di sebelah kanannya, ia memilih untuk melakukannya sendiri dan melepaskan tembakan dari jarak 25 yard.

Meski kiper Stuttgart Alexander Nubel berusaha menahannya, tembakan Endrick terlalu kuat baginya dan masuk ke belakang gawang untuk membuat kedudukan menjadi 3-1.


Pecahkan Rekor Pencetak Gol Termuda Real Madrid

Pada masa tambahan waktu atau pada menit ke-90+5, Endrick berhasil menambah gol kemenangan Real Madrid atas Stuttgart. (Thomas COEX/AFP)

Endrick pun mencatatkan dirinya menjadi pencetak gol termuda Real Madrid di Liga Champions pada usia 18 tahun, satu bulan, dan 27 hari. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Raul, yang membuka rekening golnya di Eropa pada usia 18 tahun, tiga bulan, dan 21 hari.

Aksi pemain Brasil tersebut, yang mencetak gol dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Inggris pada bulan Maret, langsung mendapatkan pujian tinggi dari rekan satu timnya.


Sosok dan Kemampuannya Mirip Mantan Penyerang Madrid

Pemain Real Madrid, Endrick melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang VfB Stuttgart pada laga Liga Champions 2024/2025 di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (18/09/2024) WIB. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Kiper Thibaut Courtois membandingkan Endrick dengan mantan rekan setimnya di Chelsea dan mantan penyerang Real Eden Hazard. Dia meyakini beberapa tingkah laku mereka mirip di lapangan.

"Dia tidak terlalu tinggi, tetapi kakinya sangat kuat," katanya. "Dia mirip Eden saat saya bertemu dengannya di Chelsea - dia juga memiliki kaki yang kuat," imbuhnya.

"Anda bisa menendangnya dan dia akan tetap berdiri. Dan dia memiliki banyak kekuatan dalam tembakannya. Dalam latihan, saya telah melihatnya menembak dengan keras."


Keluarga Harus Dilibatkan dalam Negoisasi Endrick

Pemain Real Madrid, Endrick (tengah) berusaha merebut bola pemain VfB Stuttgart, Jeff Chabot pada laga Liga Champions 2024/2025 di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (18/09/2024) WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Real Madrid mengumumkan kesepakatan pembelian Endrick dengan Palmeiras pada akhir tahun 2023. Namun, saat itu dia baru ia berusia 18 tahun pada Juli 2024, hanya seminggu setelah final Copa America.

Karena usia Endrick, Real Madrid diharuskan menyertakan keluarganya dalam negosiasi, dengan kontrak tiga tahun yang disepakati, sebagai bagian dari biaya transfer yang dirahasiakan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya