Menteri Saifullah Yusuf Instruksikan Jajaran Kemensos Tangani Korban Bencana Gempa di Pulau Morotai

Gempa yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara mengakibatkan beberapa rumah rusak berat dan ringan.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 20 Sep 2024, 17:17 WIB
Dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Saifullah Yusuf menginstruksikan jajarannya segera bergerak memberikan penanganan bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada Kamis (19/9/2024).

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 kedalaman 10 Km dengan pusat gempa berada di laut 47 Km timur laut Daruba terjadi pada hari Kamis sore, pukul 16.45 WIT. Gempa mengakibatkan beberapa rumah rusak berat dan ringan.

Plt. Direktur PSKBA, Masriani Mansyur mengatakan Kemensos bersama Tagana terus memantau kondisi warga yang berada di lokasi bencana gempa.

“Tim dari Kemensos dan Tagana sudah melakukan pendataan dan asesmen untuk mengetahui dampak gempa yang terjadi,” ujar Masriani Mansyur, di Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Di Kecamatan Morotai Jaya tepatnya di Desa Cempaka terdata ada 6 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan sedangkan di Desa Libano, juga dilaporkan terdapat rumah yang rusak berat dan ringan namun masih dalam proses pendataan.

“Untuk Kecamatan Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Selatan Barat dan Kecamatan Pulau Rai belum ada laporan kerusakan” ujar Masriani.

 


Warga Terdampak Bisa Ajukan Bantuan ke Kemensos

Masriani mengatakan, berdasarkan laporan tim Kemensos dan Tagana yang berada di lokasi bencana sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat juga masih ada ruang untuk ditinggali.

“Bagi warga yang mengalami kerusakan berat dapat mengajukan bantuan ke Kemensos untuk Bahan Bangunan Rumah (BBR) melalui Dinas Sosial, untuk selanjutnya akan kami cek terlebih dahulu dengan juga melihat hasil dari asesmennya,” kata Masriani

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya