Sabar Mampu Menggugurkan Dosa, Simak Penjelasannya

Ada banyaknya manfaat yang akan diterima bagi seorang muslim yang mau untuk bersabar. Di antaranya sabar dapat menggugurkan dosa dan menjadi jalan menuju surga.

oleh Putry Damayanty diperbarui 19 Sep 2024, 00:30 WIB
Ilustrasi sabar. Sumber: freepik

Liputan6.com, Jakarta - Sabar merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim, meskipun sabar itu bukanlah perkara yang mudah.

Sabar adalah salah satu sifat terpuji dan bahkan dianjurkan bagi kita untuk memiliki sifat ini. Sebab sabar dapat mendatangkan banyak kebaikan dan juga hikmah.

Namun, ada banyak kesulitan yang akan membuat kesabaran kita diuji. Bisa jadi karena adanya musibah, bencana, atau perlakuan orang lain yang tidak baik terhadap kita, serta kondisi lainnya yang kurang menyenangkan.

Menerapkan kesabaran memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak godaan yang membuat seseorang tidak sabar dalam menghadapi kesulitan atau ketidaknyamanan yang sedang dialami.

Kendati demikian, ada banyak manfaat yang dapat dipetik, begitu juga dengan kebaikan lainnya saat kita bisa bersabar dengan segala yang terjadi dalam hidup.

 

Saksikan Video Pilihan ini:


Sabar Menjadi Penggugur Dosa

Ilustrasi sabar. (Photo by Wahyomestudio on Freepik)

Megutip dari laman cahayaislam.id, salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari perjalanan kesabaran adalah gugurnya dosa-dosa. Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang mampu bersabar baik untuk sesuatu yang buruk ataupun baik dalam kehidupan.

Dalam hal ini, kesabaran juga tertulis dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 153 sebagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa bersabar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Ayat ini menjelaskan bagaimana Allah bahkan memerintahkan kaum muslimin untuk berpegang pada shalat dan juga sabar. Itu artinya kesabaran bermakna dan penting dalam hidup.

Ada banyak manfaat dari bersabar, salah satunya adalah dapat menggugurkan dosa. Lalu, apa alasan hingga sabar dapat menjadi penggugur dosa menurut pandangan dalam ajaran islam?


Hadiahnya adalah Surga

Ilustrasi sabar. (Photo created by benzoix on www.freepik.com)

Salah satu alasan kenapa sabar dapat menggugurkan dosa, ini karena bersabar adalah hal yang tidak mudah dan berat untuk dilakukan.

Tidak sedikit juga godaan yang dapat menggoyahkan kesabaran kita. Seperti amarah atau emosi, maka dari itu balasan atas kesabaran kita nantinya sungguh istimewa dan indah yang Allah janjikan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung". (QS. Ali Imnran: 200)

Allah SWT menjadikan orang-orang yang bersabar adalah orang yang beruntung, beriman juga taat. Hal ini karena kita tahu bahwa untuk sabar tidaklah mudah.

Allah SWT juga menjanjikan bagi kaum muslimin yang senantiasa bersabar maka ganjarannya adalah surga. Jika Allah SWT saja memberikan surga bagi hamba-Nya yang sabar, tentunya kebesaran-Nya juga untuk menghapus dosa-dosa kita bukan?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya