Cek Fakta: Hoaks Pemilik Alfamart Bagikan Uang Puluhan Juta Rupiah di Tiktok

Beredar di media sosial postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 19 Sep 2024, 11:38 WIB
Cek fakta pemilik Alfamart bagikan uang puluhan juta rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 16 September 2024.

Dalam postingannya terdapat video Djoko Susanto akan membagikan uang Rp 20 juta untuk merayakan akun pertamanya di media sosial.

Video itu disertai narasi "pemilik Alfamart berbagi untuk orang yang membutuhkan.."

Lalu benarkah postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial?

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka akun resmi Alfamart di Instagram, @alfamart yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat bantahan terkait klaim dalam postingan di Tiktok.

"Beredar “fake account” yang mencatut nama Bapak Djoko Susanto - Founder Alfamart. Kami sampaikan bahwa Bapak Djoko Susanto tidak memiliki/menggunakan akun media sosial apapun. Harap berhati-hati atas akun-akun penipuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," bunyi pernyataan Alfamart dalam postingan 17 September 2024.

Mereka juga meminta masyarakat mewaspadai pencatutan nama Alfamart dengan iming-iming pembagian uang atau hadiah tertentu.

"Hati-hati terhadap Link penipuan (phising) yang mengiming-imingi hadiah atau undian mengatasnamakan Alfamart. Segala bentuk program promo, hadiah, dan kuis Alfamart bisa di cek pada sosial media resmi Alfamart dan situa resmi perusahaan (Alfamart.co.id)".

Sumber:

https://www.instagram.com/p/C__BfeQSvht/


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya