Sudah Dapat Jatah Makanan di Pesawat, Penumpang Boleh Minta Lagi? Pramugari Garuda Indonesia Beri Penjelasan

Pramugari Garuda Indonesia menjelaskan bahwa penumpang boleh meminta lagi makanan di pesawat dan pihak maskapai bisa memberikan jika memang masih ada.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 21 Sep 2024, 08:30 WIB
Anya Dwinov mengungkap fakta bahwa penumpang boleh minta lagi makanan di pesawat yang dijelaskan oleh pramugari Garuda Indonesia. (Dok: TikTok @anya.dwinov)

Liputan6.com, Jakarta - Saat terbang menggunakan maskapai sekelas Garuda Indonesia maupun yang setara, penumpang di kelas bisnis maupun ekonomi akan mendapatkan makanan di pesawat. Biasanya makanan berat disajikan untuk penerbangan dengan durasi lebih dari dua jam, sementara kudapan disajikan untuk penerbangan jarak dekat.

Namun jarang penumpang pesawat yang tahu, bahwa diperbolehkan meminta makanan lagi jika merasa belum kenyang. Hal itu disampaikan oleh Anya Dwinov yang langsung menanyakannya pada pramugari Garuda Indonesia.

"Udah dapat makanan di pesawat tapi masih lapar. Kira-kira boleh nggak ya minta lagi? Satu aja," kata Anya di awal kontennya yang diunggah di TikTok @anya.dwinov pada Kamis, 19 September 2024.

Lalu Anya mendekati seorang pramugari Garuda Indonesia di ruang awak kabin. "Eh Mbak, Mbak Ivone nanya dong. Kalau kita udah dapet jatah makanan di pesawat terus masih lapar pengen nambah lagi boleh minta lagi nggak sih?" Tanyanya.

"Kalau untuk kami Garuda itu boleh aja sih mbak ya," balas pramugari tersebut.

Namun ia juga menyambung bahwa permintaan itu bisa diakomodir jika memang persediaan makanan di pesawat masih ada. "Iya penumpang kalau mau nambah boleh," tegasnya lagi.

"Walaupun kelas ekonomi?" Tanya Anya lagi untuk meyakinkan. Kemudian pertanyaan itu dibalas oleh anggukan pramugari Garuda.

"Jadi tahu kan!" Seru Anya sambil sebelumnya mengucapkan terima kasih ke Pramugari karena telah memberi penjelasan.


Tanggapan warganet.

Pramugari Singapore Airlines menyajikan makanan di kelas bisnis saat makan siang perdana di Restaurant A380 @Changi di pesawat Airbus A380, di Bandara Internasional Changi, 24 Oktober 2020. Maskapai penerbangan ini mengubah salah satu pesawatnya menjadi sebuah restoran mewah. (ROSLAN RAHMAN/AFP)

Konten yang mendapat tanda suka lebih dari 1.574 pengguna TikTok itu pun mendapat banyak komentar. Mereka juga berbagi pengalaman bahwa maskapai lainnya juga memiliki aturan serupa.

"boleh, gua pernah naik Lufthansa dikelas ekonomi. minta 2 malah ditawarin 2 karena ada beda varian. karena kalau gak abis makanan itu katanya di buang / diancurin gitu. CMIIW yah," tulis warganet.

"baru tau setelah nonton vlogg Leonardo Edwin. selalu minta tambahan makanan ke pramugarinya 🤣," balas yang lain.

"Boleh. Gue pake emirates boleh minta ini itu. Sayang aja dia ga ada nasi padang. Coba kalo ada minum nya teh botol sosro. Tidur enak dah tuh abis makan😁," jelas warganet.

"pernah ma sq airlines minta snack 2d kash.. kg lama lagi d kasih lagii jdi maluu.... wkkkk," yang lain menginformasikan.

"Aku pernah minta tambah cemilannya 🤭 coklat cruffle gtu enak soalnya ternyata dr brand d’lanier. Lgsg dikasih 2 bungkus 😂," sambung yang lain lagi. 

"tim mending nahan laper tp kalo utk anak terpaksa minta biarpun malu 😢," timpal yang lain.


Penumpang Cari Pramugari Minta Makanan Tambahan

Ilustrasi makan di pesawat. (dok. unsplash @lifewithsydney)

Saat penerbangan, pramugari jadi awak kabin yang paling sering berinteraksi langsung dengan penumpang pesawat. Tugas utama mereka adalah melayani penumpang dengan baik.

Dalam satu kasus, seorang pria mengaku mendapat bantuan tak terduga dari seorang pramugari saat tengah dalam penerbangan. Momen tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @steven.stenlyy.

Dalam unggahan itu, pria bernama Steven ini mengatakan dia tidak sempat sarapan sebelum penerbangan. Ia sebenarnya sudah mendapat satu kotak makanan, tapi ternyata tak cukup membuatnya kenyang.

Steven pun berjalan ke bagian belakang pesawat untuk bertemu dengan pramugari. Rupanya saat ia datang, dua orang pramugari itu tengah beristirahat dan menyantap makanannya.

"Permisi. Kak boleh nggak minta satu meal box-nya lagi?" tanyanya kepada kedua pramugari tersebut. Dengan cepat pramugari tersebut membolehkan.

Steven mendapat satu kotak makan lagi tanpa dipungut biaya. Karena itu Steven pun sangat berterima kasih atas hal ini. Ia juga sempat mengatakan kalau dirinya salut dengan para pramugari.


Minta Bantuan Warganet

Ilustrasi makanan di pesawat (Photo by Free To Use Sounds on Unsplash)

"Walupun beberapa penumpang susah diatur, tapi mereka tetap melayani dengan baik," tulisnya dalam unggahan pada 8 Februari 2022 tersebut. Sayangnya, ia tak sempat menanyakan nama pramugari tersebut. 

Dalam video itu, Steven bercerita melakukan penerbangan dari Kendari-Jakarta-Pontianak. Ia diketahui naik pesawat maskapai Batik Air. Sesampainya di bandara tujuan, Steven mencari pramugari tersebut karena hendak memberi angpau.

Ternyata, ia tidak berhasil. Steven lantas mengatakan pada warganet untuk memberitahunya jika ada salah satu pramugari di sana yang mereka kenal.

Video ini langsung viral dan menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan tersebut. "Kakak pramugarinya bukan cuma cantik, tapi sifatnya juga baik," komentar seorang warganet.

"Fyi, kadang emang suka dilebihin sih dan sisa banyak. Daripada dibuang, kadang kita makan sendiri," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang pramugari itu sudah dilihat lebih dari 30 juta kali dan disukai lebih dari 3 juta kali.

 

Infografis 7 Insiden Fatal Pesawat Boeing. (Liputan6.com/Putri Astrian Surahman)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya