Samsung Setop Update One UI 6.1.1 Sementara untuk Galaxy S23 Ultra, Kenapa?

Samsung terpaksa menahan sementara update One UI 6.1.1 untuk varian S23 Ultra karena ada bug yang bikin hasil foto nge-blur. Liat selengkapnya di sini, yuk.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 23 Sep 2024, 18:30 WIB
Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dirilis dalam empat varian warna; Green, Cream, Phamtom Black, Lavender (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja membuat pengumuman kalau mereka menghentikan peluncuraan update One UI 6.1.1 buat Galaxy S23 Ultra. 

Awalnya, pada hari Senin kemarin, update ini mulai dirilis ke Galaxy S23 series di beberapa negara, seperti Eropa, India, dan beberapa market lainnya.

Tapi, saat ini Samsung terpaksa menahan sementara update tersebut buat varian S23 Ultra karena ada bug yang bikin hasil foto di zoom pada level 16x sampai 19.9x jadi nge-blur enggak jelas.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (23/9/2024), menariknya bug ini hanya berpengaruh ke Galaxy S23 Ultra. Sementara model lain masih aman.

Samsung sendiri juga sudah mulai menyelesaikan masalah ini, dan begitu selesai, mereka bakal meluncurkan ulang update-nya.

Untuk sekarang, belum jelas kapan tepatnya masalah ini akan selesai, tapi kemungkinan besar tidak akan lama.

Buat kamu yang pakai HP Samsung Galaxy S23 Ultra dan mengalami masalah ini, ada cara sementara yang bisa kamu coba. Kamu bisa : 

  • Buka setting di aplikasi kamera
  • Pilih “Intelligent Optimization”
  • Ubah ke pengaturan kualitas Medium

Memang ini akan sedikit menurunkan kualitas gambar, tapi kalau kamu jarang memakai zoom di antara 16x sampai 19.9x, lebih baik tetap pakai kualitas maksimum saja.

Alternatif lain, kamu bisa juga pakai aplikasi kamera Samsung Expert RAW yang enggak terdampak sama bug ini.


Galaxy S24 Series Mulai Kebagian Fitur Galaxy AI Sketch to Image via Update One UI 6.1.1

Penampakan Samsung Galaxy S24 Ultra yang baru saja meluncur. (Liputan6.com/Yuslianson)

Masih membahas soal update One UI 6.1.1, update sistem operasi terbaru One UI 6.1.1 kini sudah digulirkan ke Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Para pengguna ketiga model perangkat itu di wilayah Amerika Serikat, Britania Raya, Eropa, dan India mulai kebagian update One UI 6.1.1. 

Sebelumnya hanya Galaxy Z Flip6 dan Galaxy Z Fold6 yang dibekali sistem operasi terbaru Samsung itu, dan mendapatkan berbagai fitur baru dari Galaxy AI. 

Lewat Update One UI 6.1.1 yang dilengkapi security patch, meski digulirkan agak terlambat dari yang dijadwalkan, yakni Juli lalu, OS baru ini hadir dalam ukuran besar yakni 3GB.

Pengguna Galaxy S24 Series yang mau update ke sistem operasi terbaru pun disarankan untuk mengunduh dengan koneksi internet (WiFi) yang stabil. 

Kehadiran One UI 6.1.1, memboyong peningkatan fitur-fitur AI yang dihadirkan lewat Galaxy AI. Samsung memang selama ini fokus mengintegrasikan AI untuk membuat pengalaman pelanggan lebih seamless dan intuitif. 

Salah satu fitur revolusioner Galaxy AI yang dihadirkan via update ini adalah Sketch to Image. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah hasil gambar sketsa tangannya menjadi karya seni. 

Fitur ini berguna bagi pengguna yang kerap ingin mengekspresikan kreativitasnya melalui perangkat Galaxy, terutama Galaxy S24 Series yang mulai kebagian fitur ini. 


Samsung Bakal Hadirkan Deretan Fitur Baru ke HP Model Lawas Lewat One UI 6.1.1

Samsung resmi mengungkap keberadaan Samsung Galaxy S24 di event Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, AS.Tiga model smartphone dirilis sekaligus, yakni Galaxy S24 yang punya layar 6,2 inci, Galaxy S24 Plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra yang memiliki layar 6,8 inci. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Samsung dikabarkan akan memperluas kehadiran fitur baru yang hadir di perangkat terbaru, seperti Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 ke perangkat lain yang lebih lawas. Deretan fitur ini akan dihadirkan lewat update One UI 6.1.1.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (17/7/2024), informasi soal update One UI 6.1.1 ini diketahui dari forum Samsung Korea Selatan. Disebutkan, ada beberapa fitur baru di Galaxy Z Flip6 dan Galaxy Z Fold6 yang diboyong ke model lain.

Salah satunya adalah fitur Auto Zoom di Flex Camera akan dihadirkan pula ke Galaxy Z Flip5, termasuk mode Flex Camcorder. Fitur lainnnya adalah Instant Slowmo yang debut di Galaxy S24 Series.

Dikabarkan, fitur tersebut akan hadir pula ke lini Galaxy Z Fold6, Galaxy Z Flip5, Galaxy S23, serta Galaxy Tab S9 Series. Fitur lainnya adalah Portrait Studio.

Fitur yang memungkinkan pengguna berganti-ganti efek portrait ini disebut akan hadir ke Galaxy Z Fol4, Galaxy Z Flip4, Galaxy Z Fold5, Galaxy Z Flip5, lini Galaxy S22, Galaxy S23, dan Galaxy S24.

Tidak hanya model tersebut, fitur Portrait Studio juga disebut akan hadir ke Galaxy S23 FE, serta Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S9.

Lalu, Samsung juga akan menghadirkan fitur lain seperti Sketch to Image ke perangkat yang juga kebagian Portrait Studio.Sementara fitur Live Studio disebutkan akan hadir untuk semua perangkat yang mendukung Portrait Studio, kecuali Galaxy S23 FE.

Fitur menarik lain yang juga akan hadir di HP Samsung lain adalah Motion Clipper. Fitur ini akan menyambangi Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy Z Fold5, Galaxy Z Flip5, Galaxy S22, S23, S24, Galaxy S23 FE, dan Galaxy Tab S8 maupun S9.

Terakhir, kemampuan edit DNG akan dihadirkan ke Galaxy Photo Editor yang ada di perangkat Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Flip5, Galaxy S22, S23, S24, serta Galaxy Tab S8 dan S9.


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya