Mencegah Stunting, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Optimal Anak

Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mencegah stunting.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 20 Sep 2024, 10:27 WIB
Gambar tentang nutrisi anak Sumber: pexels.com/kazu

Liputan6.com, Jakarta Stunting adalah kondisi di mana anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari anak seusianya akibat kekurangan gizi. Di Indonesia, kasus stunting masih tergolong sangat tinggi. Meskipun upaya pencegahan dan penanganan sudah dilakukan secara maksimal, kasus ini tetap berada pada angka yang cukup mengkhawatirkan.

Penting untuk diketahui bahwa meskipun anak stunting umumnya memiliki tubuh yang lebih pendek, tidak semua anak yang bertubuh pendek dapat dikategorikan sebagai stunting. Beberapa anak yang memiliki tubuh pendek mungkin disebabkan oleh faktor genetik atau masalah kesehatan lainnya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi atau mencegah risiko stunting ini? Cara utama untuk mencegah stunting adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup dan penting bagi anak setiap harinya. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak agar terhindar dari stunting, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at (20/9/2024).


1. Protein

Gambar protein untuk anak/copyright unsplash.com/Jeremy Stewart

Protein adalah nutrisi penting yang harus dipenuhi. Protein mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan membantu membangun otot dan tulang, serta mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Protein dapat diperoleh dari sumber hewani dan nabati.

Beberapa sumber protein meliputi telur, ikan, daging, unggas, susu dan produk olahannya, serta kacang-kacangan. Pastikan anak mendapatkan makanan berprotein tinggi sejak mulai diberikan MPASI (makanan pendamping ASI).


2. Karbohidrat

Gambar Nasi sebagai sumber karbohidrat/https://www.freepik.com/jcomp 

Karbohidrat merupakan nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat menyediakan energi yang diperlukan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa sumber karbohidrat meliputi gandum, nasi, ketela, ubi, dan kentang. Namun, pastikan memberikan karbohidrat dalam jumlah yang tepat agar anak tidak mengalami kelebihan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.


3. Mengandung Vitamin dan Mineral

Gambar Buah Naga/https://unsplash.com/Nikolai Chernichenko

Ini juga menjadi sumber nutrisi penting bagi anak untuk mencegah risiko stunting. Pastikan memberikan makanan dan minuman yang kaya akan vitamin, mineral, zat besi, dan kalsium kepada anak. Sayuran dan buah-buahan adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.


4. Makanan yang Berlemak

kacang tanah (sumber: freepik)

Sumber nutrisi berikutnya yang harus diberikan kepada anak adalah lemak. Lemak berfungsi sebagai sumber energi dan sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, serta organ tubuh lainnya secara keseluruhan. Nutrisi ini membantu penyerapan vitamin A, D, dan E, serta menjaga tubuh tetap hangat. Untuk anak-anak, pilihlah lemak tak jenuh yang bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, ikan salmon, ikan tuna, dan minyak zaitun.

Jadi, itulah beberapa nutrisi penting yang wajib diberikan kepada anak untuk mencegah stunting. Berbagai sumber nutrisi ini juga mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya