Miley Cyrus Tertimpa Kasus Hukum Gara-Gara Lagu Flowers Dituding Jiplak Single Bekennya Bruno Mars

Gugatan dilayangkan kepada Miley Cyrus karena lagu "Flowers" dianggap menjiplak karya Bruno Mars.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 21 Sep 2024, 07:22 WIB
Miley Cyrus dalam Grammy Awards 2024. (AP Photo/Chris Pizzello)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Miley Cyrus sedang pusing tujuh keliling lantaran lagu "Flowers" yang dirilisnya tahun lalu, dituding menjiplak atau plagiat hit milik Bruno Mars yang dirilis pada 2013, "When I Was Your Man".

Namun, gugatan hukum tak dilayangkan pihak Bruno Mars, melainkan dari perusahaan bernama Tempo Music Investments. Gugatan diajukan melalui Pengadilan Federal Los Angeles, Senin (16/9/2024).

Melansir The Guardian, gugatan dilayangkan karena "Flowers" dianggap melakukan "eksploitasi" tanpa izin terhadap lagu Bruno Mars tersebut. Meskipun terdengar tak mirip, namun elemen lirik hingga melodinya dituding sebagai duplikasi.

Selain Miley Cyrus, penulis lagu "Flower", Gregory Hein dan Michael Pollack turut disebutkan namanya. Bahkan, pihak Sony Music Publishing, Apple, Target, Walmart, serta beberapa perusahaan lain yang terlibat mendistribusikan lagu "Flower" disertakan dalam gugatan.

 


Memiliki Sebagian Rekaman Lagu

Penyanyi R&B, Bruno Mars mengangkat trofi Song of The Year pada ajang Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Tak kurang dari 6 piala Grammy berhasil dibawa pulang termasuk song of the year untuk That’s What I Like. (Matt Sayles/Invision/AP)

Dalam dokumennya, nama Bruno Mars tidak disebutkan sama sekali sebagai penggugat. Namun menurut pihak Tempo Music, mereka selama ini memiliki sebagian dari lagu "When I Was Your Man" yang dibelinya dari rekan penulis bernama Philip Lawrence.

Atas gugatan ini, Tempo Music menuntut ganti rugi yang jumlahnya belum disebutkan. Mereka juga melarang Miley Cyrus memperbanyak, mendistribusikan, bahkan menampilkan lagu tersebut di muka publik.

 


Isi Gugatan

Miley Cyrus dalam MTV VMA 2020 (MTV via AP).

Dalam gugatannya, dinyatakan, “Setiap penggemar 'When I Was Your Man' karya Bruno Mars tahu bahwa 'Flowers' karya Miley Cyrus tidak mencapai semua kesuksesan itu sendirian. 'Flowers' menduplikasi banyak elemen melodi, harmoni, dan lirik dari 'When I Was Your Man', termasuk desain nada melodi dan urutan bait, garis bass penghubung, beberapa bar di bagian chorus, elemen musik teatrikal tertentu, elemen lirik, dan progresi akord tertentu.”

“Tidak dapat disangkal berdasar kombinasi dan jumlah kesamaan antara kedua rekaman tersebut bahwa 'Flowers' tidak akan ada tanpa 'When I Was Your Man'. Dengan 'Flowers,' Cyrus, Hein, dan Pollack telah menciptakan karya turunan 'When I Was Your Man' tanpa izin,” begitu diampaikan Tempo Music.

 


Belum Ada Tanggapan

Hingga kini belum ada tanggapan dari Miley Cyrus. "Flowers" sendiri menang 2 Piala Grammy untuk Best Pop Solo Performance dan Record of the Year. Selain itu, "Flowers" mendominasi sejumlah chart musik termasuk memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 selama 8 minggu.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya