Axioo dan GEAR Computer Resmikan Lab Virtual, Bantu Entaskan Buta Teknologi di Indonesia

Axioo dan GEAR Computer resmikan lab virtual pertama di Indonesia dengan teknologi IDV untuk atasi buta teknologi dan keterbatasan dana sekolah.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 19 Sep 2024, 17:00 WIB
Axioo meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia di SMK Pertiwi Kuningan Jabar, dengan hasil kolaborasi bersama PT Indo Mega Vision dan didukung Intel Corporation. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Kuningan - PT Tera Data Indonusa sebagai pemilik merek laptop Axioo, meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia. Lab ini hasil kolaborasi dengan PT Indo Mega Vision.

Kelas laboratorium IDV pertama ini hadir di SMK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat dengan dukungan Intel Corporation dan deretan perusahaan lainnya.

Selain untuk mendukung pembelajaran komputer, laboratorium ini juga untuk mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan buta teknologi di Indonesia.

Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Timmy Theopelus, mengatakan salah satu alasan yang membuat angka buta teknologi di Indonesia tinggi adalah terbatasnya kepemilikan komputer dibandingkan di negara lain.

Hal ini tak lepas dari budget terbatas dan tagihan listrik tinggi yang jadi momok bagi banyak sekolah di Indonesia, terutama di daerah tertinggal.

Oleh karenanya, buta teknologi pun menjadi salah satu tantangan utama yang harus segera diselesaikan untuk mencapai generasi emas Indonesia di 2045 nanti.

Kehadiran laboratorium IDV di SMK Pertiwi Kuningan jni bertujuan membantu memberikan solusi bagi sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan dana dan listrik untuk dapat memiliki laboratorium komputer dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi tetap hemat daya.

Sekadar informasi, teknologi Intel Intelligent Desktop Virtualization atau yang disingkat IDV saat ini diterapkan oleh produk dari GEAR Computer yaitu GEAR VLab dan Axioo dengan Axioo EzyLinX.

 


Solusi Terbaik untuk Sekolah

Axioo dan GEAR Computer resmikan lab virtual pertama di Indonesia dengan teknologi IDV untuk atasi buta teknologi dan keterbatasan dana sekolah. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Bahkan para siswa bisa menggunakan Operations System yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan mereka.

Presiden Direktur PT Indo Mega Vision Sugiyanto Sutikno, mengatakan, “GEAR VLab dan Axioo EzylinX adalah hasil riset bertahun tahun yang kami lakukan bersama Intel Corporation.

Solusi ini diharapkan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan komputer di sekolah, terutama yang memiliki anggaran terbatas terutama di biaya listrik yang pasti akan terus naik tiap tahunnya.”

Dengan teknologi virtualisasi dari Intel dan dukungan perangkat keras dari GEAR VLab dan Axioo EzylinX akan mendukung kegiatan belajar siswa karena telah dilengkapi dengan digital library, interactive learning, video pembelajaran hingga ujian dan soal untuk siswa.

Adapun keuntungan untuk sekolah yang mengimplementasikannya akan menghadirkan solusi yang tidak hanya meningkatkan efisiensi pendidikan tetapi memungkinkan sekolah menghemat biaya pengadaan dan operasional karena bisa memangkas konsumsi listrik hingga 60 persen sampai dengan 70 persen.

 


Pengembangan Talenta Mulai dari Sekolah

Axioo meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia di SMK Pertiwi Kuningan Jabar, dengan hasil kolaborasi bersama PT Indo Mega Vision dan didukung Intel Corporation (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Sementara itu, Timmy Theopelus menyebut, pihaknya hadirkan lab ini karena melihat pengembangan talenta perlu dimulai dari sekolah.

“Sumber daya manusia dan potensi ekonomi dari dunia digital di Indonesia masih sangat besar. Dengan kehadiran lab EzylinX kami berharap semua sekolah akan memperoleh akses kepada komputer yang canggih namun terjangkau namun hemat daya,” kata Timmy.

Dalam mengembangkan lab ini, PT Indo Mega Vision memberikan hibah satu set perangkat GEAR VLab dan Axioo EzylinX —satu server, empat host, enam belas client— kepada SMK Pertiwi di Kuningan, Jawa Barat.

Harapannya, siswa dan tenaga pengajar di sekolah tersebut dapat merasakan manfaat langsung dari teknologi IDV.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya