Cara Merawat Kulit Tangan agar Tetap Lembut, Terhindar dari Kekeringan dan Pecah-pecah!

Berikut beberapa tips perawatan kulit tangan yang dapat dilakukan di rumah untuk menjaga agar tetap halus dan sehat!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 19 Sep 2024, 09:24 WIB
Gambar perawatan kulit tangan. (c) belchonock/Depositphotos.com

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan produk skincare mungkin menjadi salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing. Tindakan yang sama berlaku untuk rutinitas body care yang bertujuan mencegah kulit kusam atau belang. Namun, sudahkah kamu memberikan perhatian pada area kulit tangan.

Benar, area kulit tubuh yang satu ini sering kali terabaikan. Padahal, tangan memiliki peran penting dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti mencuci piring atau pakaian, membersihkan rumah, dan berbagai kegiatan lainnya yang membuat kulit tangan rentan menjadi kering, kasar, hingga iritasi.

Jadi, bagaimana perawatan kulit tangan yang bisa dilakukan setiap hari di rumah, berikut informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2024).


1. Cuci Tangan dengan Sabun Berformula Lembut

Gambar orang mencuci tangan. (c) AllaSerebrina/Depositphotos.com

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam merawat kulit tangan adalah cara membersihkan area tersebut. Pastikan kamu memilih sabun pembersih yang memiliki formula efektif namun tetap lembut di kulit tangan.

Hindari penggunaan sabun pencuci tangan yang mengandung alkohol, pewangi, atau bahan pembersih keras lainnya. Meskipun bahan-bahan tersebut bisa membersihkan dengan baik, efek sampingnya bisa membuat kulit tangan menjadi kering, kasar, pecah-pecah, bahkan rentan iritasi. Sebelum memakai suatu produk, periksa komposisi yang terkandung di dalamnya. Pastikan produk yang kamu gunakan tidak merusak kesehatan kulit di area ini.


2. Aplikasikan Krim Tangan untuk Mempertahankan Kelembapannya

Gambar krim tangan. (c) VadimVasenin/Depositphotos.com

Menjaga hidrasi dan kelembapan tangan adalah aspek penting untuk kesehatannya. Pasalnya, kulit yang kering dapat melemahkan pertahanan alaminya. Ini memungkinkan bakteri masuk dengan lebih mudah, yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.

Untuk menjaga kelembapan, gunakan hand cream secara rutin. Berbeda dengan body lotion, hand cream biasanya memiliki tekstur yang lebih kental untuk memenuhi kebutuhan tangan yang lebih sering digunakan dalam aktivitas dan terpapar zat kimia dari sabun atau cairan pembersih lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan hand cream? Kamu bisa menggunakannya setiap kali setelah mencuci tangan. Kandungan zat pembersih dalam sabun sering membuat tangan terasa kering, jadi penggunaan hand cream sangat dianjurkan untuk menjaga kelembapan area tersebut.

Selain itu, hand cream juga bisa digunakan setelah mandi, setelah beraktivitas lama dengan air seperti berenang atau mencuci piring, dan sebelum tidur. Penggunaan hand cream di malam hari dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga mempercepat proses regenerasi sel yang terjadi saat tubuh beristirahat.


3. Eksfoliasi Kulit Rutin

Gambar scrub tangan. (c) robertprzybysz/Depositphotos.com

Tidak hanya kulit wajah dan tubuh yang memerlukan eksfoliasi, tangan juga memerlukan perhatian serupa. Jika kulit tanganmu terasa kasar dan tebal, kemungkinan besar area ini memerlukan eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Namun, pastikan kamu memilih produk eksfoliasi yang tepat! Jika menggunakan scrub, pilihlah yang butirannya halus agar tidak menimbulkan iritasi. Pilih scrub yang terbuat dari bahan alami seperti kopi, gula, atau garam laut untuk mengurangi risiko efek samping iritasi. Lakukan eksfoliasi ini cukup sekali dalam seminggu saja ya!


4. Perawatan Intensif

Gambar minyak alami. (c) AntonMatyukha/Depositphotos.com

Salah satu trik perawatan untuk menjaga kesehatan kulit tangan adalah dengan melakukan deep treatment. Anda bisa menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak jojoba yang mampu meningkatkan kelembapan alami kulit tangan.

Oleskan minyak tersebut sambil memijat tangan dengan lembut. Selain membantu penyerapan minyak alami secara optimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh kulit tangan, rutinitas ini juga memberikan efek relaksasi yang sangat dibutuhkan saat tubuh sedang lelah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit tangan tetap halus dan lembut, bebas dari pecah-pecah! Apakah ada yang sudah Anda coba di rumah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya