Malam Puncak AKI 2024, Dorong Ekonomi Kreatif Indonesia Naik Kelas

Acara AKI 2024 ini telah menyaring lebih dari 6.800 pendaftar dari 12 kota/kabupaten menjadi 412 peserta yang mengikuti bootcamp dan pameran.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 18 Sep 2024, 21:04 WIB
Malam Puncak AKI 2024, Dorong Ekonomi Kreatif Indonesia Naik Kelas (doc: AKI 2024)

Liputan6.com, Tangerang Malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 yang digelar di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, pada 14 September, menjadi ajang untuk memberdayakan generasi kreatif Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan bahwa program ini memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang lebih jauh.

"Ini adalah momentum penting bagi kita untuk memberdayakan talenta kreatif dan memperluas pasar mereka ke level nasional hingga internasional," ujarnya.

Acara AKI 2024 ini telah menyaring lebih dari 6.800 pendaftar dari 12 kota/kabupaten menjadi 412 peserta yang mengikuti bootcamp dan pameran. Dari jumlah tersebut, terpilihlah 12 finalis yang akan berkompetisi di Pekan Puncak AKI Jakarta. Mereka yang lolos termasuk Tutu and Co, Galeri Batik Torsai, Delawa Coffee Manggarai, dan Sincere Foods. Selain itu, sembilan peserta AKI dari tahun 2021 hingga 2023, serta enam peserta binaan Kemenparekraf, juga turut berpartisipasi.

AKI 2024 mengusung tema "To the Next Level" yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Sandiaga menyebut bahwa acara ini tak hanya meningkatkan visibilitas para peserta tetapi juga membantu mereka memperluas jaringan bisnis, menarik investasi, dan menciptakan kolaborasi baru.

"Sejak AKI dimulai empat tahun lalu, program ini sudah hadir di 60 kota di 31 provinsi dan melibatkan 1.600 pelaku ekonomi kreatif. Ini adalah upaya yang terus kita lanjutkan untuk mendorong sektor ekonomi kreatif Indonesia menjadi salah satu yang terbesar di dunia," tambahnya.

 


Manfaat-manfaat yang didapatkan finalis

Malam Puncak AKI 2024, Dorong Ekonomi Kreatif Indonesia Naik Kelas (doc: AKI 2024)

Keberhasilan AKI juga ditandai dengan pencapaian transaksi lebih dari Rp845 juta pada periode 2021-2023, dengan total pengunjung mencapai 50 ribu orang. Di ajang tahun ini, Sandiaga juga menyampaikan harapannya agar kontribusi ekonomi kreatif bisa meningkat dari 8 persen menjadi 12 persen terhadap PDB, serta menciptakan 30 hingga 35 juta lapangan kerja baru.

Selain pameran dan pemasaran produk, para finalis juga mendapat kesempatan mengikuti mentoring eksklusif, tantangan bisnis, serta peluang kolaborasi dengan industri besar. Di akhir acara, tiga pemenang pitch deck terbaik diumumkan dan diberikan penghargaan berupa dana modal tambahan dari GOTO, yakni Guru Batik dari Magelang, Ifamoy dari Ternate, dan Sincere Food dari Serang, dengan hadiah masing-masing Rp20 juta, Rp30 juta, dan Rp50 juta.


Menghadirkan berbagai kegiatan menarik

Menparekraf Sandiaga juga menegaskan bahwa para finalis yang memiliki produk berpotensi internasional akan didukung untuk mengikuti kelas ekspor, dengan peluang besar di pasar Afrika, India, dan Timur Tengah.

“Kami terus mendampingi para pelaku kreatif ini agar mampu bersaing di pasar global dan memperluas akses mereka ke pasar-pasar yang belum tergarap,” jelasnya.

Pekan Puncak AKI 2024 menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti Super Talks yang menghadirkan Sandiaga Uno dan Patrick Walujo, CEO GoTo, serta pertunjukan musik dari Nidji dan Fourtwnty. Selain itu, kompetisi E-Sports juga menjadi salah satu sorotan acara, yang bekerja sama dengan Battle of Guardians untuk memberikan pengalaman gaming yang interaktif.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya