Kabar Baik! The Body Shop Selamat dari Kebangkrutan

The Body Shop telah diselamatkan dari kebangkrutan, dalam sebuah kesepakatan dan akan mengamankan masa depan langsung bagi 1.300 pekerja toko dan kantor.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 18 Sep 2024, 18:00 WIB
The Body Shop Indonesia meresmikan pembukaan kembali gerai mereka di Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan, dengan konsep lebih segar, 28 Maret 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta The Body Shop telah diselamatkan dari kebangkrutan. Hal ini terjadi setelah adanya sebuah kesepakatan yang tampaknya akan mengamankan masa depan langsung bagi 1.300 pekerja toko dan kantor The Body Shop.

Dikutip dari CNBC, Rabu (18/9/2024), sebuah konsorsium yang dipimpin oleh taipan kosmetik Inggris Mike Jatania telah mengakuisisi 113 toko merek kecantikan etis asal Inggris yang saat ini beroperasi. Namun memang, kesepakatan akuisisi tersebut tidak disebutkan nilainya.

Perusahaan investasi spesialis Auréa Group juga akan menguasai aset The Body Shop di Australia dan Amerika Utara, dalam sebuah kesepakatan yang diselesaikan pada Jumat malam.

Taipan industri kosmetik Inggris Mike Jatania menggambarkan Body Shop sebagai merek yang benar-benar ikonik yang populer di lebih dari 70 pasar di seluruh dunia.

"Kami berencana untuk fokus tanpa henti untuk melampaui harapan mereka dengan berinvestasi dalam inovasi produk dan pengalaman yang lancar di semua saluran tempat pelanggan berbelanja," katanya.

Saat mengumumkan kesepakatan tersebut, Auréa Group mengatakan bahwa mereka "tidak memiliki rencana langsung" untuk menutup toko tetapi akan memantau jejak aset tersebut selama beberapa bulan mendatang sambil mencoba mengelola biaya operasional. 

Seperti diketahui, pada Februari 2023, perusahaan yang menaungi The Body Shop berhutang lebih dari £276 juta kepada kreditor pada saat itu. Hal ini membuat perusahaan mengalami masa-masa sulit. 


Sejarah The Body Shop

The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash Shower Gel (Sumber thebodyshop.co.id).

The Body Shop didirikan di Brighton pada tahun 1976 oleh mendiang aktivis lingkungan dan hak asasi manusia Dame Anita Roddick.

Apa yang awalnya merupakan toko tunggal di kota tepi pantai tersebut dengan cepat berkembang menjadi merek global yang dikenal dengan produk kecantikan, parfum, dan sikap etisnya terhadap pengujian hewan.

Dame Anita dan suaminya Gordon menjual bisnis tersebut kepada raksasa kecantikan Prancis L'Oreal pada tahun 2006. Sejak saat itu, perusahaan tersebut telah berpindah tangan dua kali, termasuk dengan harga yang dilaporkan mencapai satu miliar euro, di tengah persaingan ketat dari merek kecantikan alami lainnya seperti Lush dan Rituals.

Perusahaan ekuitas swasta Aurelius membayar £207 juta untuk The Body Shop pada akhir tahun 2023. 

Mengutip situs resmi perseroan, Aurelius adalah perusahaan investasi atau pengelola aset (Private Equity) asal Eropa. Perusahaan ini memiliki strategi inti pertumbuhan portofolio perusahaannya, didukung oleh tim sekitar 180 ahli Operasional Taskforce.

 

 

 


Lika-liku Karir The Body Shop

The Body Shop Indonesia meresmikan pembukaan kembali gerai mereka di Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan, dengan konsep lebih segar, 28 Maret 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Pada bulan Februari tahun 2023, perusahaan The Body Shop berhutang lebih dari £276 juta kepada kreditor pada saat itu. FRP Advisory sejak saat itu telah menutup 85 toko, sementara hampir 500 pekerjaan di toko dan setidaknya 270 peran kantor telah dihapuskan.

Ada lebih dari 75 pernyataan minat untuk mengambil alih rantai yang sedang bermasalah itu, yang dilaporkan termasuk Next dan Marks and Spencer, tetapi setelah berbulan-bulan negosiasi, Auréa mengumumkan bahwa mereka akhirnya menutup kesepakatan itu.

Dengan 35 tahun pengalaman dalam industri ini, Mike Jatania akan menjabat sebagai Ketua Eksekutif, katanya. Mantan Kepala Eksekutif Molton Brown, Charles Denton, akan mengambil alih kendali sebagai CEO.

"Saya benar-benar bersemangat untuk memimpin merek ini yang telah saya kagumi selama bertahun-tahun," kata Tn. Denton. Ia menambahkan juga bahwa "tindakan berani" akan diperlukan untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan".

Steve Baluchi, Direktur di FRP Advisory, mengatakan bahwa "pemilik baru yang berpengalaman" perusahaan itu memiliki rekam jejak keberhasilan dalam pemulihan ritel dan bahwa mereka mengakui nilai merek tersebut.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya