Barcelona Siapkan Kontrak Istimewa untuk Wonderkid Penerus Lionel Messi

Barcelona dikabarkan sedang mempersiapkan kontrak istimewa untuk Lamine Yamal, pemain muda berbakat yang terus menunjukkan kehebatan bersama tim Catalunya tersebut.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 19 Sep 2024, 09:00 WIB
Pemain Barcelona, Lamine Yamal (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Athletic Club Bilbao pada laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Sabtu (25/08/2024) waktu setempat. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta -l Barcelona dikabarkan sedang mempersiapkan kontrak istimewa untuk Lamine Yamal, pemain muda berbakat yang terus menunjukkan kehebatan bersama tim Catalunya tersebut.

Meski baru berusia 17 tahun, pemain sayap ini telah menjadi andalan bagi klub dan timnas, bahkan disebut-sebut sebagai penerus Lionel Messi di Barcelona.

Seusai tampil gemilang bersama Spanyol yang menjuarai Euro 2024, Yamal teru bersinar di awal musim LaLiga dengan torehan tiga gol dan empat assist dalam lima pertandingan pembuka.

Penampilan impresif Yamal tak pelak menarik perhatian klub-klub elite Eropa. Paris Saint-Germain, raksasa Prancis, bahkan dilaporkan telah mengajukan tawaran yang memecahkan rekor transfer dunia, namun ditolak Barcelona.

Pada Oktober 2023, Barcelona memperpanjang kontrak Lamine Yamal hingga 2026 dengan klausul pelepasan sebesar 845 juta poundsterling. Namun, karena usianya yang masih muda, kontrak hanya bisa diberikan selama tiga tahun. Barcelona berencana menawarkan kontrak jangka panjang yang lebih menguntungkan ketika Yamal mencapai usia yang sesuai.


Masa Depan Wonderkid Spanyol yang Cerah

Pemain Barcelona Lamine Yamal (kiri) berebut bola dengan pemain Shakhtar Donetsk Irakli Azarov pada pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions di Stadion Olimpiade, Barcelona, Spanyol, Rabu (25/10/2023). (AP Photo/Joan Monfort)

Meski baru berusia 17 tahun, Yamal telah menjadi aset berharga Barcelona. Saat ini, ia dikabarkan mendapat bayaran sekitar 1,3 juta poundsterling per tahun. Namun, menurut laporan Marca, manajemen Barca menyadari perlunya peningkatan signifikan dalam kontrak sang pemain.

Langkah awal yang direncanakan adalah menaikkan gaji Yamal agar sesuai dengan statusnya sebagai pemain kunci utama klub. Targetnya, gaji Yamal akan diejajajrkan dengan pemain bergaji tertinggi di tim asuhan Hansi Flick.

Musim lalu, ia mendapatkan bonus besar berkat performanya yang mengesankan. Namun, Barcelona mengakui bahwa gajinya perlu segera direvisi.

Barcelona dan agen Yamal, Jorge Mendes, telah mencapai kesepakatan tentang paket gaji barunya. Diperkirakan akan menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2030 saat ia berusia 18 tahun pada Juli mendatang.

Barcelona telah memberi peringatan tegas kepada PSG yang mencoba merekrutnya pada musim panas lalu. Yamal juga menegakan keinginannya untuk tetap berkarier bersama Barcelona dalam waktu yang lama.

Dengan perkembangan ini, tampaknya masa depan wonderkid asal Spanyol itu di Camp Nou akan cerah, membuat fan Barca bisa bernafas lega dan optimis menghadapi musim-musim mendatang.


Berhasil Mencatatkan Rekor Bersama Klub Dan Timnas

Lamine Yamal yang saat ini bermain di klub Barcelona baru genap berusia 17 tahun pada 13 Juli 2024 lalu. (JAVIER SORIANO/AFP)

Yamal yang menjadi pemain termuda Barcelona dalam satu abad terakhir saat debutnya di usia 15 tahun pada April 2023, telah mencatatkan 10 gol dan 13 assist dari 56 penampilan untuk klub tersebut.

Yamal juga mencatatkan rekornya di timnas Spanyol sebagai pemain dan pencetak gol termuda. Dalam 16 pertandingan internasional, ia mencatatkan tiga gol dan sembilan assist. Puncaknya, ia meraih gelar Pemain Muda Terbaik dan Gol Terbaik di Euro 2024.

Barcelona melihat Lamine Yamal sebagai pilar masa depan klub, bersama talenta muda lainnya seperti Pau Cubarsi, Gavi, dan Fermin Lopez, yang diharapkan menjadi tulang punggung tim di masa depan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya