Cek Fakta: Hoaks Foto Apel Berwarna Ungu, Diklaim Berasal dari Kanada

Beredar foto yang diklaim apel berwarna ungu berasal dari Kanada. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 20 Sep 2024, 19:00 WIB
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim apel berwarna ungu berasal dari Kanada. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim apel berwarna ungu berasal dari Kanada beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 17 September 2024.

Dalam foto itu terlihat bagian kulit apel berwarna ungu. Tidak hanya di luarnya saja, daging buah apel tersebut juga berwarna ungu.

"The Purple Apple, 🍎 originating from Saskatchewan, Canada, thrive in its chilly climate, boasting a flavor profile reminiscent of cinnamon and banana. Sometimes referred to as “Canadian Grapes.”🍁 Their vibrant purple exterior hides a richly colored interior, making them prized ingredients, particularly in the creation of purple applesauce, celebrated by indigenous Saskatchewan peoples. 🍏 This culinary tradition not only signifies cultural heritage but also fosters community unity and pride. 🎉 With their health benefits and potential economic impact, purple apples serve as a symbol of resilience and connection to the land, embodying the rich tapestry of Saskatchewan’s cultural and culinary heritage. 🌾🟣🍇🎊," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 220 kali dibagikan dan mendapat 124 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan apel berwarna ungu yang berasal dari Kanada?

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim apel berwarna ungu berasal dari Kanada. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto apel ungu yang diklaim berasal dari Kanada. Satu di antaranya artikel berjudul "Real Photo of Purple Apples from Saskatchewan?" yang dimuat situs snopes.com pada 18 September 2024.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto apel dengan daging berwarna ungu itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook Marian Spencer.

Akun Facebook tersebut kemudian mengklarifikasi dan menyebut bahwa foto apel berwarna ungu yang diklaim berasal dari Kanada merupakan hasil manipulasi menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Ya, saya menggunakan AI," kata Spencer.

Kim McKenzie, seorang pemilik kebun buah di Symmetree Orchard, Saskatchewan, Kanada mengatakan bahwa postingan tentang apel ungu di provinsi tersebut adalah tidak benar. Ia menjelaskan, tidak ada apel dengan daging berwarna ungu di Saskatchewan, Kanada.

"Kami dapat menanam apel di Saskatchewan, tetapi pastinya tidak ada apel dengan daging berwarna ungu," kata McKenzie.

Penelusuran juga dilakukan dengan mengunggah gambar apel tersebut ke situs hivemoderation.com. Situs tersebut dapat mendeteksi apakah foto tersebut asli atau rekayasa. Hasilnya, foto apel tersebut memiliki probabilitas 99,4 persen dibuat dengan AI.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

Gambar tangkapan layar penelusuran foto menggunakan situs hivemoderation.com.

 

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/purple-apples-saskatchewan/

 


Kesimpulan

Foto yang diklaim apel berwarna ungu berasal dari Kanada ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan AI.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya