Jokowi Resmikan Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1, Telan Biaya Rp5,6 Triliun

Jokowi menyebut, keberadaan tol Solo-Yogyakarta nantinya akan memperpendek waktu tempuh. Kata dia, perjalanan dari Solo ke Yogyakarta atau sebaliknya nantinya hanya akan memakan waktu 30-40 menit.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Sep 2024, 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat meresmikan jalan tol Solo-Ngawi ruas Kartasura-Sragen, Minggu, (15/7). Peresmian ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol ruas Solo-Yogyakarta- Kulonprogo, seksi I Kartasura-Klaten di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). Jokowi mengatakan pembangunan jan tol sepanjang 22,3 kilometer ini menghabiskan anggaran Rp5,6 triliun.

"Alhamdulillah sore hari ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-Kulonprogo seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Pembangunan jalan tol ini dimulai sejak 2021 dan selesai di 2024 dan menelan anggaran biaya Rp5,6 triliun," kata Jokowin saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/9/2024).

Menurut dia, keberadaan jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Solo, Jawa Tengah menuju ke Yogyakarta. Selain itu, tol ini dapat memperpendek waktu tempuh Solo ke Yogyakarta.

Jokowi ingat betul dirinya berkendara sepeda motor selama 50 menit dari Yogyakarta ke Solo saat berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan, waktu tempuh Solo-Yogyakarta dengan mobil bisa mencapai 6 jam.

"Saat saya kuliah Yogya-Solo naik sepeda motor seingat saya itu 50 menit udah sampe. Sekarang kalau bapak/ibu berkendara mobil bisa berapa jam? Tiga jam, 3,5 jam, bahkan sampai 4 jam 6 jam pernah. Inilah memang fakta yang ada di lapangan," tuturnya.

"Padahal kita membutuhkan daya saing kecepatan ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi," sambung Jokowi.


Harap Tingkatkan Perekonomian Daerah

Jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka fungsional pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dalam rangka menyambut Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). (Tira/Liputan6.com)

Menurut dia, keberadaan jalan tol ini nantinya akan memperpendek waktu tempuh Solo-Yogyakarta menjadi 30-40 menit. Jokowi berharap jalan tol ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar.

"Mengefisiensikan waktu tempuh dari kartasura menuju ke Yogya drai solo menuju ke yogya dan mungkin nantinya kalau sudah sampai Yogya hanya memakan waktu kurang lebih 30, 40, atau 50 menit. Karena belum jadi ya kita memperkirakan. Di 30-an menit bisa atau 40 menit sudah bisa sampai," ujar dia.

"Sehingga akan mengurangi jalan nasional yang sekarang sudah ada yang sangat ramai, yang sangat crowded sekali dan kita harapkan menjadi pengungkit ekonomi di daerah dan jadi pemicu tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol," imbuh Jokowi.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya