Deretan Hoaks Catut Nama Minimarket, dari Pembagian Uang hingga Kirim Makanan ke Tentara Israel

Hoaks yang mencatut nama minimarket banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial dan aplikasi percakapan.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 20 Sep 2024, 11:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Pemilik Alfamart Bagi-Bagi Hadiah Mobil Rayakan HUT Kemerdekaan RI (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang mencatut nama minimarket banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial dan aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama minimarket tertentu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pemilik Alfamart Bagikan Uang Puluhan Juta Rupiah di Tiktok

Beredar di media sosial postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 16 September 2024.

Dalam postingannya terdapat video Djoko Susanto akan membagikan uang Rp 20 juta untuk merayakan akun pertamanya di media sosial.

Video itu disertai narasi "pemilik Alfamart berbagi untuk orang yang membutuhkan.."

Lalu benarkah postingan pemilik Alfamart Djoko Susanto membagikan uang puluhan juta rupiah sebagai perayaan akun pertamanya di media sosial? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Alfamart dan Alfamidi Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 14 Agustus 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Djoko Susanto CEO Alfamart & Alfamidi, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar dari warganet.

Benarkah Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Klarifikasi Alfamart dan Indomaret Kirim Makanan ke Militer Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Alfamart dan Indomaret mengirimkan makanan ke militer Israel. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 30 Juni 2024.

Unggahan klaim video Alfamart dan Indomaret mengirimkan makanan ke militer Israel menampilkan sejumlah orang yang duduk berjajar di depannya meja dan terdapat makanan dan minuman.

Dalam video tersebut ada seorang yang sedang berbicara ke arah kamera, berikut transkripnya.

"Hi guys thankyou verymuch for donation, thanks for lunch together, thank for your support"

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"UCAPAN TERIMAKASI DARI MILITER ISR4EL UNTUK INDONESIA KARENA TELAH MEMBANTU MENGIRIMKAN MAKANAN BERUPA ROTI.

Boikot Alfa dan indomart

Alfa dan Indomaret mengirim makanan ke Israhell"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Masih belanja di alfmart dan indomaret? Buka mata buka telinga!!!"

Benarkah klaim video Alfamart dan Indomaret mengirimkan makanan ke militer Israel? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya