Cuaca Hari Ini Jumat 20 September 2024: Langit Pagi Jabodetabek Diprediksi Berawan Tebal

Langit pagi hari di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Jumat (20/9/2024) diprakirakan semuanya berawan tebal.

oleh Hisyam Adyatma diperbarui 20 Sep 2024, 06:15 WIB
Ultraviolet akan terasa mulai panas pukul 10.00 WIB atau 11.00 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Langit pagi hari di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Jumat (20/9/2024), diprakirakan semuanya berawan tebal. Seperti itulah prediksi cuaca besok.

Sama seperti di pagi hari, cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada siang hari diprakirakan keseluruhannya bakal berawan tebal, seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya.

Pada malam harinya, seluruh cuaca Jakarta diprediksi BMKG berawan, tanpa ada hujan sama sekali.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Bogor, dan Depok, Jawa Barat cuaca malam hari juga diprakirakan berawan.

Sementara itu, wilayah Kepulauan Seribu pada malam hari akan berawan tebal. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Jakarta Utara   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Bekasi   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Depok   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Kota Bogor   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Tangerang  Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 

Jokowi Dorong Transisi Industri Hijau Hadapi Ancaman Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam gelaran Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition atau IIGCE di JCC Senayan, Rabu (18/9/2024) (Youtube sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masalah perubahan iklim menjadi perhatian pemerintah di seluruh dunia dan tidak terbatas hanya di negara maju saja.

Hal itu disampaikan Jokowi, saat hadir dalam gelaran Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition atau IIGCE di JCC Senayan, Rabu (18/9/2024).

"Perubahan iklim adalah masalah seluruh isi dunia baik pemerintah di negara maju, baik itu pemerintah di negara berkembang, juga baik itu dari para pengusaha peneliti maupun rakyat kecil di seluruh belahan bumi," kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam menjadi bagian penting dari langkah dunia dalam membangun ekonomi hijau, mengembangkan industri hijau dan dalam melakukan transisi ke energi yang lebih hijau.

"Sudah sering saya sampaikan ke mana-mana tapi kita semua tahu dalam melakukan transisi hijau setiap pemerintahan di negara berkembang hampir semua di negara berkembang dihadapkan pada dilema mengenai keterjangkauan harga. Kemudian keadilan akses bagi masyarakat kemudian juga pemanfaatan teknologi yang tidak terbuka," jelas Jokowi.


Kereta Cepat Whoosh Kembali Beroperasi Pasca Gempa Bandung, Jalur Dipastikan Aman

Sejumlah perjalanan kereta cepat Whoosh dibatalkan akibat gempa Magnitudo 5,0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung. (Liputan6.com/ Dok PT KCIC)

Gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung pada Rabu, 18 September 2024, berdampak tidak hanya pada infrastruktur setempat, tetapi juga terhadap operasional Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Sejumlah keberangkatan kereta cepat sempat dibatalkan sebagai langkah antisipatif untuk menjamin keselamatan penumpang. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, operasional kereta cepat kini kembali normal. Seluruh jalur telah dinyatakan aman untuk dilalui.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan intensif terhadap infrastruktur kereta, termasuk jembatan, terowongan, dan jalur di atas tanah. Pemeriksaan ini melibatkan kereta inspeksi yang dilengkapi sensor khusus untuk mendeteksi potensi kerusakan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan operasional Whoosh setelah gempa. KCIC sudah melakukan pemeriksaan secara mendetail dengan berbagai peralatan berteknologi tinggi untuk memastikan keselamatan perjalanan Whoosh," kata Eva.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, memberikan apresiasi kepada operator kereta cepat atas langkah cepat dalam memastikan keselamatan penumpang pasca gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung.

"BNPB tentu mengapresiasi gerak cepat dari operator transportasi publik seperti kereta cepat Whoosh, yang sudah memastikan keselamatan penumpang dengan memastikan tidak ada infrastruktur yang terdampak oleh gempa," ujar Abdul dalam jumpa pers, Kamis (19/9/2024).

Menurut Abdul Muhari, fasilitas kereta cepat Whoosh telah kembali beroperasi pada sore hari setelah dilakukan pengecekan menyeluruh.

"Dari rilis yang kami terima dari pengelola dan operator kereta cepat, pada sore kemarin kereta cepat sudah beroperasi seperti biasa," jelasnya.

Infografis 4 Anomali Cuaca Pemicu Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya