Perkuat Pasar ASEAN, GWM Siap Produksi Mobil di Vietnam

GWM telah menandatangani kerja sama mencakup CKD dengan perusahaan Thanh An Group JSC (TAG) pada Senin (16/9/2024). Berdasarkan perjanjian, mobil asal Tiongkok ini siap terjun ke pasar Vietnam pada akhir tahun 2025.

oleh Rendy Yansah diperbarui 20 Sep 2024, 14:08 WIB
Ilustrasi kerja sama antara GWM dan Thanh An Group JSC (TAG) dalam memproduksi rakitan mobil model GWM di Vietnam . (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Liputan6.com, Jakarta - GWM (Great Wall Motor) menandatangani nota kesepahaman dengan Thanh An Group JSC (TAG) yang mencakup perakitan CKD (Completly Knock Down) mobil model GWM di Vietnam pada Senin (16/9/2024). Berdasarkan MoU (memorandum of understanding), produksi dan penjualan kendaraan ini akan dimulai pada akhir 2025. 

Adapun yang menghadiri acara kesepakatan tersebut di antaranya Shi Qingke, Presiden Great Wall International, Cui Xiaohui, Wakil Presiden, Ruan Guohuan, Ketua Chengan Group, dan para eksekutif senior lainnya.

Selain itu, acara tersebut bukan sekadar perjanjian kesepakatan, namun juga bertukar pandangan terkait visi dan kerja sama di masa depan.

GWM sudah memasuki pasar Vietnam sejak Agustus 2023 lalu, dengan meluncurkan mobil HAVAL H6 HEV.

Setelah resmi menginjakkan kaki di Vietnam, GWM langsung menyusul kesepakatan dengan TAG untuk pendistribusian di pasar tersebut. Mobil GWM yang di datangkan ke Vietnam berasal dari Thailand.

Tak hanya itu, pada Januari tahun ini, GWM telah menandatangani perjanjian CKD dengan Grup EP Manufacturing Berhad (EPMB) yang terdaftar di Malaysia.

Hal ini menjadi yang pertama bagi GWM dalam melebarkan bisnisnya di kawasan ASEAN. Di Indonesia, Pabrik CKD GWM sudah terbit di daerah Bogor sekitar Juli lalu. Mobil GWM yang dirakit oleh tangan buatan lokal adalah mobil Haval Jolion HEV. 


Ekspansi GWM dan Jenama Tiongkok lainnya di Negara Vietnam

Dealer pertama GWM Indonesia di Pondok Indah Mall 1. (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Saat ini GMW memiliki model 10+3+N yang disebut sebagai pendekatan dual wheel drive. Maksud dari model 10+3+N adalah GWM memiliki 10 pabrik di Tiongkok, tiga pabrik di luar negeri, termasuk di Thailand dan Meksiko, beserta beberapa pabrik CKD yang tersebar di seluruh dunia.

Vietnam merupakan pasar otomotif terbesar keempat di kawasan ASEAN. Meskipun, penjualan pada kendaraan roda empat di vietnam mengalami sedikit penurunan.

Dikutip dari Carnewschina pada (19/9/2024), Menurut MarkLines, penjualan di pasar Vietnam pada tahun 2023 mencapai 301.989 unit, turun 25,4 persen dari tahun sebelumnya.

Sejumlah produsen mobil Tiongkok sudah beroperasi di pasar Vietnam dan beberapa jenama sudah membuka pabrik mobil di Negeri Naga Biru.

Khususnya pada Mei 2023, TMT Motors telah menjual Wuling Hongguang Mini EV yang diproduksi di pabrik Vietnam di provinsi Hung Yen di bagian utara.

Tahap pertama proyek ini melibatkan produksi tahunan sebanyak 30.000 unit, sedangkan tahap kedua direncanakan akan ditingkatkan menjadi 60.000 unit.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa BYD akan membuka pabrik di Vietnam, tetapi kemudian rencana itu tampaknya ditunda.

Lebih jauh, perluasan jaringan penjualan BYD di negara itu terkendala dengan mundurnya salah satu mitra dealer utama yang terlibat dalam perjanjian tersebut.

All New Ertiga Suzuki Sporty, mobil kebanggaan keluarga berjiwa sporty.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya